alexa-tracking

Benarkah Umat Muslim Yang Kaya & Sehat Wajib Menunaikan Ibadah Haji?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b5eb87d9e74047c1e8b4567/benarkah-umat-muslim-yang-kaya-amp-sehat-wajib-menunaikan-ibadah-haji
icon-hot-thread
Syarat Bagi Umat Muslim Yang Mau Menunaikan Ibadah Haji
السلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

emoticon-Shakehand2

Benarkah Umat Muslim Yang Kaya & Sehat Wajib Menunaikan Ibadah Haji?

Hari Raya Idhul Adha 2018 akan tiba dalam beberapa minggu lagi, pasti dari kalian udah ada yang sibuk untuk mempersiapkan segala sesuatunya, terutama bagia GanSis yang berencana untuk berqurban. Berbicara tentang Idhul Adha, gue yakin nih gan kalau dari kita semua pasti akan menghubung-hubungkan Idhul Adha dengan musim haji. Kalau dari segi waktu, tentu ini sangat erat sekali dong gan! Pasalnya hari Idhul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah, umat Islam disunnahkan untuk melakukan shalat ‘Idul Adha dan menyembelih hewan qurban. Pada hari yang sama, ribuan bahkan jutaan jamaah haji bergerak dari Muzdalifah menuju Mina untuk melontar jumrah sebagai bagian utuh dari ritual ibadah haji (Subhanallah.... kayaknya nikmat tuh kalau bisa naik haji di usia muda emoticon-Malu (S)).
Bagi Kaskuser yang muslim udah pada tau nih gan pasti kalau ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke-5 yang bisa ditunaikan ketika kita sudah memiliki kesiapan. Kesiapan ini bisa dari segi mental, keuangan, bahkan kesiapan keshatan yang mumpuni untuk bisa melewati berbagai rangkain kegiatan saat menunaikan ibadah haji di tanah suci. Perintah Allah SWT ini tertuang dalam Al Qur’an, salah satunya adalah pada surat Al Baqarah ayat 196 – 197, dan Hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam yang diriwayatkan oleh HR. Muslim. Biar makin jelasnya, agan bisa deh buka Al Qur’an masing sekarang yah.
Pasti dari agan sista di mari (utamanya yang umat muslim) kepingin bisa memenuhi rukun islam yang terakhir tersebut. Tapi kira-kira nih gan, siapa sih yang diwajibkan untuk melakukan ibadah haji? Coba deh gan untuk simak hal berikut ini :
Beragama Islam
Seperti yang udah ane singgung di atas gan, kalau ibadah haji merupakan rukun islam yang ke-5. Ini artinya hanya ditujukan buat umat muslim saja, makanya bagi beragama islam udah pasti menjadi syarat mutlak untuk melakukan ibadah haji.
Berakal Sehat
Maksudnya gimana nih gan? Bagi Kaskuser yang mengalami gangguan jiwa atau gila tidak dikenakan kewajiban untuk menunaikan ibadah haji sampai ia sendiri dinyatakan sudah sembuh oleh dokter. Jika orang tersebut menunaikan ibadah haji, maka ibadah haji yang dijalaninya dianggap tidak sah.
Merdeka
Seorang budak tidak diwajibkan untuk melakukan ibadah haji karena ia sibuk memenuhi hak majikannya. Jika ia telah merdeka dan mampu, maka baru ia memiliki kewajiban untuk menunaikan ibadah haji.
Mampu
Mampu di sini adalah mampu dari segi kemampuan fisik dan kemampuan harta, dimana lemampuan fisik artinya memiliki kondisi badan sehat atau bebas dari berbagai penyakit yang dapat menghalangi untuk melakukan berbagai kegiatan saat beribadah haji. Sementara untuk kemampuan harta nih gan, adalah sebuah kondisi dimana agan sudah memiliki nafkah yang cukup dan bisa mengantarkan ke Baitullah pulang dan pergi, cukup nafkah untuk memenuhi kebutuhan pokok baik untuk dirinya maupun keluarga yang ditinggalkannya, serta penunaian utang. Khusus untuk jemaah perempuan, ada syarat tambahan lainnya yaitu ditemani suami atau mahromnya, dan tidak berada dalam masa iddah dan masa haidh.
Nah, biasanya nih gan meskipun kita punya keinginan untuk bisa naik haji tapi ada aja kendalanya, termasuk urusan duit yang ga kumpul-kumpul! Makanya untuk bisa naik haji butuh perencanaan yang matang, mungkin Kaskuser di mari bisa coba untuk bergabung dengan FWD Asuransi Bebas Tawwakal.
Benarkah Umat Muslim Yang Kaya & Sehat Wajib Menunaikan Ibadah Haji?
Asuransi Bebas Tawakkal merupakan produk dari FWD Life, yaitu sebuah produk yang akan membantu Kaskuser merencanakan dana haji dengan pengelolaan berbasis syariah. Bagi kaskuser yang merencanakan kepergiannya ke tanah suci untuk beribadah dengan Asuransi Bebas Tawwakal, maka bakal meraskan berbagai manfaat, diantaranya :
Quote:

Selain membantu mewujudkan impian Kaskuser untuk naik Haji, Asuransi Bebas Tawakkal juga punya fitur donasi yang bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, peserta diberikan pilihan untuk mendonasikan sebagian hartanya untuk kemaslahatan atau untuk kepentingan masyarakat yang sesuai dengan rukun Islam. Agar infonya lebih lengkap, mending langsung aja gan kunjungi http://bebastawakkal.fwd.co.id dan pelajari baik-baik.
Nah, kalau agan sendiri (yang muslim) sudahkan kalian rencanakan untuk memenuhi rukun islam yang ke-5? Kalau belum nih gan, cobalah niat dan rencanakan dari sekarang agar kemudian hari bisa memenuhi panggilan Allah SWT menunaikan ibadah Haji ke Baitullah.
Akhir kata, semoga kita selalu diberikan kesehatan yah gan, dan saling mendoakan bagi Kaskuser (yang beragama islam) bisa menunaikan Ibadah Haji Semuanya.
Aminnnn...
emoticon-Shakehand2


image-url-apps
kalau mampu, sebaiknya ditunaikan gan
image-url-apps
Pengen
KASKUS Ads
emoticon-Ngacir
image-url-apps
Jaman skarang ht isinya iklan terselubung smua, kampret lah
Spoiler for ehem:
image-url-apps
ANOTHER PROMOTION THREAD.
emoticon-Najis
image-url-apps
Otw naik haji
emoticon-Traveller
image-url-apps
pantes sepi emoticon-Lempar Bata
image-url-apps
jangan ngutang breemoticon-Goyang
Ini mah salah satu rukun islam yak.. emoticon-Malu
image-url-apps
Hate nganggur

Tuh orang Qattar katanya dilarang Haji


Iki politik embargo.. bukan kaya sehat
image-url-apps
Ane baru sampai di tahap "niat" emoticon-Big Grin
image-url-apps
bagus sih tapi ngejunk
image-url-apps
mudah2an Ya Allah sy bs menunaikan Ibdah Haji
image-url-apps
ane naik gaji aja udah bersyukur emoticon-Matabelo
image-url-apps
syarat wajib : Islam emoticon-Cool
semoga tercapai untuk berangkat haji emoticon-Shakehand2 emoticon-Salaman
image-url-apps
Insyaallah
image-url-apps
1 juta per bulan nyerah duluan buat guru honorer. kalo haji naik sepeda
×