alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
permasalahan kiprok, aki, atau spul?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b470bc89e7404e54d8b4569/permasalahan-kiprok-aki-atau-spul

permasalahan kiprok, aki, atau spul?

saya punya motor r25 gan, motor kesayangan dari tahun 206. sebnernya gue angkat motor ini second condition hehe
oke langsung aja cerita nya gan..

jadi tahun lalu gue lagi pulang dari kampus terus tiba2 motor digas kaya gamau narik (fyi: gue disini belum pake voltmeter) lalu disitu klakson bunyinya kecil dan lampu redup2.. dan kemudian ga lama motornya mati total mulai dari speedometer sampai mesin juga. dan gue nelfon temen terdeket supaya bisa tolongin gue dilokasi.. gatau juga penyebabnya r25 gue kondisi macet waktu itu apa karena kepanasan atau apa..
setelah temen gue dateng ke lokasi motor gue di dorong terus dilepas kopling baru bisa nyala gan... tapi kalo gas nya dikendorin akan mati lagi, alhasil temen gue ngintilin gue sampe rumahemoticon-Wakaka

keesokan hari nya motor gue coba bawa ke yamaha terdekat untuk dilakukan operasi motor hehe...
disini gue tau kalo aki nya yang udh tekor yang harus diganti karena udah setahun lebih pemakaiannya.
-----------------------------------------------------------
5 bulan kemudian belum genap 1 tahun kejadian keulang lagi. tapi ada sedikit perbedaan disaat motor ane mau mati, yaitu ada indikator 46 pada speedo ane, yang bisa dibilang itu ada masalah di kelistrikan motor untungnya disini gue udah pake voltmeter untuk ngetahuin tegangan pada aki... disini posisi ane habis riding kepuncak dan di rayabogor ane tiba2 harus berenti dipinggir kemacetan karena ada lampu kuning gambar guci kecil nyala hehe, baru pertama kali gue ngerasaian motor lampu kuning di speedo itu nyala jadi kebawa panik, ga ada bengkel di sekitar, untung ada temen yg bisa nemenin di tengah kemacetan. setelah neduh alhasil tegangan aki naik ke 12 (normal 12-14) gue bawa jalan motor lagi tapi indikator kuning masih belum nyala... tiba2 indikator nya nyala lagi dan gue paksain karena nyari tempat yg enak buat berenti dan ga lama motor mati dengan sendirinya padahal lagi enak2 jalan... kira2 2 jam gue nunggu di indomaret sampe motor bisa adem.. setelah gue coba nyalain, ternyata r25 nya matot gbisa di starter. kemudian ane telfon temen ane lagi untuk dateng dan jumper aki ane... kemudian alhamdulillah bisa dan dibawa pulang. keesokan harinya ane bawa itu aki ke tukang cas aki buat di isi lagi gan heheh...ternyata kata kang aki nya masih bagus. malah kelewat bagus... angka nya main di 14.2 kalo dibawa jalan hehe..

dan 2 bulan setelah kejadian ane pulang dari kmapus dan kejadian nya sama lagi, indikator kuning nyala dan muncul kode 46 di spedo, dan voltmeter nunjukin angka dibawah 11.. dan ane coba berenti. nungguin motor adem bentar, dan lagi.. setelah 3 kali berenti. yang ketiga ini motor ane gamau nyala lagi. dan kebetulan didepan tkp ada tukang cas aki. dan gue dorong motor kedepan untuk di cas.. terus gue bilang ke abangnya kalo aki gue belum ada setahun, dan kemarin kejadian yg sama gue alamin kaya gini, terus


kata abangnya "coba mas di jumper dulu" alhasil tegangan di voltmeter gamau main di angka 13 gan, maksimal 12.1...
kejadian terakhir aki ane di jumper itu bisa dipake lagi. tapi sekrang beda dari kenyatannya hheheeemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Wink

selanjutnya tetep di jumper untuk bisa gue bawa kebengkel yamaha terdekat.
setelah di otak atik, my teknisi said that "biasanya kalo motor punya masalah di kelistrikan, yg diganti sepaket yaitu: spul, aki, kiprok kalo digant nya satu2 takutnya merembet lagi ke yang lain". sedangkan kalo ane baca2 spul itu jarang banget diganti hehe. 

untuk biaya nya:
kiprok 479.000
aki 500an kalo gasalah
spul 600an
kalo ditotal sehari bisa lebih 1 jt gan lumayan juga hehe


aki belum ada setahun, akhirnya ane coba ganti kiprok dulu. dan sembari aki nya dicas lagi sama kang montirnya.. alhamduillah motor sehat lagi. dan tegangan aki main di 13.8 gan...

kira2 masalahnya apa ya gan2 yang tau tentang beginian heheh.. mohon para suhu pencerahannya apa harus diganti semua atau bagaimana.. terima kasih salam kaskuseremoticon-Keep Posting Gan
(bisa bales di wa gan 0895350827362).
paling aman ganti kabel secara keseluruhan. kemudian cek 1 per 1 dari cdi, lampu, spedometer, dll


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di