alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / ... / Sundul Bola /
#SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?
5 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b48551da09a39d43e8b4570/sunduldunia-mengapa-bola-piala-dunia-semakin-terlihat-aneh-di-setap-edisinya

#SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Bola Piala Dunia Favorit Agan dan SIsta?

This poll is closed - 17 Voters

View Poll
Bola Piala Dunia Favorit Agan dan SIsta?
Fevernova (2002)
17.65%
Teamgeist (2006)
23.53%
Jabulani (2010)
17.65%
Brazuca (2014)
11.76%
Telstar 18 (2018)
29.41%

#SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?


#SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?


Bola dengan sekumpulan panel berwarna hitam dan putih tentu biasa kita lihat dan kita mainkan. Gak peduli di belahan dunia mana pun, bahkan di acara kartun atau anime sepakbola, wujud bola selalu sama.

Seiring kemajuan teknologi di dunia sepakbola, kualitas bola senantiasa dikembangkan. Gak terkecuali produsen produk olahraga ternama asal Jerman, yaitu Adidas, yang sejak tahun 1970 menyuplai bola resmi Piala Dunia dengan desain corak yang berbeda-beda pada setiap edisinya.

Namun, kenapa akhir-akhir ini desainnya makin terlihat 'aneh' ya?
 emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Begini penjelasannya ...

John Eric Goff, seorang profesor sekaligus pengajar di Universitas Lynchburg (Lynchburg College), menjelaskan jawabannya kepada Tech Insider.

“Di masa lalu, kita hanya punya bola berbentuk Epcot Center, 20 hexagon, 12 pentagon. Dan itu adalah pendekatan yang sangat bagus untuk sebuah bola. Tapi mulai tahun 2006 dengan diselenggarakannya Piala Dunia di Jerman, ada lebih banyak cara kreatif untuk membuat bola.”


#SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?


Teknologi baru memungkinkan Adidas untuk mulai mendesain bola dengan panel yang lebih sedikit. Yang menciptakan masalah serius. Karena panel yang lebih sedikit berarti lebih sedikit jahitan. Dan, yang lebih penting, permukaannya lebih halus.

“Jika bola terlalu halus, hambatan udara akan naik. Ini seperti menendang bola pantai.”, ujar Goff.


Evolusi desain, pola, jahitan, dan tekstur kekasaran bola
#SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?


Pada Piala Dunia 2006, para pemain mengeluh bola Teamgeist tidak mendarat ke titik yang mereka harapkan. Pada edisi itu, Adidas pertama kali memperkenalkan teknologi bola 14 panel dengan jahitan yang lebih sedikit.

Pada tahun 2010, Adidas mengurangi jumlah panel menjadi 8 sekaligus menambahkan beberapa tekstur untuk memperkeras permukaan. Masalah terpecahkan? Ternyata tidak.

Goff mengomentari: “Jabulani merupakan kegagalan spektakuler karena tidak cukup kasar. Ketika bola ditendang dalam kecepatan tertentu, Anda akan melihat itu akan melambat secara dramatis di tengah perjalanan.”


Jumlah panel semakin berkurang

Bola Piala Dunia 2014, Brazuca, memiliki panel paling sedikit, yaitu hanya 6.

Walaupun memiliki dua panel lebih sedikit, total panjang jahitan di sekitar bola 68% lebih panjang daripada Jabulani.

Jadi, bola memiliki jumlah kekasaran yang tepat sehingga mampu terbang lebih jauh daripada bola 2010.


#SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?


Adapun bola Piala Dunia 2018 yang juga mengadaptasi 6 panel, punya total jahitan 30% lebih panjang daripada Brazuca!

Adidas mengimbangi ini dengan membuatnya tampak lebih dangkal. Hasil uji penelitian yang dipimpin Goff menunjukkan bahwa Telstar 18 memiliki kinerja yang sama dengan Brazuca. Tapi ia masih memiliki sedikit lebih banyak hambatan sehingga kualitasnya jauh lebih baik.


Lantas kenapa tampilan bola selalu berubah-ubah?

Dari segi teknologi, kita dapat memahami kalau bola perlu dikembangkan demi kenyamanan para pemain.

Dari segi bisnis, kita sama-sama ngerti bahwa mustahil apabila FIFA dan Adidas menjual bola dengan desain yang sama di setiap edisinya.

Kalau Agan dan Sista gak percaya, di bawah ini ane tampilkan koleksi bola resmi FIFA World Cup 2018 yang bisa dibeli sesuai warna dan harga yang kalian sukai. Sumbernya langsung dari situs web Adidas ya.


#SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?


Empat pilihan warna bola di atas dapat Agan dan Sista borong dengan harga masing-masing $20. Untuk harga bola resminya adalah $165 sedangkan replika yang mendekati aslinya dihargai $40.

