alexa-tracking

Ahok baru bebas murni setelah Pilpres

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b47e405925233e8298b4589/ahok-baru-bebas-murni-setelah-pilpres
Ahok baru bebas murni setelah Pilpres
Ahok baru bebas murni setelah Pilpres
Ahok saat mengikuti sidang perdana di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/8/2016).
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja 'Ahok' Purnama, memiliki peluang bebas bersyarat bulan depan. Peluang itu muncul karena adanya remisi alias pengurangan masa tahanan.

Sesuai dengan Undang-undang nomor 12 tahun 2995 tentang Pemasyarakatan, seorang narapidana berhak mendapat remisi. Sedangkan bebas bersyarat bisa diambil jika sudah menjalani dua pertiga masa tahanan dikurangi

Ahok divonis dan langsung ditahan di Lapas Cipinang, Jakarta Timur pada 9 Mei 2017. Ia kemudian dipindah ke tahanan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat karena alasan keamanan.

Tahun lalu, ia mendapat remisi 15 hari. Tahun ini, ia berpeluang mendapat remisi Hari Kemerdekaan. Dengan hitungan ini, Ahok bisa bebas bersyarat pada 19 Agustus 2018.

Menurut Kepala Lapas Kelas 1 Cipinang Andika Dwi Prasetya, dengan memperhatikan syarat-syarat itu, Ahok pun bisa saja bebas bersyarat pada Agustus.

"Jadi, posisinya Pak Ahok itu benar bahwa bulan Agustus jatuh tempo dua pertiga, itu artinya Agustus itu beliau sudah bisa mendapat pembebasan bersyarat apabila persyaratan administratif terpenuhi," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (11/7/2018).

Hal senada diungkapkan Dirjen Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami."Beliau sebenarnya bisa PB (pembebasan bersyarat) pada bulan Agustus," kata Sri Puguh kepada detikcom, Rabu (11/7/2018).

Kemungkinan bebas bersyarat itu baru hitung-hitungan waktu. Sedangkan dari pihak Ahok belum ada pengajuan pembebasan bersyarat.

Pengacara Ahok menyebutkan, kliennya lebih memilih keluar dari penjara secara murni pada 2019 mendatang, bukan tahun ini.

Josefina A Syukur, salah satu pengacara Ahok menjelaskan, kliennya memang tidak mau mengambil kesempatan bebas bersyarat itu. "Bukan menolak, tapi Pak Ahok tidak mau mengambilnya," katanya saat dikonfirmasi VIVA, Kamis, 12 Juli 2018.

Sebab, hal itu dilakukan agar tidak timbul perdebatan lagi di masyarakat bila Ahok mengambil kesempatan bebas bersyarat tersebut. "Supaya benar-bebar bebas murni dan tidak perlu diperdebatkan lagi," ujarnya.

Andika menghitung, jika bebas murni adalah pilihan Ahok, maka Ahok baru keluar setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) digelar pada 17 April 2019. "Kalau bebas murni dia (Ahok) itu di 23 April 2019," ujar Andika.

Pada 9 Mei 2017, Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memvonis Ahok 2 tahun penjara karena dinilai melanggar Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama. Pidatonya yang menyinggung surat Al Maidah di Kepulauan Seribu dituding menodai agama.

Proses sidang kasus ini memanaskan politik nasional karena digelar beriringan dengan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Isu agama yang mengemuka, membuat indeks demokrasi di Jakarta turun.

Media-media internasional menyoroti kasus ini. The Guardian, media asal Inggris itu menyatakan bahwa keputusan polisi memporoses kasus ini karena "desakan golongan agama garis keras yang pada awal bulan menggelar unjuk rasa menuntut" penangkapan Ahok.

Media asal Amerika Serikat, Time menilai sosok Ahok sebagai "simbol toleransi" yang "telah lama menjadi target bulan-bulanan golongan Islam garis keras dan ultrakonservatif".
Ahok baru bebas murni setelah Pilpres


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...etelah-pilpres

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Ahok baru bebas murni setelah Pilpres Pengelolaan 10 bandara akan berpindah ke swasta

- Ahok baru bebas murni setelah Pilpres Sebagian besar sektor menghijau, IHSG ditutup naik

- Ahok baru bebas murni setelah Pilpres Lelang kain kiswah Kakbah milik Suryadharma Ali

image-url-apps
Pertamax