alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Poros Ketiga Mungkin Terjadi, Begini Petanya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b482f87e05227db2e8b4572/poros-ketiga-mungkin-terjadi-begini-petanya

Poros Ketiga Mungkin Terjadi, Begini Petanya


Poros Ketiga Mungkin Terjadi, Begini Petanya


JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat politik dari PARA Syndicate Ari Nurcahyo berpendapat, terbentuknya poros ketiga untuk mengusung calon presiden dan calon wakil presiden masih ada kemungkinan terjadi di Pilpres 2019.

Kendati demikian, dibutuhkan sumber daya politik dan logistik yang besar untuk membentuk poros ketiga.

“Poros ketiga hanya mungkin jika bisa terjadi kompromi dan keseimbangan untuk bisa terbentuknya rekonfigurasi,” ujar Ari saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/7/2018).

Baca juga: PAN Belum Pikirkan Opsi Poros Ketiga

Ari mengatakan, setiap parpol yang akan melakukan koalisi perlu menpertimbangakan peraturan ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden (presidential treshold).

Presidential threshold mewajibkan parpol atau gabungan parpol mengantongi 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional untuk bisa mengusung pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2019.

Menurut Ari, poros ketiga hanya mungkin terjadi antara partai Gerindra, PAN, Demokrat, PKB, dan PAN.


Baca juga: Usai Bertemu SBY, Zulkifli Sebut Poros Ketiga Butuh Keajaiban

Ari menuturkan, Partai Gerindra dengan perolehan 13 persen suara di DPR bisa berkoalisi dengan PAN yang memiliki presentasi perolehan kursi di DPR 8,8 persen.

Sementara itu, Partai Demokrat dengan perolehan presentasi kursi di DPR sebesar 10,9 persen juga bisa berkoalisi dengan PKB dan PKS yang masing-masing memperoleh 8,4 dan 7,1 persen.

Ari memaparkan, untuk mengajukan capres, Partai Gerindra bisa atau cukup menggandeng satu partai saja, akan tetapi Partai Demokrat perlu “menggandeng” tiga partai lain karena terbentur peraturan ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold).

Sumber:
https://nasional.kompas.com/read/201...begini-petanya

Makin dekat waktu pendaftaran..
Makin keliatan tingkah elit politik...
Sambil menunggu, kapan pengumunan wakil Dari don kowi n wowo...


Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
SAYQ DUKUNG NTAPZZZ NGOAHAHAHA :ngajak
SBY ngasih 5 syarat buat koalisi. Salah satunya ga mau negara diubah jadi negara "keagamaan". Jadi otomatis mencoret PAN dan PKS dari kemungkinanan koalisi 1 poros.
Waktu sudah mepet emoticon-Ngacir
klo bisa sih 4 paslon emoticon-Traveller
Percuma bikin poros ketiga. Sudah banyak yang bilang, jokowi tak terkalahkan. 2 periode pasti.

Lidah memang tak bertulang, isi hati siapa yang tau.
wiwi - md , ahy - imin , wowo - kuda
Diubah oleh Riz2T
Quote:


Kamu jahat.........
Quote:



Bisa dikasi link disini kalo PAN Ama PKS mau bikin Negara " keagamaan"
Perasaan yang ada beritanya mau bikin koalisi "keumatan" deh..


Quote:


Kalo penghapusan PT 20% dikabulkan MK bisa jadi muncul 4pasang..

Quote:


Iya iyain aja dehemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
civil war ga jadi nih
Quote:


woooooooooww emoticon-Thinking emoticon-Shutup
Jokowi - Aher

Anies - AHY

Yusril - +dari PAN/Muhamadiyah

emoticon-Ultah
Quote:


emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Bodo amat.... met kerja keras emoticon-Traveller
Quote:


Demokrat-Gerindra udah ini emoticon-Leh Uga
Quote:


Poros Ketiga Mungkin Terjadi, Begini Petanya
Quote:


Poros Ketiga Mungkin Terjadi, Begini Petanya
Quote:


Calon2 berkualitas semua INI kalo jadi..emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Quote:


Kita tunggu kabar Dari wowo..
Jadi kgk ngajakin Si kebo koalisi..
Quote:


gak mesti kok ...

klo bisa formasi kek gini pasti lolos :

si kowi / mahfud or moeldoko ( PDIP Nasdem hanura)

Prabowo / Anis or ahy (gerindra demokrat)

Amin rais / Aher (PAN PPP PKS)

gatot / cak imin (golkar PKB)


tapi itu klo mau emoticon-Traveller
saya juga dkung ntap
kasian
Quote:


Bener...
Kalo bisa ampe 4 pasang lebih baik lagi..
Silakan dipilih...
emoticon-Jempol

Cuma yang g lihat...
Golkar Ama PKB masi sibuk nawarin diri buat jadi cawapres don kowi..
Jadi masi cair INI ghotak ghatuk pasangan calon pilpres INI nanti..
Jadi kalo sesuai berita yang masi masuk akal 3 poros masi mungkin terjadi hitung hutungannya..
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di