alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Siapa Bilang Urus Sertifikat Halal Mahal? UMKM Dapat Subsidi Loh!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b4871f3e0522798018b4567/siapa-bilang-urus-sertifikat-halal-mahal-umkm-dapat-subsidi-loh

Siapa Bilang Urus Sertifikat Halal Mahal? UMKM Dapat Subsidi Loh!

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) memastikan tidak mengenakan biaya tinggi alias mahal dalam mengurus sertifikasi halal. Bahkan, mereka akan memberi subsidi bagi pengusaha kecil dan menengah atau UMKM. Hal tersebut diungkapkan Kepala BPJPH Profesor Sukoso saat membandingkan biaya pengurusan sertifikasi halal antara Indonesia dengan Malaysia.
"Kita realistis ya soal biaya, kemarin kita studi banding ke Malaysia justru lebih tinggi biaya di sana, hampir 3 kali lipat dari kita, yang kita tetapkan di sini," kata Prof Sukoso dalam wawancara dengan halallifestyle.id di kantornya, Gedung BPJPH, Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu 11 Juli 2018.
Dia melanjutkan, soal besaran biaya sebenarnya relatif, bahkan BPJPH akan memperjuangkan adanya subsidi bagi pelaku usaha kecil dan menengah alias UMKM. Subsidi tersebut bisa berasal dari pemerintah atau pemda setempat maupun pihak swasta atau pengusaha.
"Untuk UMKM biayanya tidak sebesar dengan perusahaan besar. Jadi intinya nanti siapa yang membayar (subsidi) itu. Jadi, jangan bilang kalau ini gratis, karena tidak ada yang gratis," ujar Sukoso yang pernah menjabat Direktur Halal Science Center Universitas Brawijaya. Namun saat ditanya berapa besaran tarif pengurusan sertifikasi halal, Prof Sukoso tak menyebutkan nominalnya.

Baca Juga: Ini Harapan Pemerintah Usai Resmikan BPJPH

"Uniknya UMKM ini kan buka tutup ya, seperti usaha warung makan, tapi kita tidak bisa menafikkan karena mereka tulang punggung ekonomi nasional juga kan, jadi harus kita dukung," kata Sukoso sambil menjelaskan dirinya juga sudah bicara dengan Bank Indonsia, agar dunia perbankan dapat bertemu dengan para pelaku UMKM agar mereka terbiayai.

Kemudian, dia pun mengundang para pengusaha UMKM yang ingin mendapat bimbingan atau penyuluhan terhadap proses sertifikasi halal bisa datang ke BPJPH dan tidak akan dipungut biaya apapun. Mereka akan difasilitasi petugas Balitbang Kementerian Agama.
Selama ini, biaya pembuatan sertifikasi halal disebut-sebut bervariasi mulai dari Rp 1 juta hingga mencapai angka Rp 5 juta. Angka tersebut dinilai lebih murah bila dibandingkan dengan mengurus biaya sertifikat seperti ISO dan sejenisnya.

sumber: https://halallifestyle.id/halal-news/siapa-bilang-urus-sertifikat-halal-mahal-umkm-dapat-subsidi-loh
Siapa Bilang Urus Sertifikat Halal Mahal? UMKM Dapat Subsidi Loh!
Urutan Terlama
Siapa bilang sertifikat halal penting
Yang penting kenyang ma murah emoticon-Traveller
"Kita realistis ya soal biaya, kemarin kita studi banding ke Malaysia justru lebih tinggi biaya di sana, hampir 3 kali lipat dari kita, yang kita tetapkan di sini," kata Prof Sukoso


riilnya saja prof.
berapa biayanya ?
Uhm, kalo memang tidak murah, kenapa di subsidi emoticon-Bingung
sebut aj nilai nya, biar transparan. kl masih sibuk ngedongen di malay mahal, umkm dpt subisisi, dll....dll... tp ga disebut nominal fixnya ya positif, msh ada oknum tukang nelen duit haram, didalem lembaga sertifikasi halal sekalipun
Hari gini mana ada sih sertifikasi yang gratis, mau kosher, iso, gmp,haccp semua pakai biaya.
Biaya

