alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kehidupan Ganda Kaum Ateis di Indonesia
4.43 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b46223cddd770451f8b456a/kehidupan-ganda-kaum-ateis-di-indonesia

Kehidupan Ganda Kaum Ateis di Indonesia

Kehidupan Ganda Kaum Ateis di Indonesia

Menjalani kehidupan ganda dengan berpura-pura sebagai muslim seringkali menjadi satu-satunya pilihan buat kaum ateis di Indonesia. Tanpanya mereka terancam menjadi korban presekusi atau mendarat di bui.

Sebagai mahasiswi, Luna Atmowijoyo beribadah lima kali sehari, menolak berjabat tangan dengan pria yang bukan muhrim dan merasa "lebih fundamentalis" ketimbang kedua orangtuanya yang juga muslim. Namun satu dekade berselang, dia menanggalkan keislamannya dan hidup bersembunyi sebagai seorang ateis lantaran mengkhawatirkan penjara atau persekusi oleh kelompok garis keras.

Menjalani kehidupan ganda dengan berpura-pura sebagai muslim seringkali menjadi satu-satunya pilihan buat kaum ateis di Indonesia. Luna yang hidup bersama kedua orangtuanya misalnya masih mengenakan jilbab agar tidak memicu amarah sang ayah yang tidak mengetahui perubahan pada sang anak.

Padahal perjalanan Luna menuju ateisme diawali dengan hal-hal banal, seperti larangan berteman dengan non-muslim. "Banyak hal sederhana yang mulai mengganggu saya," kata perempuan berusia 30 tahun tersebut.

"Saya misalnya tidak boleh mengucapkan selamat Natal atau selamat hari raya Waisak."
Perlakuan buruk mayoritas muslim terhadap kaum LGBT juga menjadi masalah lain yang dihadapi Luna. Ketika perempuan yang pernah menjadi anggota sebuah partai Islam itu berusaha mendamaikan tafsir al-Quran dengan sains, dia mendapati diri meyakini sesuatu yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, bahwa Tuhan tidak ada.

Kritik agama adalah hal tabu di Indonesia dan tidak jarang berujung pada hukuman penjara. Belum lama ini seorang mahasiswa didakwa lantaran membandingkan Allah dan dewa-dewi Yunani di akun Facebook-nya. Ia juga mengatakan al-Quran tidak lebih nyata ketimbang buku novel. Kini sang mahasiswa terancam dibui selama lima tahun.

Namun begitu pemerintah menegaskan ateisme tidak ilegal sepanjang tidak dikemukakan di hadapan publik. "Jika yang bersangkutan menyebarluaskan faham tersebut, maka itu baru problematis," kata Abdurrahman Mas'ud, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Konservatisme agama yang kian mengakar setelah dua dekade kejatuhan Soeharto kerap menempatkan kaum minoritas sebagai bulan-bulanan politik. Seorang penganut Ateisme yang diwawancara AFP khawatir jika politisi populis mengalihkan perhatian khalayak kepada mereka. "Hal paling parah yang bisa terjadi di Indonesia adalah kami bisa dibunuh," kata seorang desainer grafis berusia 35 tahun yang dibesarkan dalam lingkungan Katholik. "Saya mengkhawatirkan keselamatan saya."

Terutama mereka yang sebelumnya menganut agama Islam terpaksa menjalani kehidupan ganda untuk menghindari masalah. "Selama mereka diam tidak akan ada banyak risiko," kata Timo Duile, Pakar Indonesia di Universitas Bonn yang mempelajari fenomena Ateisme di Indonesia. "Itu adalah alasan kenapa kebanyakan ateis selalu memilih tidak disebutkan namanya."
https://m.dw.com/id/kehidupan-ganda-...sia/a-44631649
Halaman 1 dari 7
ada hal positif dibalik meningkatnya konservatisme, intoleransi, persekusi dan demonstrasi massal di indoensia selama ini, yaitu makin banyak yg bijak, yg kebuka wawasan dan berpikir logis dgn melepas agama
emoticon-Big Grin
Diubah oleh hebatpart17
أستاجفيرولةemoticon-Kagets
Mitologinya aja banyak ngambil dari pagan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ampe segitunya sih, mo ateis ya ateis aja sih gan.
anggep aja ritual2 keagamaan yg bersifat umum sebagai sebuah budaya atau formalitas hidup bermasyarakat.
Kalau mau jadi ateis ya silahkan saja emoticon-Ngakak
Quote:


