alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Masa Orientasi Siswa, Antara Dulu dan Kini
4.8 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b485570162ec2043c8b4573/masa-orientasi-siswa-antara-dulu-dan-kini

Masa Orientasi Siswa, Antara Dulu dan Kini

Masa ajaran baru telah tiba, setiap sekolah baik itu SMP dan SMA biasanya selalu ada MOS atau disebut juga dengan Masa Orientasi Siswa. MOS sendiri merupakan sesuatu yang selalu ada di setiap sekolah dalam setiap tahunnya (dan kini berganti nama menjadi PLS atau pengenalan lingkungan sekolah), tak didalam negeri ataupun di luar negeri Masa Orientasi Siswa akan selalu ada, mungkin hanya beda dari segi nama dan kegiatannya. Di setiap sekolah tentunya sekarang sudah melaksanakan MOS dan siap menjalankan tahun ajaran baru di sekolah.
Para siswa yang terpilih dan lolos seleksi di sekolah tentunya mengikuti MOS pada awal masuk sekolahnya. bicara tentang MOS di indonesia sendiri terkadang banyak hal yang perlu dibenahi, terutama subtansi dari MOS itu sendiri harus bisa tersampaikan kepada para peserta entah itu pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan aturan sekolah, berkenalan dengan kakak kelas dan sebagainya. Terkadang memang seringkali kita mendengar atau mengalami sendiri masa-masa MOS yang di jalani, terkadang acara tersebut menjadi ajang senioritas atau ajang bercandaan dan terkadang dibumbui dengan kekonyolan di dalamnya.
Masa Orientasi Siswa, Antara Dulu dan Kini

Credit : nrlanggraini.files.wordpress.com

Dulu waktu ane masih mengenyam bangku sekolah tentunya kadang suka menemukan MOS yang tidak sesuai dengan tujuan MOS itu sendiri seperti hukuman yang berlebihan, memakai atribut tak layak, hingga memakan atau meminum sesuatu yang tak layak dan higienis seperti satu permen yang dikunyah oleh banyak orang, air minum berisi air saos, kerupuk pake garam, mie campur kacang ijo yang tak layak konsumsi dan lain sebagainya.

Antara dendam dan iseng para senior bisa menjadi latar belakang terjadinya MOS yang tidak sesuai dengan tujuannya, disinilah peran guru dan pihak sekolah ikut berperan agar kegiatannya tak melenceng dari tujuan yang sebenarnya, jikapun ada sebaiknya diminimalisir atau dihilangkan segala bentuk kegiatan masa orientasi siswa yang tidak mendidik dan diganti dengan kegiatan positif yang lebih bermanfaat tentunya.

Jika melihat Masa Orientasi Siswa saat ini rasanya tidak seperti yang waktu dulu saat ane masih duduk di bangku sekolah, setidaknya MOS dimasa kini yang ane lihat tidak seperti dulu yang penuh dengan hal yang kurang mendidik, Nampaknya MOS di masa sekarang dalam prakteknya sudah sedikit cukup baik dibanding masa-masa dulu meskipun memang hal-hal yang tak seharusnya ada di MOS masih ada didalamnya.
Masa Orientasi Siswa, Antara Dulu dan Kini

Credit : polka.id

Setiap siswa yang masuk sekolah baru tentunya ingin sekali memiliki awal yang indah saat memasuki jenjang pendidikan yang baru, maka sudah seharusnya Pengenalan Lingkungan Sekolah harus sesuai dengan tujuannya untuk mengenalkan lingkungan sekolah yang akan menemaninya dalam beberapa tahun. Jangan sampai Pengenalan Lingkungan Sekolah malah meninggalkan kesan yang buruk bagi setiap orang yang mengalaminya dan merasa stress serta tertekan. Semoga saja Masa Orientasi Siswa baik itu kini ataupun nanti bisa lebih baik kedepannya agar MOS (yang kini berganti jadi MPLS/PLS) tidak hanya sekedar nama saja, namun juga sesuai dengan tujuan diadakannya itu sendiri. Agan dan Sista  punya pendapat lain tentang MOS? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini pribadi
Sumber 1
Sumber 2
Sumber gambar via google images
Diubah oleh tafakoer
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
reserved
emang gan skarang alhamdulilah mos udah mendingan daripada dulu
mos jaman dulu msh diisi ama orang2 kampungan jd ya begitu sok2 ala militer
tonjok aja gan kalo ketemu orang yang sok2 garang waktu nge mos, setelah selsai mos tentunya emoticon-Big Grin
biar mereka dapet pelajaran buat gaboleh seenaknya sama orang






