alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Yang Pernah Sakit TB paru, mohon sarannya gan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b481e95ded770af1b8b4567/yang-pernah-sakit-tb-paru-mohon-sarannya-gan

Yang Pernah Sakit TB paru, mohon sarannya gan

Jadi gini gan, ane positif TB paru, sudah mengkonsumsi obat dari klinik selama 3 bulan.
Nah, tadi pagi ane ke puskesmas niatnya mau minta obat doang, secara kan obat dari pemerintah gratis, sapa sih yang ga mau hhe.

Tapi ane sama petugas di puskesmas malah disuruh ngulang lagi dari awal gan.
"Pemoticon-Stick Out Tongueetugas puskesmas di poli paru
A:ane

P : Saya maunya ngobatin dari awal sampe tuntas ngga setengah2. Saya nggak tau obat apa yang kamu minum sebelumnya, kadarnya berapa saja dst. Jadi kalo mau berobat disini boleh, tapi ulang dari awal lagi.
A : Oh gitu dok, trus saya minum obat selama 3 bulan ini sia-sia dong dok?
P : iya
A : kalo gitu saya berobat di klinik aja dok.
trus petugasnya ttp ngomong ke ane panjang lebar. Ya intinya obat di klinik belum tentu sesuai aturan, sesudah berobat 6 bulan bisa sakit lagi, kumannya ternyata masih ada, bisa kena MDR yang harus pengobatan 2 tahun dll.
A : Jadi intinya dokter mau bilang kalo berobat di klinik belum tentu sembuh sementara kalo berobat di puskesmas saya pasti sembuh?
P : Ikutin aja yang dari pemerintah, sudah bagus kok. Progrramnya 2025 bebas TB. kalo kamu keluar tapi belum sembuh sama saja kamu nularin ke orang lain, kamu berencana menikah kan?punya anak kan?kamu masih muda bla bla bla
A : Tapi kalo saya minum obat terus ginjal saya nggak kenapa2 dok?bakterinya nggak merambat?
P : pemerintah udah merancang semuanya kok, ini obatnya dari Jerman. Kalau kamu berobat di sini bakalan dipantau terus. Sebaiknya diberikan obat kategori berapa. Dosisnya sebanyak apa, dst

Setelah hampir satu jam ngobrol, akhirnya ane bilang ane mau aja. karna dokter di klinik ya cuma tanya tanya bentar trus ngasih obat, itupun dokternya ganti-ganti. Apalagi ke klinik kan bayar, sementara puskes ngga bayar(berarti kan dokter di puskes ikhlas emang cuma pengen bikin orang sembuh)
SI dokter puskesmas ngasih ane rujukan buat dibawa ke RSUK buat tes dahak. Tapi setelahnya ane bingung gan, ane udah nggak punya dahak lagi. Batuknya udah sembuh.
Trus kalo konsumsi obat yang ini dihentikan dan mulai dari awal lagi bakalan aman ga ya?

Menurut agan-agan yang udah pernah sakit TB paru, ane lanjutin pengobatan yang dari klinik apa mulai awal lagi dari puskesmas?
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di