Itu baru satu edisi Piala Dunia lho, belum edisi-edisi lainnya. Makin jelas kan alasan utamanya. emoticon-Embarrassment



__________

#SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

__________

#SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya? #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?


Diubah oleh: ideotlogi
Thread Sudah Digembok

Yang Unik dari Piala Dunia 2018: dari VAR, Neymar, Hingga Maradona #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Menurut kalian, bagaimana kualitas penyelenggaraan Piala Dunia 2018 di Rusia? #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Gak Perlu Khawatir Kelewatan Serunya Piala Dunia 2018 karena Ada Ini! #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

3 Momen Yang Sering Gan Sis Temui Pas Lagi NOBAR Piala Dunia #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

3 Fitur Ponsel yang Bikin Kalian Makin Update Piala Dunia 2018 #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Meriahnya Piala Dunia 2018, Pasti Agan & Sista Pernah Ngelakuin Hal Ini! #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

* * *

HOT THREAD SEBELUMNYA, MAMPIR GAN & SIS

#SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

7 Hal Penting Terkait Depresi dan Bunuh Diri yang Perlu Kita Ketahui HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

5 Pelajaran Penting dari Sang Jawara Konservasi Sungai Pesanggrahan HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Jangan Kirim Lamaran Kerja Lewat E-mail Sebelum Baca 7 Poin Penting Ini! HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Siapa Pembelian Pemain Terbaik Arsenal di Era Kepelatihan Arsène Wenger? HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Siapa Jurnalis Sepakbola Favorit Kaskuser? HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

[REVIEW] Hape Keren Gak Pake Mahal HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Alex Mullen Juara World Memory Championship 2017 HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Indonesia Raih 22 Medali di Korea Open Memory Championship 2017 #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

KASKUS Memory Sport HOT #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Cara Ampuh Mengingat Berbagai Hal dari Sang Juara Dunia HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

8 Hal yang Lebih Berharga Daripada IQ untuk Raih Kesuksesan HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Salah Kaprah Membedakan HIV dengan AIDS HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Kemajuan Industri Kreatif di Indonesia HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Awas Bahaya Umbar Privasi di Jejaring Sosial! HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

15 Fakta Menakjubkan Sistem Metro di Dunia HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Salah Kaprah Membedakan HIV dengan AIDS HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

13 Nama Tempat Ini Mirip dengan Istilah Internet HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

10 Video Games yang Berjaya pada Masanya HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Fakta Unik Seputar Studio Animasi Pixar HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Selebriti Ini Tampak Lebih Tua dari Sebayanya HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

22 Cara Menghilangkan Bosan Tanpa Gadget & Komputer HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

Bosan dengan Youtube? Coba dengan yang Satu Ini HOT THREAD #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

10 Fakta Menakjubkan Seputar Korea Selatan #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?

30 Kreasi Kop Surat Paling Unik dan Kreatif

10 Film Bollywood Terlaris Sepanjang Masa #SundulDunia Mengapa Bola Piala Dunia Semakin Terlihat 'Aneh' di Setap Edisinya?


Diubah oleh ideotlogi
wewww
Gak bisa ngebayangin kalo bola jadul sebelum Adidas masih dipake di Piala Dunia tahun ini. emoticon-Takut (S)
Quote:


Yang ada encok massal ntar, gan.

Mungkin Pele dan Maradona bakal keenakan pakai bola Telstar 18.
menarik om tritnya, ane termasuk yg penasaran bentuk/model bola kaya gimana tiap edisi piala dunia (ataupun liga sebenernya)
malah bikin pengen koleksi soalnya keren-keren
Wahh keren euyy emoticon-Wow
Quote:


Tiap edisi punya ciri khas filosofis masing-masing, tentu dengan teknologi yang lebih canggih.

Quote:


emoticon-Toast emoticon-Toast
Teknologi yg selalu berkembang,tahun 2022 seperti apa ya desain bolanya?
Quote:


Belum tahu karena belum dirilis, gan. Yang pasti mesti antipanas biar gak melendung karena suhu di Qatar luar biasa ekstrim.
Diubah oleh ideotlogi
Paling suka jabulani
bola terbaru dari naiki buat epl malah cuman 4 panel
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 12
Fevernova paling favorit gan soalnya untuk pertama kalinya desain bola mulai meninggalkan ciri khas dari bola 1978-1998, desainnya mulai unik dan akhirnya muncul desain2 unik lainnya.

Sekaligus bola kw pertama yg ane beli itu model Fevernova emoticon-Leh Uga
Quote:


Iya dulu Fevernova banyak banget dijual di pasar dan toko olahraga. Nostalgia banget waktu main bareng temen SD pake bola ini berasa Beckham.
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di