alexa-tracking

4 Fakta Nestor Pitana, Wasit Pertandingan Final Piala Dunia 2018

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b484c2cc1cb17ae4c8b459b/4-fakta-nestor-pitana-wasit-pertandingan-final-piala-dunia-2018
4 Fakta Nestor Pitana, Wasit Pertandingan Final Piala Dunia 2018
4 Fakta Nestor Pitana, Wasit Pertandingan Final Piala Dunia 2018

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah menunjuk wasit Argentina, Nestor Pitana untuk memimpin pertandingan Prancis melawan Kroasia di final Piala Dunia 2018. Pitana akan memimpin pertandingan ditemani asisten wasit, Hernan Maidana dan Juan Pablo Belatti yang juga dari Argentina serta ofisial keempat, Bjorn Kuipers dari Belanda.

Siapa Nestor Pitana? Berikut beberapa fakta wasit berusia 43 tahun ini. 


1. Salah satu wasit paling berpengalaman di kawasan Amerika Latin
4 Fakta Nestor Pitana, Wasit Pertandingan Final Piala Dunia 2018
Nestor Pitana merupakan salah satu wasit yang paling berpengalaman di Amerika Latin. Pitana punya pengalaman panjang sejak menjadi wasit internasional mulai tahun 2010. Sejak itu, dia mulai membangun reputasinya sebagai pengadil pertandingan dengan kemampuan bagus. Dan, Pitana pun dipercaya menjadi wasit di pertandingan/turnamen bergengsi.

Dia pernah memimpin pertandingan di level junior, yakni Piala Dunia U-17 tahun 2013 yang digelar setahun sebelum Piala Dunia 2014 di Brasil. Nama Pitana kemudian menjadi salah satu wasit yang memimpin Piala Dunia 2014. 

Di tahun 2015, dia memimpin pertandingan keras di final Supercopa Argentina antara River Plate melawan Huracan. Lalu di tahun 2016, Pitana kembali ke Brasil untuk memimpin cabang sepak bola di Olimpiade di mana dia memimpin laga semifinal antara Jerman melawan Nigeria. Lalu di tahun 2017, dia memimpin pertandingan semifinal Piala Konfederasi antara Jerman melawan Meksiko seperti dikutip dari https://www.fifa.com/worldcup/news/n...ld-cup-final..


2. Telah memimpin 4 pertandingan di Piala Dunia 2018
4 Fakta Nestor Pitana, Wasit Pertandingan Final Piala Dunia 2018
Laga final nanti akan menjadi pertandingan kelima di Piala Dunia 2018 yang dipimpin ole Nestor Pitana. Dia berarti akan memimpin pada awal dan akhir pertandingan Piala Dunia 2018. Ya, Pitana sebelumnya memimpin laga pembukaan Piala Dunia 2018 yang mempertemukan tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi di Grup A pada 15 Juni silam.  

Selain itu, wasit yang juga berprofesi sebagai guru olahraga ini juga memimpin pertandingan Meksiko melawan Swedia di penyisihan grup. Menariknya, Pitana juga pernah sekali memimpin pertandingan yang melibatkan Kroasia dan Prancis. Yakni ketika Kroasia bertemu dengan Denmark di babak 16 besar yang dimenangi Kroasia lewat adu penalti 3-2 (1-1).

Dia juga memimpin laga Prancis melawan Uruguay di perempat final yang dimenangi Prancis dengan skor 2-0.


3. Wasit kedua asal Argentina yang memimpin final Piala Dunia
4 Fakta Nestor Pitana, Wasit Pertandingan Final Piala Dunia 2018
Piala Dunia 2018 merupakan penampilan kedua bagi Pitana di Piala Dunia. Sebelumnya, dia telah memimpin empat pertandingan di Piala Dunia 2014. Salah satunya laga Prancis melawan Jerman di perempat final.

Pencapaian itu membuat Pitana menjadi wasit asal Argentina kedua yang pernah memimpin di dua Piala Dunia. Dia menyamai Norberto Coerezza yang pernah memimpin dua pertandingan di Piala Dunia 1970 dan satu pertandingan di Piala Dunia 1978.

Khusus untuk memimpin laga final Piala Dunia, Pitana juga menjadi wasit kedua asal Argentina yang terpilih melakukannya. Wasit pertama yang memimpin final Piala Dunia adalah Hracio Elizondo yang memimpin final tahun 2016 antara Prancis melawan Italia yang dimenangi Italia lewat adu penalti.


4. Telah mengeluarkan 12 kartu kuning di empat pertandingan Piala Dunia 2018
4 Fakta Nestor Pitana, Wasit Pertandingan Final Piala Dunia 2018
Selama memimpin empat laga di Piala Dunia 2018, Nestor Pitana telah mengeluarkan 12 kartu kuning. Dia paling banyak mengeluarkan kartu kuning (5 kartu kuning) di pertandingan Grup F antara Swedia melawan Meksiko.

Pitana juga mengeluarkan 4 kartu kuning ketika Prancis menghadapi Uruguay di perempat final. Salah satu pemain Prancis yang dia hadiahi kartu kuning di laga itu yakni striker Prancis, Kylian Mbappe karena dianggap melakukan diving.

Dari fakta tersebut, Pitana cukup royal memberikan kartu kuning kepada pemain. Namun, di laga pembukaan Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Arab Saudi, dia hanya mengeluarkan 2 kartu kuning. Bahkan, di laga Denmark melawan Kroasia di babak 16 besar, dia hanya mengeluarkan satu kartu kuning. 


Sumber : https://www.idntimes.comsport/soccer...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 4 Fakta Nestor Pitana, Wasit Pertandingan Final Piala Dunia 2018 Marco van Basten Akting Neymar di Lapangan Bikin Tertawa

- 4 Fakta Nestor Pitana, Wasit Pertandingan Final Piala Dunia 2018 Fakta di Balik Yel yel Inggris yang Diselidiki FIFA

- 4 Fakta Nestor Pitana, Wasit Pertandingan Final Piala Dunia 2018 Kylan Mbappe Harus Berhenti Drama Jika Ingin Menjadi Pemain Hebat

×