alexa-tracking

Mengenal Lebih Jelas Penyakit Rabies yang Bukan Hanya dari Anjing

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b48a4ded675d4213b8b458c/mengenal-lebih-jelas-penyakit-rabies-yang-bukan-hanya-dari-anjing
Mengenal Lebih Jelas Penyakit Rabies yang Bukan Hanya dari Anjing
Mengenal Lebih Jelas Penyakit Rabies yang Bukan Hanya dari Anjing

Rabies adalah penyakit yang sudah umum dikenali oleh berbagai kalangan, bahkan penyakit ini sering dibuat bercandaan. Sayangnya banyak masyarakat yang sekadar mengenalnya sebagai penyakit anjing yang bisa berdampak ke manusia yang digigitnya. Bahkan beberapa menganggap bahwa rabies bisa berefek seperti yang ada di film-film zombie. IDN Times berkesempatan untuk mendapatkan informasi selengkapnya dari Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner sebagai berikut. 


1. Informasi yang kamu dengar tentang rabies bisa saja salah, jadi ketahuilah pengertian yang diberikan oleh Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner
Mengenal Lebih Jelas Penyakit Rabies yang Bukan Hanya dari Anjing
Rabies berarti “gila” dalam Bahasa Latin. Rabies merupakan penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia dan/atau sebaliknya (zoonosis), yang disebabkan oleh virus. Sebagian kasus rabies yang terjadi di manusia disebabkan oleh gigitan anjing yang terinfeksi virus rabies.

Penyakit ini menyebabkan kerusakan otak, sistem syaraf dan bahkan kematian. Hal ini hampir selalu menjadi fatal bila perawatan pasca gigitan tidak ditangani dengan cara dan waktu yang tepat.


2. Seluruh hewan berdarah panas dapat terkena rabies, tapi belum tentu bisa menularkannya
Mengenal Lebih Jelas Penyakit Rabies yang Bukan Hanya dari Anjing
Hewan berdarah panas adalah hewan yang dapat menjaga suhu tubuhnya dalam kondisi konstan, meskipun cuaca dingin atau panas. Yang termasuk dalam golongan tersebut adalah jenis burung (aves) dan hewan menyusui.

Adapun hewan yang dapat menularkan rabies atau disebut sumber infeksi hewan penular rabies (HPR), antara lain adalah: anjing, kucing, kera, kelelawar, rakun dan musang. Sedangkan hewan seperti sapi, lembu atau kelinci bisa tertular tapi tidak menularkan ke manusia, atau disebut dead end. Menurut World Health Organization (WHO), hampir 99 persen kasus rabies terjadi akibat gigitan anjing.


3. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah rabies
Mengenal Lebih Jelas Penyakit Rabies yang Bukan Hanya dari Anjing
Rabies merupakan penyakit yang untuk sementara ini belum dapat diobati, tetapi bila penanganan pasca gigitan dapat dilakukan dengan cara dan waktu yang tepat, maka akan mengurangi risiko kematian akibat itu. Meski belum bisa diobati, penyakit ini bisa dicegah, misalnya dengan rajin vaksinasi hewan peliharaanmu secara rutin kepada dokter hewan dan menjadi pemilik yang bertanggung jawab dengan merawat serta memelihara hewan peliharaanmu dengan baik. Perawatan yang baik di sini adalah seperti memberi makan minum yang cukup, memberi tali kekang atau kandang untuk anjing, memberi tanda pengenal pada hewan-hewan yang bertualang serta membawa ke dokter hewan bila hewan peliharaanmu menunjukkan gejala sakit.


4. Ketahui beberapa tips untuk menghindari gigitan anjing, penyebab terbesar seseorang tertular rabies
Mengenal Lebih Jelas Penyakit Rabies yang Bukan Hanya dari Anjing
Karena rabies bisa menular padamu melalui gigitan, yang harus kamu hindari utamanya adalah gigitan tersebut. Kamu perlu tahu tips-tips untuk menghindari gigitan anjing (atau hewan peliharaanmu yang lain). Misalnya adalah jangan mendekati induk yang sedang bersama anaknya, jangan mengganggu saat ia sedang tidur/makan, jangan mengganggunya dengan cara melemparkan sesuatu, jangan terlalu dekat dengan anjingmu saat ia terikat di dalam kandang, jangan menatap mata anjing yang baru kita kenal terlalu lama, jika anjing mengejarmu maka berdiri tegak dan jangan bergerak, jika kamu jatuh saat dikejar anjing maka melingkar dan lindungi wajahmu serta ketahui nama anjing orang lain untuk menenangkannya.

Jika kamu terlanjur tergigit oleh hewan yang diduga rabies, maka langsung cuci luka dengan sabun menggunakan air mengalir selama 10 menit. Segera bawa hewan tersebut ke dokter hewan dan laporkan ke petugas dinas peternakan/kesehatan hewan terdekat agar ia diobservasi lebih lanjut. Jangan sepelekan penyakit ini dan pedulikan kesehatanmu serta orang-orang di lingkungan keseharianmu. Pesan dari Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner, “mari kita sukseskan Program Indonesia Bebas Rabies 2020. Lindungi anjing kita, diri kita dan lingkungan dari bahaya rabies.” Teruslah jaga diri ya!


Sumber : https://www.idntimes.comscience/disc...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Mengenal Lebih Jelas Penyakit Rabies yang Bukan Hanya dari Anjing Manfaat Medis Anak anak di Gua Thailand Diselimuti Aluminium Foil

- Mengenal Lebih Jelas Penyakit Rabies yang Bukan Hanya dari Anjing Operasi Ini Dilakukan oleh Transgender Supaya Mendekati Fisik Wanita

- Mengenal Lebih Jelas Penyakit Rabies yang Bukan Hanya dari Anjing Berencana Impor Hewan Peliharaan atau Ternak Harus Siap Karantina Ya

×