alexa-tracking

Pakar : Bikin Mengkilap Dasbor Pakai Minyak, Bukan Solusi Tepat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b4830dfddd770fe238b4567/pakar--bikin-mengkilap-dasbor-pakai-minyak-bukan-solusi-tepat
Pakar : Bikin Mengkilap Dasbor Pakai Minyak, Bukan Solusi Tepat
Jika mobil sering parkir di luar ruangan, namun langsung terkena paparan sinar Matahari, tak cuma eksterior yang kena imbasnya. Sebab, juga akan merusak interior.

Bagian yang paling terlihat dirusak oleh sinar ultraviolet adalah dasbor, karena terbuat dari bahan plastik dan membuatnya jadi kusam.

Pakar : Bikin Mengkilap Dasbor Pakai Minyak, Bukan Solusi Tepat

Untuk menyiasatinya, banyak orang menggunakan cara simpel, seperti mengoleskan minyak zaitun atau lotion untuk tubuh. Cara itu dianggap ampuh, karena selain ongkosnya murah, simpel dan efeknya langsung terlihat.

Professional Detailer dari Meguiars Indonesia, Deni Yohanes mengatakan, sinar ultraviolet memang bisa berakibat buruk buat dasbor yang terbuat dari plastik. Efeknya penuaan bakal lebih cepat dan mudah mengelupas. Jadi bukan hanya membuatnya cepat kusam.

Kata Deni, beberapa orang biasanya menggunakan minyak zaitun dan lotion untuk kulit agar tampilan dasbor tetap mengkilap. Tetapi, kata dia, cara itu tak sepenuhnya benar, karena ada cairan khusus untuk melindungi dasbor agar tak cepat kusam.

Baca Juga : Clay Kit Buat Body Mobil Mengkilap

"Untuk jangka panjang saya tidak menyarankan menggunakan minyak zaitun dan lotion, paling lama tiga sampai empat bulan. Jika terus dipaksakan pakai minyak zaitun atau lotion, efeknya dasbor akan pecah-pecah pada permukaannya," ujarnya seperti yang dilansir dari laman VIVA, Jumat 6 Juli 2018.

Oleh sebab itu, Deni menyarankan jangan terlalu sering memarkirkan kendaraan di luar ruangan yang langsung terkena sinar Matahari. Kata dia, kalau memang terpaksa caranya cukup menutupi dasbor dengan bahan karet untuk melindunginya dari sinar UV.
×