alexa-tracking

Rupiah Lesu, Beban Produksi PLN Bengkak Hingga Rp10 Triliun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b470568d9d770981d8b4580/rupiah-lesu-beban-produksi-pln-bengkak-hingga-rp10-triliun
Rupiah Lesu, Beban Produksi PLN Bengkak Hingga Rp10 Triliun
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Perusahaan Listrk Negara (Persero) atau PLNmengaku beban biaya produksinya membengkak hingga lebih dari Rp10 triliun pada semester I 2018 karena pengaruh depresiasi rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), dan lonajakan harga minyak.

Direktur Utama PLN Sofyan Basyir menyebut sebagian besar pembengkakan biaya operasional berasal dari pelemahan nilai tukar rupiah, yakni mencapai Rp6 triliun. 

Pelemahan rupiah berdampak langsung pada harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan batu bara yang digunakan untuk pembangkit listrik. Ia bilang, setiap depresiasi Rp100 per dolar AS, biaya produksi PLN naik Rp1,3 triliun. 


Lihat juga:

 PLN Gunakan Setengah Dana PMN Aliri Listrik Indonesia Timur


Sebetulnya, rugi kurs pada semester pertama bisa menembus Rp7 triliun. Hanya saja, PLN berhemat sekitar Rp1 triliun setelah pemerintah memberlakukan kebijakan harga batu bara khusus bagi kebutuhan listrik sebesar US$70 per ton.

"Sejak kebijakan (pemenuhan batu bara untuk kebutuhan dalam negeri) domestic market obligation (DMO), sudah ada untung sekitar Rp100 miliar, dan Juni sudah tercatat Rp1,1 triliun. Jadi, rugi ya Rp6 koma sekian triliun," jelasnya di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu (11/7)

Makanya, ada kekhawatiran bahwa laba PLN akan tertekan lagi hingga akhir tahun. Terlebih, pemerintah juga tidak berencana untuk menaikkan tarif listrik.

Lihat juga:

 Investor Lobi Pemerintah Usai Rampungkan Skema Tax Holiday


Sebelumnya, kenaikan biaya produksi juga menekan laba PLN hingga 71,67 persen, dari Rp15,6 triliun pada 2015 menjadi hanya Rp4,42 triliun pada tahun lalu. 

"Sebenarnya, komponen kenaikan harga minyak, inflasi, batu bara, dan kurs ini masih bisa kami tahan. Tapi, laba kami terjun bebas," terang dia.

Di sisi lain, Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto mengatakan PLN sebetulnya masih membukukan laba operasional, kendati biaya kurs membengkak. Peluang mengurangi kerugian kurs masih bisa terjadi sampai sisa tahun ini karena kurs sifatnya fluktuatif.

Hanya saja, ia tak mau membeberkan nilai laba operasi pada semester I 2018. Hal itu, lanjut Sarwono, masih akan menunggu hasil audit dari auditor independen.

Lihat juga:

 ICW: Bisnis Batu Bara Rugikan Negara Rp133,6 Triliun


"Jadinya, yang paling utama itu bahwa kami masih punya laba operasi. Sudah itu saja. Kalau kurs itu kan naik turun saja, yang paling penting operasinya masih bagus," katanya.

Data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar rupiah sudah terdepresiasi 6,36 persen antara Januari hingga Juni. Hingga Selasa (11/7), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sudah mencapai Rp14.391 atau lebih tinggi dari asumsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yakni Rp13.400.(lav/bir)

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...a-rp10-triliun
prestasi jokowi emoticon-2 Jempol
udah jual aja PLN ke singapore kalau mau untung dan efisien emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip
KASKUS Ads
sekalian kurangin juga pegawainya dan bonus2 untuk manajemen yang gak perlu emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata
image-url-apps
Gak urus ama beban produksi pln emoticon-Ngakak

Yg penting bakso depan gang masih 10.000,- emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


@ts emang kalo gini om wowo otomatis jadi presiden gitu?
image-url-apps
ayo jual pln, garuda, dkk
Mau gimana juga bakal bilang merugi, entah PLN, Telkom, Pertamina, dll..
Dolar nanti turun juga bakal tetap merugi..
Dianggarkan bantuan juga bakal tetap merugi..
Pokoknya bakal rugi, rugi, rugi aja..
Tapi tetep kegiatan amal-charistas ga terganggu, dan selalu bisa jalan..
Entah ruginya disektor mana, pengeluaran apa yang dibengkakkan..
emoticon-Malu

BTW, kaum terbelakang mental yang kemarin pada tolak pembangunan PLTA kemana ya?
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Jual aja semuanya kalo rugi. emoticon-Big Grin
image-url-apps
Asyik bre.
image-url-apps
Rugi toh, alah biasa itu.emoticon-Hansip
ah lu kan udah pake hedging, tar klo dollar turun gak pernah ada berita PLN untung gara-gara nilai tukar emoticon-Wowcantik
yang penting bakso 10 rebu.
rupiah naek gak ngefek ke rakyat kecil

- ttd. nastak -
image-url-apps
Quote:


Hmm kalo untung nda jadi berita bre emoticon-Cool

nda rame
image-url-apps
kapan sih jokowi mikirin ekonomi? pemerintahan nya cm bisa pencitraan abis2in apbn dr hasil utang emoticon-Big Grin
biasanya kan pln kalau procurement apa2 sudah ada strategi hedgingnya, jadi mau dollar naik turun, pokoknya semua kontrak dipatok dengan nilai kurs fix yang sudah disepakati.....jadi kalau suatu saat dollar turun lagi ya pln untung berkali-kali lipat, ini yang gak pernah dieskpos media mainstream keparat di indon emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Ah manja bgt sih PLN emoticon-Mad ntar ada freeport loh dari pak Jokowi siap2 PLN dianak tirikan, kapokmu kapan emoticon-Mad
×