alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sepakat Lepas 51% Saham, Ini Pernyataan Bos Besar Freeport
3.8 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b48040f54c07ab0518b4574/sepakat-lepas-51-saham-ini-pernyataan-bos-besar-freeport

Sepakat Lepas 51% Saham, Ini Pernyataan Bos Besar Freeport

Sepakat Lepas 51% Saham, Ini Pernyataan Bos Besar Freeport


Jakarta - Freeport McMoRan telah sepakat untuk melepas 51% saham PT Freeport Indonesia kepada pemerintah Indonesia melalui PT Inalum (Persero). Kesepakatan melalui penandatanganan Head of Agreement oleh CEO Freeport-McMoRan, Richard Adkerson dan Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin.

Adkerson menilai kesepakatan tersebut sangat penting untuk kelanjutan operasi PT Freeport Indonesia, anak usaha Freeport McMoRan.

"Hari ini saya anggap sebagai hari yang sangat penting bagi kita semua," kata Adkerson di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).


Baca juga: Sah, Proses Akuisisi 51% Saham Freeport Dimulai

Dia menceritakan negosiasi sudah berjalan selama enam setengah tahun untuk menangani persoalan keberlanjutan Freeport dan kedudukan pemerintah.

Adkerson sempat bertemu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Amerika Serikat.

Baca juga: RI Caplok 51% Saham Freeport, Ini Tambangnya di Papua

"Kami mencapai kebuntuan di awal tahun 2017, dan saya duduk dan menghabiskan waktu bersama mereka masing-masing, mendengarkan apa tujuan dari pemerintah dan presiden dan saya mendengarkan dengan sangat hati-hati dan pada akhir Agustus kami membuat kerangka kerja, untuk mencoba memenuhi tujuan tersebut," jelas Adkerson.

Pada akhirnya, kata Adkerson, telah terjadi kesepakatan untuk melepaskan 51% saham PTFI ke pemerintah melalui PT Inalum.

Baca juga: Nilai Akuisisi 51% Saham Freeport Rp 53 Triliun

"Saya pikir hari ini adalah langkah yang sangat positif, kami telah bekerja sangat beberapa bulan terakhir untuk memenuhi instruksi Presiden Widodo kepada kami untuk menemukan win-win solution," kata dia.

Dalam keterangan resminya, PT Freeport Indonesia menyatakan selama 15 tahun terakhir telah memulai proses transisi dari operasi penambangan terbuka ke penambangan bawah tanah. Dalam proses tersebut telah menginvestasikan sekitar US$ 6 miliar untuk mengembangkan tambang bawah dan berencana menambah investasi hingga miliaran dolar sebagai komitmen untuk memberikan manfaat bagi seluruh pemegang saham.

Baca juga: Rini Targetkan RI Kuasai Freeport Akhir Juli

PT Freeport Indonesia menyambut baik kemitraan baru ini. Kesepakatan ini tidak berdampak pada status ketenagakerjaan karyawan PT Freeport Indonesia. Perusahaan akan tetap beroperasi dengan merujuk kepada rencana kerja yang telah ditetapkan.

Selama sekitar 50 tahun terakhir, PT Freeport Indonesia telah menjalankan kemitraan yang baik dengan pemerintah Indonesia. PT Freeport Indonesia akan tetap beroperasi dengan standar tertinggi dan menjalankan operasinya secara bertanggung jawab, untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang berdampak bagi masyarakat setempat, serta memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Indonesia. (hns/hns)



https://finance.detik.com/energi/d-4...besar-freeport
Halaman 1 dari 4
nasbungjing mau komen apa?
palingan bilang ini berita bohong, jokowi bohong
Berita sedih emoticon-Big Grin
50 taun lebih, Freeport ngangkang, dan hari ini digetok sama Jokowi. Sapa yg antek asing kalo gitu?
panasbung anjing dengan ayat2 mayatnya pasti dah nyiapin serangan balasan nih. tapi ya palingan serangan dongok. as always. emoticon-Leh Uga
Satu persatu dibereskan, mulai dari Petral, ilegal fishing hingga Freeport. Cukup 5 tahun? Tidak, karena masih banyak hal hal lain yang harus dibenahi.
Mantep, ga bisa nyinggung pripot pas debat pilpres nanti
semoga kinerjanya ttp terjaga setelah di ambil indo
patut diapresiasi
Berita yg gkbakal di akui sama kelompok kuda
prabowo sedih gak bisa carmuk lagi pada amerika
Quote:


gw bukan nasbung. gw apresiasi kerja jokowi. hanya di jaman jokowi freeport bisa begini. begitupun dgn blok mahakam yg dulu dikelola oleh Total, berhasil diambil alih oleh pertamina.
presiden2 sebelumnya belum tentu mampu demikian.

tp, ibarat freeport itu ngontrak rumah di indonesia, setelah masa kontraknya habis, kok malah pemilik disuruh beli rumah tersebut?
oke jok, 4 periode emoticon-Big Grin
Quote:


ya coba ente tanya ke orang yg ngasih ijin itu freeport nambang di indonesia. emoticon-Traveller
Quote:


mbah harto ya gan ?
beliau sudah wafat gan gak bisa ditanyai lagi

emoticon-Sorry
Ngomongin kontrak habis lu coba cari isi perjanjian pem indo jaman orba sama org freeport. Nah perjanjiannya berupa undang2 dn gk bsa d batalkn
Quote:


Quote:


Ibarat ngontrak rumah juga, kalau kontrak sudah habis, semua perabot dan uang orang yang nyewa otomatis jadi milik yang punya rumah?. Coba intip isi perjanjian freeport sebelumnya dulu dan lihat neraca perusahaannya, ada disana aktiva lancar dan tidak lancar yang seharusnya dikurangi kewajiban sebanding dengan nilai saham.

Diubah oleh lynx18
Quote:


Bidang pertanahan gan, sepertinya parah juga tuh

trus bidang perijinan usaha dan investasi

harus diberesin juga tuh

biar Indonesia segera maju emoticon-I Love Indonesia
nasbung mau membela mana nih?

harusnya sih mamarika karena mamarika best friendnya saudi emoticon-Ngacir
win win solutionnya gmn ? Klo yg ane baca, yg win seolah indonesia aja ya, dpt 51%. Nah pihak amerika win nya gmn ? emoticon-Malu
Bagus deh. Akhirnya sih taik murica gak lagi enak enak sedot alam Indonesia tanpa membayar dengan biaya yang pantas.

Cuma takut juga sih di amuk sih Drump nanti.O_O Bisa keok kita.
Quote:


Jir, nih komen dahsyat banget .. menyayat hati nasbungjing
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di