alexa-tracking

4 Pelatih yang Berhasil Menjuarai Liga Inggris di Musim Pertamanya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b48acaf620881a8538b4594/4-pelatih-yang-berhasil-menjuarai-liga-inggris-di-musim-pertamanya
4 Pelatih yang Berhasil Menjuarai Liga Inggris di Musim Pertamanya
4 Pelatih yang Berhasil Menjuarai Liga Inggris di Musim Pertamanya

Liga Inggris merupakan liga paling kompetitif di dunia. Tak hanya diisi oleh pemain-pemain hebat dunia dan finansial klub yang kuat, Liga Inggris pun menjadi panggung adu strategi pelatih top dari berbagai belahan dunia.

Sebagai Liga paling top, klub-klub besar di Liga Inggris pun kerap menuntut pelatih mereka untuk mampu mempersembahkan gelar Liga Primer. Bahkan mereka tak segan memecat sang pelatih jika tak sesuai ekspektasi.

Dari sekian banyak pelatih hebat dunia yang berkarir di Liga Inggris, empat pelatih ini termasuk yang paling spesial karena mampu memberikan gelar Liga Inggris di musim pertamanya. Siapa saja mereka? Dilansir dari Transfermarkt.com dan Sportskeeda.com, berikut di antaranya:


1. Jose Mourinho (2004/2005)
4 Pelatih yang Berhasil Menjuarai Liga Inggris di Musim Pertamanya
Tahun 2004 menjadi awal nama Mourinho dikenal dunia setelah berhasil memberikan gelar Liga Champions bagi FC Porto. Chelsea yang saat itu sudah diambil alih oleh Roman Abramovich pun langsung memulai revolusi dengan merekrut sang pelatih ke Stamford Bridge.

Keputusan tersebut memang sangat tepat. Di musim pertamanya menangani The Blues, Morinho berhasil memberikan gelar Liga Inggris yang telah dinanti selama 50 tahun. Hebatnya, Chelsea hanya mengalami satu kali kekalahan pada musim 2004/2005 tersebut.

Sayangnya, pada tahun 2007 Mourinho dipecat karena dianggap gagal di Chelsea. Uniknya, semusim kemudian dia pindah ke Inter Milan dan mampu merengkuh Treble winner.

Mourinho sendiri sempat kembali ke Chelsea pada tahun 2013 sebelum kembali dipecat pada tahun 2015. Kini Mourinho pun menangani rival Chelsea, Manchester United.


2. Manuel Pellegrini (2013/2014)
4 Pelatih yang Berhasil Menjuarai Liga Inggris di Musim Pertamanya
Setelah Chelsea memulai revolusinya di tangan Roman Abramovich. Manchester City pun tak ingin kalah ketika mulai diakuisisi oleh pebisnis Timur Tengah, Sheikh Manshour.

Salah satu keberhasilannya mulai tampak di bawah kepelatihan Roberto Mancini yang berhasil mempersembahkan gelar pertama Liga Inggris bagi Man City. Namun karena mengalami penurunan performa, Man City pun harus didepak dan digantikan oleh mantan pelatih Real Madrid, Manuel Pelligrini pada tahun 2013.

Di bawah tangan dinginnya, Man City berhasil mengkudeta Liverpool, yang sebelumnya berada di puncak klasemen di akhir-akhir liga. City mampu unggul dua poin dari Liverpool dengan mengumpulkan 27 kemenangan dan berhasil mencetak 102 gol.

Sepanjang 3 tahun menangani The Citizens, Pellegrini berhasil memberikan satu trofi Liga Inggris dan dua Carling Cup.


3. Carlo Ancelotti (2009/2010)
4 Pelatih yang Berhasil Menjuarai Liga Inggris di Musim Pertamanya
Chelsea memang dikenal sebagai tim yang sering mengganti pelatihnya. Pada tahun 2009 Carlo Ancelotti didatangkan untuk menangani The Blues untuk menggantikan Guus Hiddink.

Ancelotti sebelumnya merupakan pelatih yang sukses membawa AC Milan meraih 2 trofi Liga Champions. Don Carlo pun kemudian diharapkan mampu memberikan hal yang sama bagi Chelsea.

Tampaknya hal itu pun berjalan lancar saat di musim pertamanya (2009/2010), Ancelotti berhasil memberikan gelar Liga Inggris dengan dramatis bagi Chelsea. Saat itu selisih mereka hanya satu poin dari Manchester United yang berada di posisi runner up.

Pada musim tersebut juga mereka berhasil mecetak rekor gol terbanyak dengan mencetak 103 gol dalam semusim. Sedangkan Didier Drogba menjadi top skorer dengan 26 gol.


4. Antonio Conte (2016/2017)
4 Pelatih yang Berhasil Menjuarai Liga Inggris di Musim Pertamanya
Antonio Conte menjadi pelatih terakhir yang mampu meraih gelar Liga Inggris di musim pertamanya menangani klub. Dan lagi-lagi Chelsea lah yang menjadi klub juara tersebut. Hal itu mampu dia lakukan pada musim 2016/2017.

Conte sendiri sebelumnya berhasil memberikan 3 gelar beruntun Serie A bagi Juventus dan membawa Italia ke babak perempat final Euro 2016. Conte mampu meraih gelar Liga Inggris kelima bagi Chelsea dengan keunggulan 7 poin dari Tottenham Hotspur yang berada di posisi runner up.

Chelsea sangat berharap tinggi kepada pelatih asal Italia tersebut. Sayangnya, di musim selanjutnya Conte lebih sering terlibat percekcokan dengan pemain dan tim manajerial Chelsea.

Musim lalu Chelsea sendiri harus finish di posisi kelima dan gagal lolos ke Liga Champions. Bagi Chelsea, tentunya capaian tersebut merupakan sebuah kemunduran. Antonio Conte pun akhirnya harus dipecat dari posisinya. Dikabarkan mantan pelatih Napoli, Maurizio Sarri akan menjadi penggantinya.


Sumber : https://www.idntimes.comsport/soccer...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 4 Pelatih yang Berhasil Menjuarai Liga Inggris di Musim Pertamanya Resmi Manchester City Menjadi Klub Baru Mahrez

- 4 Pelatih yang Berhasil Menjuarai Liga Inggris di Musim Pertamanya Mourinho Soroti Maraknya Aksi Diving di Piala Dunia 2018

- 4 Pelatih yang Berhasil Menjuarai Liga Inggris di Musim Pertamanya Kontrak Mohamed Salah Diperpanjang 5 Tahun El Real Tutup Penawaran

×