Btw ane numpang promosi ya gan
ane jual baju topi jaket dan lain-lain dengan desain yang keren2 loh gan
langsung aja cek Vesture Store
maaci gan emoticon-Toast
Diubah oleh alva0111
wah klo inget mos itu inget temen yg kena bully abis2an sm senior, tapi ujungnya malah jadi yg paling tenar di sekolah hahaha
Jaman ane sih MOS ga lepas dari predikat "ajang balas dendam/pelampiasan" para anggota osis yg dulu dijolimin seniornya semasa MOS emoticon-Big Grin

Soal satu permen buat rame rame, ane ngalamin selama ekskul paskibra
Ga cuma permen, sering juga dapet jatah 1 botol aqua 600ml diminum buat 1 pasukan (18 - 20 orang) yg katanya bertujuan buat ningkatin solidaritas antar anggota, ga pandang cewek ato cowok emoticon-Ngakak (S)

Masa Orientasi Siswa, Antara Dulu dan Kini
masa sekarang nyusahin ortu emoticon-Blue Guy Bata (L)
untung waktu masa MOS senior kk kelas banyak yang sodara ane,jadi ane aman deh dari MOSemoticon-Cool
Quote:


wah mantep banget tuh bre emoticon-Recommended Seller
Aduhh.. jdi inget ama mantan.. di kerjain ama kakak kelas emoticon-Hansip
Masa Orientasi Siswa, Antara Dulu dan Kini
Kalo warga negara asing liat foto kyk gini, kira2 apa yg ada di pikiran mereka ttg pendidikan di negara kita dibandingkan dgn negara mereka

Jawaban mereka dlm hati "oh... Pantes"
Quote:


miris emang kalo MOS kaya gini bre
Sekarang mah alhamdulillah dengan diganti MPLS jadi lebih bermutu, bukan sebagai ajang judgement lagi dari senior
Mirisnya temen" ane menyayangkan penghapusan MOS, nggak bisa balas dendam lah katanya, adik kelas jadi nggak sopan lah katanya emoticon-Cape d...
Quote:


Satu sisi memang bisa memutus perilaku buruk dan disisi lain ada efeknya juga. Wajar sih segala sesuatu ada efek positif negatif gan emoticon-Big Grin
mos sekarang udah mayan si gk ada bully2an lagi
Quote:


Yupz bener banget gan, lumayan bersahabat
Buat para siswa baru, yang sabar yak... Seperti halnya pepatah Thailand yang mengatakan:

ตาหนักตาไหล่หนักไหล่: หนักเท่าความทุกข์ทรมานกับคนทเห็นมันยังคงรุนแรงมากขนสำหรับผทกำลังประสบ...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Diubah oleh adolfsbasthian
Quote:


Wihh pepatah legend kembali lagi emoticon-Leh Uga
Quote:


Iya Gan... Biar mereka makin semangat belajar di tahun ajaran 2018 - 2019...
emoticon-Ngakak

emoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasia
jadi inget jaman ospek sma, meskipun dimarahin, dikatain, dibentak, dipelototin, diremehin, dll; tapi tetep yg paling berkesan di hati emoticon-Berduka (S)

edit: gemboked emoticon-Cool
Diubah oleh rifaldi777
Mau apapun kegiatannya yg penting foto foto gan hahahaha biar kagak ilang tu momen, dasar manusia tolol yg kagak punya memori sampe kudu di simpen simpen segala
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di