alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Perang dagang bisa memantik krisis keuangan global
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b480daa98e31ba37b8b456a/perang-dagang-bisa-memantik-krisis-keuangan-global

Perang dagang bisa memantik krisis keuangan global

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Perang dagang bukan hanya membuat arus perdagangan global tersendat. Efek perang dagang bisa lebih dahsyat lagi yakni memicu krisis finansial. Apalagi, AS berencana menetapkan 10% tarif terhadap barang-barang impor China hingga senilai US$ 200 miliar, setelah awal Juli ini mengenakan tarif impor senilai US$ 34 miliar.

yang juga bekas Executive Chairman Franklin Templeton Investments, yang meramalkan itu. Ia mengatakan, efek perang dagang dan penguatan kurs dollar AS telah membebani pasar keuangan


Tambah lagi, likuiditas yang lebih ketat karena The Federal Reserve dan Bank Sentral Eropa menormalkan kebijakan moneter dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga membuat era pendanaan murah berakhir.

Nah, akhir dari era bunga murah ini bisa memantik krisis. "Tidak diragukan lagi, kita akan melihat krisis keuangan cepat atau lambat, karena kita harus ingat kita telah keluar dari era pendanaan murah," kata Mobius yang kini mengelola Mobius Capital Partners LLP, dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg di Singapura, Rabu (11/7).

Menurutnya, akan ada tekanan nyata bagi banyak perusahaan-perusahaan yang selama ini bergantung pada pendanaan murah untuk menjaga kelangsungan bisnisnya. Bukan itu saja, kenaikan suku bunga bisa menjadi kontra-produktif bagi negara-negara dengan jumlah utang yang tinggi.

Faktor-faktor itu yang akan membebani pasar finansial, terutama di negara-negara emerging market. Mobius memperkirakan, indeks MSCI Emerging Markets bakal turun 10% dari level saat ini pada akhir tahun 2018 nanti.

Pun mata uang negara berkembang juga berada di bawah tekanan, tercermin dari indeks mata uang MSCI Emerging Markets yang telah turun sekitar 6% dari level tertinggi tahun ini pada akhir Maret 2018. Itu memaksa bank-bank sentral negara emerging market seperti Turki, Argentina dan Indonesia menaikkan suku untuk menjaga mata uang mereka tak makin jatuh.

https://m.kontan.co.id/news/perang-d...euangan-global

gimana nie nasip utang negara kita kalau rupiah melorot terus
Diubah oleh: erdygan123
Halaman 1 dari 2
apalagi tahun 2018 ini adalah tahun dimana siklus krisis ekonomi dunia emoticon-Embarrassment
Semoga impact nya gak terlalu berat ke Indonesia, kalaupun terjadi semoga Indonesia pun mampu melewatinya seperti 2008 lalu emoticon-I Love Indonesia (S)
Si Trump niat betul Making America Great Again emoticon-Cape d...
Quote:


malah lebih berat kalau produk kita kena tarif maka produk kita jadi susah nembus AS artinya ekspor menurun sementara import tetap tinggi ...
Quote:


saya malah ragu kalau melihat tim ekonomi kita, macam darmin dan gub bi yang baru
Perang dagang AS vs RRT.

Semua dikembalikan ke pemerintah. Ngak ada salahnya jika otoritas moneter di negeri ini juga mengambil kebijakan kenaikan tarif tinggi untuk barang2 impor baik dari AS dan juga dari RRT.

Ekspansi ekspor diperbanyak dan ditingkatkan ke afrika, timteng, asia, eropa, australia.

UKM diperkuat, kredit dipermudah, diperbanyak inovasi sesuai aturan yang berlaku. Daya saing didalam negeri didorong ke arah yang positif.

Hati2 dalam mengelola ULN, jangan sampai terlambat membayar ULN dan bunganya, sementara jangan banyak hutang dulu, subsidi kepada rakyat harus tepat sasaran.

Dan masyarakat jangan lupa taat bayar pajaknya.
Diubah oleh 54m5u4d183

Menurutnya, akan ada tekanan nyata bagi banyak perusahaan-perusahaan yang selama ini bergantung pada pendanaan murah untuk menjaga kelangsungan bisnisnya. Bukan itu saja, kenaikan suku bunga bisa menjadi kontra-produktif bagi negara-negara dengan jumlah utang yang tinggi....
Catat ini buat yg berkuasa
perlahan tapi pasti banyak produk2 udh mulai merangkak naik. emoticon-Bingung (S)
Quote:


bahkan aqua galon juga naik seribu, tempe tambah kecil, bentar lagi bbm juga naik karena dollar naik
Quote:


lah dianya presiden amrik masa malah memperkuat negara laen
plg cuman sekutunya doank yg deket yg kena tarifnya ngga gede2 amat

yg bukan sekutu deketnya n ekonominya kaga kuat ya siap2 klepek2
Quote:


Maklum juga latar belakang bisnis, gk kayak pendahulunya hobi perang emoticon-Big Grin
Quote:


ini juga perang, tapi perang dagang
yaa kenapa pa da perang
Quote:


biasa lah republiken, tapi menarik jg nih manuver-manuver si trump, kayanya emang tujuannya membangun amerika lg sebagai superpower dunia, melihat tiongkok pun mulai bisa bermanuver dalam menyaingi amerika emoticon-Ngacir Tubrukan
Quote:


Udah seharusnya ,
Ancorrrrrrrrrrrrrrrr....emoticon-fuck
Quote:


kurangi program ambisius infrastruktur pemerintah yang mana pembiayaan berasal dari utang dengan bahan baku infra banyak impornya

sudah sebaiknya duit infrastruktur sementara diubah bantuan langsung tunai kepada masyarakat agar daya beli masyarakat naik dan konsumsi tinggi

jaman sby aja suku bunga bi ampe 10% tetapi pertumbuhan bisa diatas 7%...

brarti harus punya bnyak inovasi didalam negeri dan mulai pakai produk dalam negeri nih
gembok again
Quote:


waktu itu lagi booming komoditas ,

sekarang nggak ada lagi booming kayak gitu gan , dia hokinya tinggi ,

kalau SBY mimpin jaman sekarang , modar banget ,

buktinya di tahun tahun akhir dia mimpin pertumbuhan ekonomi juga jeblok , inflasi juga tinggi

Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di