alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pembangunan Merata Bisa Jadi Obat Pendongkrak Pertumbuhan Ekonomi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b470f8a9e7404ce4d8b456d/pembangunan-merata-bisa-jadi-obat-pendongkrak-pertumbuhan-ekonomi

Pembangunan Merata Bisa Jadi Obat Pendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan Merata Bisa Jadi Obat Pendongkrak Pertumbuhan Ekonomi
Presiden Joko Widodo.(Istimewa)

Jakarta – Pembangunan merata di seluruh wilayah Indonesia bisa mendongkrak pertumbuhan perekonomian Indonesia. Untuk itu, pemerintahan Joko Widodo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan pertumbuhan pembangunan sebanyak mungkin di luar Jawa.

Pembangunan merata ini merupakan target jangka pendek untuk mempersempit disparitas ekonomi antarwilayah di Indonesia. Ujung-ujungnya, meningkatkan pemerataan pembangunan.


Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, saat ini pemerintahan Joko Widodo sedang menciptakan pusat-pusat perekonomian di luar Jawa. Sampai saat ini, pembangunan di Jawa masih sangat besar.


Jika dipersentasekan, pembangunan di Jawa mencapai 40 persen. Sementara itu, dibandingkan Sumatra, angkanya masih 20 persen.


Nantinya, pusat-pusat perekonomian ini bisa menjadi pendongkrak ekonomi di wilayah tersebut. Menteri Bambang juga berharap, pusat perekonomian di luar Jawa tersebut tidak hanya sementara dan lantas hilang.


Pusat perekonomian ini tidak hanya didominasi industri manufaktur. “Tetapi pusat pertumbuhan berbasis pengelolaan, tidak hanya industri manufaktur, seperti tekstil dan otomotif. Tapi, urutan dari sumber daya alam juga bisa,” kata Menteri Bambang di acara Indonesia Development Forum 2018, Selasa (10/7).


Untuk mewujudkan pemerataan ekonomi ini, Bambang menambahkan, konektivitas infrastruktur harus dibangun lebih menyebar. Artinya, infrastruktur ini akan menjadi pemersatu wilayah satu dan yang lain.


Pembangunan Merata untuk Menciptakan Pusat Perekonomian Baru



Pembangunan merata di luar Jawa ini akan menciptakan pusat perekonomian baru. Ini juga akan mendorong munculnya kota metropolitan di luar Jawa. Nah, awal pertumbuhan ekonomi itu akan berawal dari kota metropolitan yang baru tersebut.



Dengan pembangunan merata ini, Bambang menambahkan, ketimpangan antardaerah sedikit demi sedikit tergerus. Kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata pun bisa diciptakan.



“Kalau kemudian ini bisa terjadi, ujungnya pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terbantu,” ujar Menteri Bambang.



Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini masih berada di kisaran 5,1 persen hingga 5,5 persen. Indonesia bisa saja memiliki pertumbuhan ekonomi hingga 6 persen dan hal ini bukan mustahil.



Ada syaratnya. Menurut Menteri Bambang, motor pertumbuhan ekonomi bukan hanya Jawa dan Sumatera, melainkan seluruh wilayah Indonesia.



Dengan pembangunan merata, konektivitas tercapai, infrastruktur dasar memadai, dan pajak relatif memadai, hal tersebut bisa segera tercapai.


“Kita harapkan orang mau bekerja di kota mana pun di Indonesia. Sebab, setiap kota mana pun bisa menjamin kehidupan yang layak dan pekerjaan yang memenuhi harapan,” pungkasnya.

Sumber
perasaan malah turun pertumbuhan ekonomi dari pada 10 tahun kemarin emoticon-Malu
NASBUNG MANA TAU, BAHWA JOKOWI SIBUK MEMBANGUN INFRASTRUKTUR, 5 TAHUN JOKOWI = 30 TAHUN SOEHARTO + 10 TAHUN SBY emoticon-Smilie

MENDING JOKOWI emoticon-Smilie
SBY Periode 2004-2009

2005: 5,6%
2006: 5,5%
2007: 6,3%
2008: 6%
2009: 4,6%


SBY Periode 2009-2014
2010: 6,2%
2011: 6,2%
2012: 6%%
2013: 5,6%
2014: 5,02%


Jokowi 2014-2019
2015: 4,88%
2016: 5,02%
2017: 5,05% (proyeksi)

nah ini bagaimana emoticon-Malu
dongkrak teruss jok sampe lecet emoticon-Cape deeehh
Quote:


emoticon-Ngakak
ngemeng aja lo banyak

uiiii sengaja lo bangun di kota paling padat.

mumpung blom dimulai ayo cepat pindahkan. ini perintah
semoga aja semakin membaik
meningkat ato menurun,entahlah,sekarang angka 4 itu lebih besar drpd 6
enak ya modal ngeresmiin doang bisa asal di klaim sm cebong proyeknya, pdhl dr 5 tahun jokowi sendiri cmn 2% doang proyek yg baru jd, sisanya warisan semua.
Pertumbuham Ekonomi meningkat karena pembangunan merata itu TEORI NEGARA TIONGKOK dan HANYA BERHASIL DI TIONGKOK.

Banyak Negara lain didunia yang memaksakan pembangunan infrastruktur tanpa kajian untung rugi mendalam justru terjebak Hutang Permanen.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di