alexa-tracking

KPK Panggil Model Steffy Burase Pekan Depan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b473452dcd770d3618b457d/kpk-panggil-model-steffy-burase-pekan-depan
KPK Panggil Model Steffy Burase Pekan Depan
KPK Panggil Model Steffy Burase Pekan Depan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil empat saksi dalam kasus korupsi Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA), yang sebelumnya sudah sempat dicegah ke luar negeri pada pekan depan. Itu artinya, model Fenny Steffy Burase juga dijadwalkan akan diperiksa sebagai saksi di gedung lembaga anti rasuah. 

"Untuk sebagian saksi yang dicegah ke luar negeri, direncanakan akan diperiksa pada pekan depan," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan tertulisnya, Kamis (12/7). 

Sebelumnya, Steffy yang dijadikan tim ahli dalam penyelenggaraan Aceh International Marathon 2018, diduga mengetahui adanya aliran dana yang diterima Gubernur nonaktif Irwandi Yusuf. Pria berusia 56 tahun itu diduga meminta jatah 2 persen dari kabupaten-kabupaten yang menerima DOKA. Tahun 2018, pemerintah pusat mengalokasikan DOKA Rp 8 triliun. 

Sementara, lembaga anti rasuah mulai memeriksa enam saksi dari unsur swasta di Mapolda Aceh hari ini. Lalu, kira-kira apa yang ingin digali penyidik melalui enam saksi tersebut?


1. Dalam proses penggeledahan, KPK menemukan dokumen pelaksanaan anggaran Rp 1,5 triliun
KPK Panggil Model Steffy Burase Pekan Depan
Menurut Febri tim penyidik sudah mulai melakukan penggeledahan sejak beberapa hari lalu. Dalam penggeledahan yang dilakukan pada Rabu kemarin (11/7), penyidik menemukan beberapa dokumen proyek seperti dokumen pelaksanaan anggaran dinas kesehatan Aceh senilai Rp 1,15 triliun.

"Dokumen itu ditemukan ketika dilakukan penggeledahan di Dinas Pendidikan dan Kesehatan Aceh," ujar Febri melalui keterangan tertulis kemarin.

Dengan ditemukannya dokumen itu, justru semakin menguatkan adanya dugaan suap yang diberikan oleh Bupati Bener Meriah Ahmadi ke Irwandi.

Saat memberikan keterangan pers, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, Ahmadi diduga menjanjikan akan memberikan uang Rp 1,5 miliar kepada Irwandi. Tujuannya, itu merupakan komitmen fee dari Ahmadi, usai kabupatennya menerima jatah DOKA.

Baca juga: Model Steffy Burase akan Ditanyai Soal Aliran Dana ke Gubernur Aceh


2. KPK mulai memeriksa enam saksi di Mapolda Aceh
KPK Panggil Model Steffy Burase Pekan Depan
Selain mencari barang bukti melalui penggeledahan, penyidik KPK juga mulai memeriksa saksi-saksi. Mereka memeriksa enam saksi dari unsur swasta di Mapolda Aceh hari ini. Sayangnya, Febri enggan menyebut siapa saja nama dari keenam saksi tersebut.

"Saya tidak bisa mengungkap nama-nama dari keenam saksi yang diperiksa hari ini," ujar Febri tanpa menyebut alasannya.

Ia pun mengingatkan kepada para saksi agar memberikan keterangan yang jujur. Tujuannya, agar kebenaran terungkap dalam kasus ini.

"Sikap kooperatif terhadap proses hukum tentu akan lebih dihargai," kata Febri.


3. Ironis, Gubernur Irwandi sempat meminta pelatihan ke KPKsebelum terjaring OTT
KPK Panggil Model Steffy Burase Pekan Depan
Situasi pencegahan korupsi di Aceh memang ironis. Serambi Mekkah ini termasuk satu dari enam provinsi yang rawan korupsi, karena diberikan DOK oleh pemerintah pusat.

Hal lain yang menjadi ironi, yakni Gubernur Irwandi yang terjaring OTT lembaga anti rasuah justru pernah meminta agar diberikan pendampingan langsung dari KPK dalam upaya pencegahan korupsi.

"Jadi, pada sekitar April lalu, Irwandi Yusuf selaku gubernur Aceh mengirimkan surat untuk mendapatkan pendampingan langsung," ujar Koordinator Unit Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan KPK Asep Rahmat Suwandha, ketika berdiskusi di gedung KPK, Rabu kemarin.

KPK pun kemudian merespons dengan melakukan kunjungan ke Provinsi Aceh. Kepada lembaga anti rasuah, Irwandi mengaku ingin pemerintahannya berjalan secara transparan.

"Respons Irwandi saat itu sangat serius dalam upaya pencegahan korupsi," kata dia.

Tapi anehnya, justru ia malah terjaring operasi senyap KPK. Ia pula yang diduga meminta jatah uang kepada Bupati Ahmadi, sebagai imbalan distribusi DOKA ke tiap kabupaten. Untuk Kabupaten Bener Meriah, Irwandi meminta jatah 2 persen.

Baca juga: Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Resmi Jadi Tersangka Kasus Korupsi


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- KPK Panggil Model Steffy Burase Pekan Depan KPK Akan Lelang Kiswah Milik Suryadharma Ali

- KPK Panggil Model Steffy Burase Pekan Depan Zumi Zola Kembali Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka Kasus Korupsi

- KPK Panggil Model Steffy Burase Pekan Depan KPK Diminta Bantu Cek Rekam Jejak Calon Hakim Mahkamah Konstitusi

×