alexa-tracking

Isu Hubungan TGB-Luhut, Gerindra Minta Wikipedia Lebih Hati-hati

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b48a3ffd9d7707a7a8b4568/isu-hubungan-tgb-luhut-gerindra-minta-wikipedia-lebih-hati-hati
Love 
Isu Hubungan TGB-Luhut, Gerindra Minta Wikipedia Lebih Hati-hati
Jumat 13 Juli 2018, 18:05 WIB
Isu Hubungan TGB-Luhut, Gerindra Minta Wikipedia Lebih Hati-hati
Tsarina Maharani - detikNews



Isu Hubungan TGB-Luhut, Gerindra Minta Wikipedia Lebih Hati-hati
Andre Rosiade (dok. pribadi)




Jakarta - Wikipedia telah mengklarifikasi informasi yang menyatakan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebagai ipar Gubernur NTB TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB). Apa kata politikus Partai Gerindra Andre Rosiade?

Untuk diketahui, Andre mengutip Wikipedia sebelum berbicara dugaan hubungan kekerabatan TGB-Luhut. Andre memang meminta klarifikasi dari TGB ataupun Luhut agar isu ini jelas.

"Ini jadi masukan Wikipedia agar ke depan berhati-hati untuk menyuguhkan informasi, khususnya bagi tokoh publik yang dikenal luas," kata Andre, yang merupakan anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra, kepada wartawan, Jumat (13/7/2018).

Andre paham bahwa Wikipedia merupakan situs terbuka yang memungkinkan tiap orang melakukan penyuntingan. Namun informasi yang salah soal hubungan kekerabatan TGB dan Luhut itu sempat bertengger beberapa hari di laman tersebut.

"Apalagi kan menyuntingnya bukan hari ini, sudah berapa hari lalu berubah. Kenapa dalam beberapa hari ini Wikipedia tidak mengoreksi. Setelah viral dan masuk media baru diklarifikasi," ujarnya.


Meski begitu, Andre tetap mengapresiasi langkah Wikipedia yang telah mengeluarkan pernyataan. Bagi dia, permasalahan ini telah selesai. Andre menegaskan Gerindra berpolitik secara bersih.

"Kan sudah saya sampaikan bahwa ini butuh klarifikasi dari Pak Luhut dan TGB. Alhamdulillah Wikipedia sudah klarifikasi. Itu kan clear. Kita kan tidak ingin dalam berpolitik menyebarkan hoax dan fitnah," sebut Andre.


Melalui akun Twitter, pihak Wikipedia berbahasa Indonesia telah mengklarifikasi informasi di laman Wikipedia yang menyebut Luhut sebagai ipar TGB. Informasi itu sebelumnya dikutip Andre sebagai dasar dugaan dukungan TGB ke Jokowi berlandaskan alasan kekeluargaan.

"Benar bahwa kedua artikel tersebut (Muhammad Zainul Majdi dan Luhut Binsar Pandjaitan) pernah disunting oleh salah satu pengguna Wikipedia yang menyatakan mereka memiliki hubungan kekerabatan," tulis pihak Wikipedia melalui akun @idwiki.

Kini suntingan tersebut sudah dikembalikan seperti sedia kala. Tak ada keterangan bahwa TGB dan Luhut merupakan saudara ipar. Alasannya, tak ada rujukan resmi dari informasi yang menyatakan TGB dan Luhut memiliki hubungan kekerabatan.

TGB sendiri telah angkat suara soal konten Wikipedia itu. TGB menegaskan istrinya tak memiliki hubungan saudara dengan Luhut.

"Istri saya memang bermarga Pandjaitan, kadang ditanyain juga ada hubungan saudara nggak sama Pak Trimedya Panjaitan kali yang lain sama Panbers, yang grup musik itu. Sekarang dengan Pak Luhut, he-he-he.... Intinya, info itu tidak benar," ujar TGB kepada detikcom hari ini.


https://news.detik.com/berita/411362...ebih-hati-hati



Isu Hubungan TGB-Luhut, Gerindra Minta Wikipedia Lebih Hati-hati

Isu Hubungan TGB-Luhut, Gerindra Minta Wikipedia Lebih Hati-hati
image-url-apps
Gk tau apa apa tapi ributnya bukan main emoticon-Cape d...




pekok
orang2 bang bowok sih kagak aneh dah
KASKUS Ads
image-url-apps
Gerandong jancok dan pkshit taek asu, sehari saja tidak fitnah seseorang bakal demam badannya
image-url-apps
kalo pernah kuliah pasti tau bikin skripsi itu salah satunya gak boleh ambil bahan dari wikipedia.
nah ini jelas2 baru aja ada yg edit dan kelihatan jelas di edit kapan. kenapa dijadiin saduran? #2019makinwaras
image-url-apps
jangan2 masalah wowok keturunan antek kumpeni itu suntingan ya? lebih pas klo keturunan pangeran diponegoto (kudanya)
image-url-apps
Apapun beritanya, pdip partai anjing, megatron pecundang 2 kali kalah emoticon-Ngakak
sumber kok wikipedia emoticon-Wakaka
sejajar lah sama junjungannya yang bersumber novel emoticon-Wakaka
kutip sendiri, sunting halaman sendiri, heboh sendiri
Mantul, mantab betul
image-url-apps
sok lugu
image-url-apps
Nah kalau ini betul2 bego kader gerindongnya. Nggak tau dia wikipedia sama hoax beda2 tipis. Dulu banget wiki itu ensiklopedia yang cukup bisa diandalkan sebelum kerajaan api menyerang 😁😁😁
image-url-apps
halah..
halah..
halah..
image-url-apps
Dari mana datangnya fitnah emoticon-Lempar Bata
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
image-url-apps
jadi gini.. fix itu orang
kudet

leh uga
Isu Hubungan TGB-Luhut, Gerindra Minta Wikipedia Lebih Hati-hati
image-url-apps
udah gini bilangnya clear emoticon-Big Grin

sampah..
image-url-apps
#2019ganticapres emoticon-Big Grin
image-url-apps
napsu..semua berawal dari terlalu bernapsu


emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
produsen hoax, case closed
image-url-apps
gimana ini kerja mca, malah menjerumuskan majikan sendiri emoticon-Cape d...