alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
#SundulDunia Adakah Politik di Piala Dunia 2018?
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b46087998e31b38278b4570/sunduldunia-adakah-politik-di-piala-dunia-2018

#SundulDunia Adakah Politik di Piala Dunia 2018?

 #SundulDunia Adakah Politik di Piala Dunia 2018?


Halo selamat malam agan dan sistaa pengemar Club sepak bola dunia..
monggo baca dulu baru komentar emoticon-Big Grin

Piala dunia tentu selalu ditunggu oleh semua negara setiap empat tahun sekali. Nation anthem pun dilantunkan dengan khidmatnya dan penuh kebanggan oleh setiap negara.


Kita semua tahu, dari dulu sepak bola sangat berkaitan erat dengan politik, baik itu di negara kita sendiri maupun dunia. Kini, FIFA nggak segan-segan untuk memberikan sanksi bagi siapa saja yang membawa pesan politik ke dalam stadion. Meskipun begitu, bagi ane sangatlah tidak mungkin politik disingkirkan dari sepak bola, karena kepopuleran sepak bola sudah dari dulu dan mengakar di dunia . Sehingga tentu sudah menjadi bagian dari identitas politik untuk setiap negara.

 #SundulDunia Adakah Politik di Piala Dunia 2018?



Menilik kebelakang masih tahun 2018, Aksi selebrasi Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri, merayakan gol kemenangan Swiss atas Serbia. Mereka menyilangkan tangan didepan dada dengan dua jempol saling mengunci seperti membentuk simbol elang pada bendera Albania. FIFA pun menjatuhkan sanksi kepada mereka berupa denda. Karena mereka dianggap melakuka aksi provokasi politik.


Mundur lagi ke belakang, ke piala dunia tahun 86. Tentunya kita semua tahu tentang legenda Tangan Tuhan di tahun tersebut. Bagi rakyat Argentina Handball gol Maradona merupakan suatu pembalasan yang pantas buat mereka karena inggris sudah mengambil kepulauan Malvinas dari Argentina. Selain itu saat piala dunia sebelumnya digelar (tahun 1978), Presiden Jorge Videla menjadikan ajang piala dunia itu alat utuk mengampanyekan keberhasilan pemerintahan militer. Jadi, gimanapun caranya saat itu Argentina haruslah menang.


Kita mundur lagi ke Piala Dunia 1978. Sesuatu terjadi ketika Johan Cruyff pemain Belanda rela meninggalkan piala dunia 1978 tapa alasan yang jelas. Sampai tahun 2008 lalu dia membuka rahasianya. Bahwa saat dia lagi naik daun sebagai bintang piala dunia, dia dan keluarganya di todong dan disekap. Meski belum diketahui apa motif penculikannya, hal itu membuat dia parno dan memilih untuk meniggalkan clubnya demi keamanan keluarganya.

Masih di tahun yang sama, ada juga isu tentang adanya campur tangan politik atas kemenangan Argentina vs Peru. Junta militer mengirim jutaan ton gandum ke Peru, kemudian Peru menggantinya dengan kebobolan 6 gol.

Bukan hanya itu Piala dunia juga menjadi suatu wadah untuk membangkitkan semangat dan kenangan pada masalah-masalah dimasa lalu pada beberapa negara. Seperti saat orang Inggris dan Belanda masih saja sering menghubungkan pertandingan dengan kepahitan mereka di masa Perang Dunia II. Bahkan suporter Inggris punya lagu khusus yang judulnya “Two World Wars and One World Cup”. Dengan tujuan untuk membakar semangat para pemain. Lagu itu diadopsi dari lagu lain yang isinya tentang kemenangan Inggris atas Jerman pada Perang Dunia. Mereka berharap Lagu itu membuat semangat pemain semakin menggebu-gebu. Padahal lagu itu sudah dilarang oleh FIFA tapi tetap saja terkadang masih terdengar di berbagai laga diantara mereka.

Panasnya piala dunia juga tentunya dicampur tangani oleh Pers dan Media (sama aja ya .. wkwkw emoticon-Big Grin) contoh nya seperti artikel pada Daily Mirror ketika Piala Eropa 1996 yang judulnya “Achtung Surrender, Football War on Germany”. Meski pada ujungnya Pihak Tabloid meminta maaf.

Meski begitu di Piala Dunia 2018 ini masih aja ditemukan artikel yang bersifat Provokatif seperti artikel dengan judul “FIFA World Cup 2018: Can Germany’s Joachim Loew succeed where Adolf Hitler failed?”
(Bisakah Joachim Loew Jerman Berhasil Di Mana Adolf Hitler Gagal?)

 #SundulDunia Adakah Politik di Piala Dunia 2018?



Campur tangan politik bisa hadir dalam bentuk apa aja, seperti upaya para diktator, Politikus pemilik Club yang membeli hati para suporter untuk mengumpulkan suara, Artikel dari media sampai lagu-lagu yang dinyanyikan. Bahkan Lembaga tertinggi sepak bola juga nggak pernah lepas dari campuran politik. Seperti saat terbongkarnya pembelian suara tuan rumah piala dunia 2010 kemarin.

Kalo kata kolumnis terkemuka Tom Utley, “sepak bola hanyalah permainan belaka merupakan omong kosong yang paling memalukan. Sepak bola adalah sains dan seni. Ia adalah perang, drama, teror, sekaligus kegembiraan yang menjadi satu kesatuan.”

Bagi ane sendiri persepakbolaan tanpa politik masih menjadi sebuah tugas besar untuk FIFA di tahun-tahun mendatang. Agar tercipta olah raga kelas dunia yang sportif, murni, bersih dan suci.



Sekian aja thread dari ane .. mudah-mudahan bisa bermanfaat. terima kasih sampe jumpa lagi emoticon-Hai



jangan lupa
emoticon-Cendol Gan emoticon-Rate 5 Star
kalo gansis suka sama thread ane.
Diubah oleh: mangyudi79
Halaman 1 dari 4
save pertamax
 #SundulDunia Adakah Politik di Piala Dunia 2018?
Quote:


jadi malu di kedipin ronaldo... Duh. Salting deh...
gk ada emoticon-Malu
antara ada dan tiadaemoticon-Ngakak (S) emoticon-Toast
ada klo di indo yah emoticon-Motret
usa ga lolos sih, kan seru misal usa vs russia emoticon-Leh Uga
Selalu ada kemungkinan
Sepakbola akan selalu bersinggungan dengan politik gan. Kecuali sepakbola Indonesia, tidak bersinggungan tapi ditunggangi emoticon-Malu
Hmmm...
pasti ada
Caption shaqiri and xhaka :
"We did it broh"
Penggila bolaemoticon-Hammer2
 “sepak bola hanyalah permainan belaka merupakan omong kosong yang paling memalukan. Sepak bola adalah sains dan seni. Ia adalah perang, drama, teror, sekaligus kegembiraan yang menjadi satu kesatuan"
Bener jg sih gan..emoticon-Jempol
Miris...dipuja para supporter tapi dipake bahan politik bagi mereka yang berkepentingan
apa aja bisa dipolitikin gan


Quote:
Diubah oleh masbojes
politik selalu ada di setiap manusia bernafas
Blm tau deh, kynya sih ga adaemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Semoga aja gk ada isu pengaturam skor
mungkin ada
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di