1.Pembiayaan Sertifikat

a] level A

Industri Besar

Biaya Sertifikat Rp.2.000.000 s/d Rp.3.500.000

diluar Biaya :

- Auditor

- Registrasi

- Majalah Jurnal

- Biaya Pelatihan

b].Level B

Industri Kecil

Biaya Sertifikat Rp.1.500.000 s/d 2.000.000

di Luar Biaya :

- Auditor

- Registrasi

- Majalah Jurnal

- Biaya Pelatihan SJH

C. Level C

Industri Mikro/Rumah Tangga

Biaya Sertifikat Rp.1.000.000

di luar Biaya :

- Auditor

- Registrasi

- Majalah Jurnal

- Biaya Pelatihan

Note :

1.Kategori/level Pembiayaan Sertifikat Berdasarkan :

* Jumlah Karyawan

- Level A Jumlah Karyawan diatas 20 Orang

- Level B Jumlah karyawan antara 10-20 Orang

- Level C Jumlah Karyawan Kurang dari 10. 0rang

* Kapasitas Produksi

* Omset Perusahaan

2.Jika Perusahaan Mempunyai Outlet,akan dikenakan Biaya tambahan Rp.200.000/Outlet

3.Jika ada Penambahan Produk/Pengembangan Usaha,akan dikenakan Biaya Tambahan :

.level A : Rp.150.000/Produk

Level B : Rp.100.000/Produk

Level C : Rp. 50.000/Produk

4.Seluruh Pembiayaan Sertifikat di Transper ke Rekening :

Bank Syariah Mandiri

LP POM MUI KEPRI

7031111007

Penetapan Pembiayaan ini berpedoman pada SK 02/Dir LPPOMMUI/I/13

2.pelatihan

Pelatihan SJH di wajibkan bagi Perusahaan baik yang mengurus baru maupun yang perpanjang.pelatihan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan biaya :

1.Perusahaan : Rp.1.200.000/Orang

2.UKM : Rp. 500.000/Orang

3.Bagi Usaha Kecil/ Industri rumah tangga yang tidak mampu untuk pembiayaan. LP POM MUI Mempunyai kebijakan tersendiri untuk subsidi Pembiayaan Ketentuan ini dilaksanakan dengan syarat tertentu yang di tetapkan LP POM MUI Kepri

==================================================================================================================

yg masih belum jelas biaya auditor, registrasi dan majalah......... ntah berapa
Diubah oleh raul.garcia
Bisnis agama memang mantap emoticon-Keep Posting Gan
1 JT berapa taun gan ? nggak pake juga laku yang penting jangan made in luar
Diubah oleh nyongnyongan
siapa bilang mahal?? emoticon-Ngakak

kenapa disubsidi kalo murah
mau dapet cap halal dari manusia aja kudu bayar, jancok
selembar kertas yg penuh lelucon.
apa kostumer bs diksh garansi apabl tuh produk sdh halal tp tnyata haram?
whatafuckingjoke
Uangnya ke mana?
Cieee....mancing orang biar pada bikin tuch,..dengan kata "subsidi".tpi saweran nya banyak 😅
bodo amat lah halal apa kagak yg penting penyajian bersih dan rasanya enak
Quote:


aqua isi ulang gan.. 4000 diminum berempat juga kenyang emoticon-Ngakak
Quote:


Warung sushi kena 300rb audit (2014)
Siapa Bilang Urus Sertifikat Halal Mahal? UMKM Dapat Subsidi Loh!

Tapi kata mui itu bayarin ongkosnya aja, jadi bervariasi.
Siapa Bilang Urus Sertifikat Halal Mahal? UMKM Dapat Subsidi Loh!

Biaya untuk 2 tahun, biaya perpanjang mirip biaya bikin baru.

Cuma ane ga tau di lapangan gimana, mixed review soalnya emoticon-Hammer2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di