alexa-tracking

Dibeli Rp55 triliun, RI kuasai 51% saham Freeport - Ditargetkan Agustus Selesai

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b48b091dcd770f43a8b4567/dibeli-rp55-triliun-ri-kuasai-51-saham-freeport---ditargetkan-agustus-selesai
Dibeli Rp55 triliun, RI kuasai 51% saham Freeport - Ditargetkan Agustus Selesai
JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah Indonesia melalui PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) merogoh kocek US$3,85 miliar atau setara Rp 55 triliun (asumsi kurs Rp14.400 per dolar AS) untuk membeli 51% saham PT Freeport Indonesia. Kesepakatan awal berupa Head of Agreement (HoA) diteken oleh pemerintah bersama dengan Freeport dan Rio Tinto

"Melalui Head of Agreement (HoA) ini, mengambil alih hak partisipasi (PI) Rio Tinto dan Indocopper Investama , sehingga kepemilikan Inalum ditambah kepemilikan negara jadi 51,38 persen. Total nilainya US$3,85 miliar," terang Menteri BUMN Rini Soemarno kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Hadir pula dalam acara penandatanganan, yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin, dan perwakilan dari Freeport.

Rini menjelaskan dominasi kepemilikan saham RI terhadap Freeport Indonesia tinggal menunggu finalisasi setelah perincian joint venture agreement."Setelah dilakukan pembayaran, kemudian akan dikeluarkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Kapan? Saya minta akhir bulan. IUPK akan dikeluarkan setelah divestasi dikeluarkan," tegas Rini.

Rini menuturkan Pemerintah Daerah Papua dan Kabupaten Mimika akan mendapatkan 10 persen dari saham Freeport Indonesia. "Ke depan, ada hilirisasi untuk pembangunan smelter," kata Rini.

Sementara, Sri Mulyani menjelaskan kesepakatan ini akan menjadi landasan hukum yang mengatur hubungan pemerintah dengan Freeport Indonesia. Antara lain, terkait Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Operasi Produksi (OP). Bukan lagi berbentuk Kontrak Karya (KK).

Selain itu, Freeport Indonesia wajib membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) di dalam negeri. "Perpanjangan operasional 2 x 10 tahun akan diberikan jika Freeport Indonesia memenuhi kewajiban IUPK. Freeport Indonesia mendapat perpanjangan sampai 2041," imbuh Sri Mulyani.

Ia berharap kemitraan antara Freeport Indonesia dan Inalum dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah, mampu meningkatkan kepastian di dalam lingkungan operasi, serta memberikan nilai tambah industri ekstraktif ke depan.
Untuk menunjukkan keseriusan pemerintah, Menteri ESDM Ignasius Jonan menyebut akan menyelesaikan IUPK-OP setelah proses divestasi Freeport Indonesia tuntas.

Direktur Inalum Budi Gunadi Sadikin menjelaskan dana untuk membeli saham berasal dari kantong pribadi perseroan serta pinjaman dari sindikasi perbankan."Ada 11 bank yang siap membantu mendanai transaksi," kata Budi

Namun Budi belum mau membicarakan lebih lanjut mengenai detail bank dan berapa yang dikeluarkan masing-masing bank.Sementara itu untuk keuangan perseroan Budi mengatakan Inalum beserta anggota holding tambang memiliki kas sekitar US$1,5 miliar yang bisa digunakan untuk transaksi divestasi.

"Komposisi pendanaan masih didiskusikan. Tapi posisi kas Inalum (holding) sendiri kan mendekati US$1,5 miliar," tutur dia.
Dia menargetkan akan menyelesaikan transaksi divestasi pada Agustus.Sebagai informasi pada 2017 Inalum membukukan pendapatan sebesar US$3,5 miliar dengan laba bersih konsolidasi mencapai US$508 juta.