memang keadaannya seperti itu
didunia barat hampir setengah penduduknya tidak percaya adanya tuhan, tapi hampir semua orang sana masih melaksanakan tradisi natal.
mereka melaksanakan natal bukan karena percaya akan yesus itu tuhan, tapi lebih kepada kedekatan antar keluarga, dan meriahnya acara natal.
nah, tren seperti ini mulai marak di wilayah arab..
sudah banyak tuh survei dan penelitiannya
Quote:


Emang indon pinter2? Mau murtad langsung di asingkan emoticon-Stick Out Tongue
Kehidupan Ganda Kaum Ateis di IndonesiaKehidupan Ganda Kaum Ateis di Indonesia
lebaaaaayy...
ampe takut keselamatan terancam segala
kalo dari dulu indonesia disekulerkan
saya yakin gak akan ada orang indonesia yg memeluk islam
emoticon-Ngakak
makanya mui kebakaran jenggot kalo bicara sekulerisme.
penghayat di legalkan saja kemarin mui langsung protes
emoticon-Ngakak
banyak ateis yg takut demit di mari emoticon-Kagets
Terserah saja sih. Mo atheis mo kaga.
Tp menurut gw. Percaya Tuhan ga ada ruginya. Klo memang Tuhan tidak ada, no problem. Klo Tuhan itu ada. Ya mampuslah yang atheis.
Quote:


sebenarnya indonesia punya intelijensia atau IQ yg bisa bersaing dgn eropa dan asia timur.
karena dna orang indoensia juga lebih dekat dgn asia timur (china, korea, jepang) dibanding ras lain seperti arab, afrika atau india sono..

bahkan peringkat negara negara dgn iq tertinggi yg dirilis columbia university, indoensia jauh lebih tinggi dibanding negara negara arab dan asia selatan.. dan yg tertinggi ditempati asia timur dan eropa/amerika.

sayangnya mayoritas orang indo malah berkiblat kearab yg nyata nyata lebih bodoh dari indonesia.
ironis
emoticon-Big Grin
Quote:


ya pastilah kl bukan krn pedang sih ga yakin aje jd mayoritas



Sejak mendeklarasikan diri sebagai “Sultan Ngabdulkamid Erucakra Sayidin Panatagama Khalifat Rasulullah” pada Agustus 1825, Dipanagara menyerukan untuk membinasakan orang Belanda dan Cina di Tanah Jawa, jika mereka tidak bersedia menganut Islam
emoticon-Traveller
Agnostik...........................................................................................................................
Teisme.............................................................................................................................
Hormati pilihan orang....
emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Agan
kalau alasan ngateis karena takut jd islam radikal sih, ya itu ngateis sendiri juga bisa radikal (contohnya komunis, dibilang ateis sama kayak komunis pasti ngedumel) .. muslim yg humanis juga banyak .. risma, jokowi, RK, azwar anas, khofifah smuanya muslim taat dan fine2 aja, prestasinya bagus ..
tp semua terserah masing2 aja ..
:goyang :goyang :goyang
Quote:


Lu tau kan Atheis dilabelkan ke PKI di Indo?

Quote:


atheis jadi radikal gimana ceritanya?
Diubah oleh Riz2T
semoga makin banyak yg tidak beragama diindonesia biar maju ini negara
emoticon-I Love Indonesia
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di