alexa-tracking

Pengalaman Investasi di KoinWorks, salah satu Peer to Peer Lending Terbesar di Indo

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b46cdeede2cf2805c8b4569/pengalaman-investasi-di-koinworks-salah-satu-peer-to-peer-lending-terbesar-di-indo
Pengalaman Investasi di KoinWorks, salah satu Peer to Peer Lending Terbesar di Indo
Apa itu Koinworks.com?
KoinWorks.com merupakan sebuah website peer-to-peer (P2P) lending, atau situs yang menemukan antara peminjam dan pendana. Koinworks berlaku sebagai marketplace perantara untuk mempertemukan kedua belah pihak tersebut. Konon, hal ini dapat memaksimalkan profit untuk pendana dan peminjam dibandingkan institusi bank karena memangkas biaya-biaya. Peminjam mungkin akan mendapatkan bunga pinjaman relatif lebih murah daripada bank, sementara pendana akan mendapatkan imbalan lebih besar karena Koinworks mengutip biayanya lebih sedikit daripada bank.

Hal ini sudah ada di Inggris atau United Kingdom sejak 2005 oleh Zopa lalu diikuti oleh beberapa situs-situs lain seperti Prosper di Amerika Serikat, dan LendingClub. Website-website tersebut masih bertahan dan mendapatkan profit. Sementara pendana dan peminjam pun diuntungkan dengan adanya website P2P tersebut.

Web ini bisa dijadikan untuk alternatif investasi kekinian.

Promo Gratis 50.000 Koin IDR

Seperti halnya perusahaan-perusahaan rintisan/startup lain, Koinworks.com memiliki program promo referral. Pemberi referral dan penerima referral akan mendapatkan gratis 50.000 (Lima Puluh Ribu) Koin IDR untuk dipinjamkan. Sebuah promo yang menarik kan? Ada embel-embelnya ga nih? Yuk, kita bahas...

Apa itu Koin di Koinworks.com?

Koin adalah uang milik Koinworks.com yang bisa kita pinjamkan kepada orang lain (peminjam) dan bunganya akan menjadi milik kita (pendana). Sementara pokok uangnya tetaplah milik Koinworks.com. Yuk, kita lihat ilustrasinya.

Si A mendapatkan Koin sebesar 500.000. Uang itu ia pinjamkan kepada orang lain dengan bunga 12% setahun selama 1 tahun. Maka setelah 1 tahun, A akan mendapatkan pengembalian 560.000. Koin sebesar 500.000 adalah milik Koinworks.com dan tidak bisa ditarik, namun uang sebesar Rp 60.000 yang merupakan imbal hasil dari peminjam dapat kita tarik ke rekening kita.

Menarik... Aman ga nih? Ada upload KTP segala.
Koinworks.com dioperasikan oleh PT Lunaria Annua Teknologi. Katanya sih mereka selalu konsultasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai P2P lending ini. Karena di Indonesia belum ada peraturan, mereka jadinya belum diawasi oleh OJK. Btw, kalau tahu mengenai UangTeman, pinjam.co.id, intinya sih mirip-mirip, tapi kalau situs2 tersebut dananya berasal dari kocek perusahaan, kalau Koinworks.com berasal dari user lain seperti kita.

Kalau tentang upload KTP, pendapat saya, mungkin karena butuh untuk masalah surat kuasa. Silahkan dicek dulu di https://koinworks.com/id/term_lender dan https://koinworks.com/id/letter_of_authority.

Bagaimana cara daftarnya?

Sangat disarankan menggunakan referral, karena Anda dan pemberi referral (saya.. hehe) akan sama-sama mendapatkan Koin sebesar 50.000 yang dapat digunakan sebagai modal pinjaman ke peminjam lain. Saya menyesal dulu tidak memakai referral ketika mendaftar. Saya sudah mencoba cari referral, tapi sayang ga nemu. Referral saya https://koinworks.com/invite/52010



Pengalaman Investasi di KoinWorks, salah satu Peer to Peer Lending Terbesar di Indo
Dashboard Koinworks. Sumber: Koinworks.com


Kok Bunga Mereka Untuk Peminjam Tinggi Sekali? Lintah Darat Ya?

Ooopppss.... tunggu dulu. Bunga yang Anda lihat di kolom bunga adalah bunga majemuknya. Yuk, kita lihat ilustrasinya.

Pengalaman Investasi di KoinWorks, salah satu Peer to Peer Lending Terbesar di Indo
Ilustrasi Koinworks.com. Sumber: koinworks.com

Jadi, kalau bunga yang tertera di kolom bunga itu 23,7%, sebenarnya peminjam bunganya cuma 1 % per bulan. Ga lintah darat kan? Bank juga sekitar 1% per bulan kan...

Apakah ini ... Riba?

Hehe, kalau udah bahas masalah agama, saya ga berani karena ga tahu juga.

Yang jelas, dana yang kita pinjamkan bisa kita atur akan dipinjamkan ke hal apa, misal dana untuk usaha. Usaha yang dimasukkan pun bukan sembarang usaha, pihak Koinworks.com telah melakukan pemeriksaan sebelumnya. Selain itu mereka bekerja sama dengan perusahaan lain untuk mencari peminjam, seperti Lazada, Tokopedia, dsb.

Jadi, uang yang kita pinjamkan akan bermanfaat bagi orang lain untuk pengembangan usaha mereka. Menurut saya pribadi, hal ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, meningkatkan taraf hidup peminjam, dsb. Apabila peminjam meninggal dunia, peminjam sudah di-cover asuransi jadi tidak akan ditanggung ahli waris. Selain itu kita sebagai pendana juga ga akan rugi.

Kalau peminjam kabur, tentunya pihak koinworks.com akan mengusahakan dulu untuk cari tahu. Tapi kalau beneran kabur, dana kita akan dicover oleh Koinworks.com melalui dana proteksi. Besar persentas proteksi tergantung pada besar imbal hasil kita.

Ingin tahu lebih?

Silahkan baca-baca bagian FAQ mereka di https://koinworks.com/id/education-center atau bisa thread diskusi sini.

EDIT: Btw ini thread tahun lalu, untuk promo terbaru, silahkan coba kunjungi link referral langsung.
image-url-apps
kita perlu depo juga gk bree?
image-url-apps
mampir jg gan ke thread ane
https://www.kaskus.co.id/show_post/5...e24bed7f8b4567
×