Holding industri pertambangan Inalum juga tercatat memiliki sumber daya dan cadangan nikel sebesar 739 juta ton, tima 1,1 juta ton, batu bara 11,5 miliar juta ton, emas 1,6 juta toz (troy ounce), dan perak 16,2 juta toz.kbc11

http://www.kabarbisnis.com/read/2884...saham-freeport

Tinggal perincian detail lalu bayar US$3,85 miliar..
Dana kas inalum US$1,5 miliar+ pinjaman dari 11 bank dalam negeri
Semoga cepat terealisasi di Agustus/September
image-url-apps
moga cpt terealisasi
image-url-apps
ana yakin ada sebagian orang Indonesia yang berharap divestasi gagal total dan pemerintah malu, rakyat merugi , tapi ana gak mau suudzon
KASKUS Ads
image-url-apps
10 tahun si kebo ngapain aja cuk? emoticon-fuck
mudah2an aja bener

emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Hebat ya cuma jokowi satu satunya presiden di Indonesia yg berhasil membeli saham freeport sebesar 51% emoticon-Smilie

Wah kalau jabat 2 periode bisa nambah 49% saham freeport emoticon-Smilie

Jadi makin yakin jokowi 2 periode emoticon-I Love Indonesia
Quote:


bagiin blt

image-url-apps
Quote:


we mewakili suara nasbung kaskus ... dengan ini menyatakan harapan kamu agar tambang emas yg digali freeport bisa digunakan untuk sebesar besarnya bagi kepentingan rakyat .. bukan kepentingan sekelompok orang ..


bukan seperti pepatah .. keluar dari kandang buaya masuk kandang singa ..







image-url-apps
Halah..emg freeport sgtu bodoh lepas sahamnya klo emg masih bisa menguntungkn? Beda cerita ya sama saham beer emoticon-Big Grin
Itu mah govlog ga ketulungan emoticon-Big Grin

image-url-apps
Dibeli Rp55 triliun, RI kuasai 51% saham Freeport - Ditargetkan Agustus Selesai
image-url-apps
Quote:



ada teman ana yang bilang begini
oposisi senang jika rakyat susah
oposisi susah jika rakyat senang
ana gak tau bener apa enggak seperti itu..
image-url-apps
freeport milik aseng, wajib dijual ke aseng emoticon-Lempar Bata
image-url-apps
Quote:


setubuhhh . gw suka gaya lu
image-url-apps
Quote:



nastak suka bahas track record .. apalagi soal prabowo ..


we melihat track record pdip tidak bagus ...


beda hal nya jika jokowi punya pengaruh besar di pdip ..


pengaruh ini bisa dibuktikan dengan menjadi ketum partai ..


saat we bilang ketum partai .. artinya bukan sengaja dijadikan ketum partai agar terlihat berpengaruh ..


mungkin apa yg we pikirkan juga sama dengan yg dipikirkan oposisi ..
image-url-apps
Quote:


Junjungan ente waktu jadi oposisi juga kayak gitu

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
image-url-apps
51% terus selama ini gak punya biar 1% gitu
image-url-apps
Quote:


yg hebat ya bapak & mertuanya wowo bs maksa freeport invest ke indonesia dgn keuntungan 1% buat negara sisanya dibagi2 antara freeport & kroni2 mertuanya wowo

jadi makin yakin wowo nyapres 3 periode emoticon-I Love Indonesia
image-url-apps
Quote:


yah udh nasib negara kta gan klo mau jdi pejabat hrus jdi ketum dulu.. mknya kowi termasuk sukses lah bergerak sebagai presiden di tengah belenggu partai.. adlist seimbang antara mensejahtrakan partai dan rakyat...

Mungkin nanti klo mega udh ga ada umur bsa jdi kowi naik sih...
image-url-apps
Quote:


teman teman di parpol nya aja belum yakin dia bisa mimpin parpol .. apalagi se indonesia ..

atau dibalik .. mimpin parpol aja belum layak atau dipercaya .. apalagi se indonesia ...


image-url-apps
Quote:


JANGAN GITYU BREE

SBY JUGA BERPENGARUH BESAR SAMA PERATURAN YANG MEWAJIBKAN SMELTER DAN PERATURAN EKSPOR MINERAL MENTAH

ITU JADI LANDASAN NEGOSIASI YG PERANNYA BESAR JUGA YE BRE
×