alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Soal Uang Panai' untuk Perempuan Bugis, Begini Pendapat Nur Zhafira
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b45f855d89b09e26c8b4597/soal-uang-panai-untuk-perempuan-bugis-begini-pendapat-nur-zhafira

Soal Uang Panai' untuk Perempuan Bugis, Begini Pendapat Nur Zhafira

Soal Uang Panai' untuk Perempuan Bugis, Begini Pendapat Nur Zhafira

Rabu, 31 Januari 2018 11:08

    

Soal Uang Panai' untuk Perempuan Bugis, Begini Pendapat Nur Zhafira


Laporan Wartawan Tribun Timur, Sukmawati Ibrahim

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-- Girls, bagi perempuan Bugis Sulawesi Selatan tentu tidak asing lagi dong dengan istilah'Uang Panai' atau dikenal sebagai uang belanja untuk pengantin mempelai perempuan yang diberikan pihak laki-laki.

Karna uang panai ini adalah tradisi adat yang sudah ada sejak dulu hingga saat ini
Namun sayang, uang panai terkadang menjadi beban lho bagi pihak laki-laki, secara nilainya tidak sedikit Gan. Mulai puluhan juta, sampai ratusan hingga milyaran rupiah.

Nah jumlah tersebut di sesuaikan dengan kelas atau strata perempuan. Mulai dari kecantikan, keturunan bangsawan, pendidikan, hingga pekerjaannya.

Makin ke sini, budaya uang panai mahal makin mencekik kaum laki-laki saja, namun karena telah menjadi budaya tentu sulit untuk dihilangkan. Tergantung dari pihak keluarga masing-masing.

Seperti yang dikatakan mahasiswi Universitas Muslim Indonesia (UMI),
Nur Zhafira Masita.

"Kalau menurut saya tergantung sih. Tergantung dalam artian dari orang tuanya atau mungkin dari profesi calon yang mau dinikahi kak. Kalo soal idealnya berapa uang panai, saya belum tahu karena seiring berjalannya waktu apa-apa pada naik , makanya biaya nikah pun naik," katanya, Rabu (31/1/2018).

Menurutnya, jika banyak viral karena uang panaik tinggi, semua bergantung dari kesanggupan pihak laki-laki.

"Apalagi memang kan sesuai adatji juga, jika ingin pesta besar tentu uang panaik harus tinggi. Pokoknya tergantung dari orangnya dan tergantung kondisi," lanjutnya.


Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Enakan perempuan bugil gan.
Utk para jones gak usah kawatir.....masih banyak perempuan yg cantik dan berbudi dari suku lain di indonesia, yg gak mewajibkan mahar yg mencekik leher utk menikah.... emoticon-Jempol
Diubah oleh kruingputih3
yaelah masih banyak juga kalee perempuan dari suku lain yg cantik, pendidikan tinggi, dan sederhana gak neko2. Bayangin aje ente udah bayar uang maharnya tinggi trus tu cewek kagak bisa ngapa2in, cuman tau hapean wae ama tik tok an, apa kagak mati duluan ente, jadi para jones dont worry be happy, banyak kok cewek2 yg kagak banyak tuntutanemoticon-Shakehand2
Budaya matrelialistis.
Tapi wajar sih,tarif WP yg muda, cantik n seksi jg lebih mahal dibanding WP yg STW kan..ada harga ada rupa..wkwkwk..
Quote:


Ane setubuh sama masghan, sundul ah emoticon-Sundulemoticon-Sundul
Gara2 mahar kecil, pacar ade ane ditikung sama yg bermobil...emoticon-Frown
Quote:


org sono yg penting mah duit gan, udah bayar mahar ratusan juta eh ternyata udah kagak periwin, malah lebih apes lagi gan😁

Jadi ingat temen ane, udah maharnya mahal,ngumpulin duit setengah mati ternyata si cewek piala bergilir, tau2 hamil SM cowok laen emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh yudhisedit
yaa namanyaa juga adat dan kebudayaan
Quote:


Pacar saudara ane org Borneo gan, bukan Sulawesi/bugis. Cuman kejadiannya ya kya gt deh. Camer dia nuntut yg banyak maharnya, karena si anaknya tadi S1 bukan SMA ato SMP. Tapi apa daya keluarga gak kuat biayain. Endingnya ya gagal nikah trus hadiah wkt tunangan dulu dikembalikan lagi... emoticon-Frown
repot ya emoticon-Ngakak
ane pernah di makassar dan sempet ngobrol soal uang panai emoticon-Takut untuk seorang maaf buruh umr, dia bilang habis 50an jt, ada manajer yg cerita dia keluarin 200an jt emoticon-Matabelo trus katanya kalau kurang dana biasanya laki bugis disana kimpoi sama gadis jawa
Diubah oleh bawel69
Quote:


Memang demikian gan, karena di dunia ini banyak yang ringan saja. Tidak perlu yang mahal-mahal untuk menikah. Mahar semampunya saja dan carilah yang sederhana saja.
Lama lama kaga laku tuh perempuan dari suku tersebut atau paling banter jadi nikah siri dan simpanan. Coz yang di butuhkan cuma uang, bukan kasih sayang dan semangat membangun keluarga bersama sama dalam susah dan senang
emoticon-Leh Uga
mau nanya gan tuh duit tar ke si cewe apa keluarganya? emoticon-Bingung
Quote:


kamu tau aja deh beib emoticon-Betty
Quote:


kebanyakan ke keluarga nya gan
Quote:


owalah. susah juga kalau gitu ya. bisa bisa tar disana cewe ga laku emoticon-Bingung
Quote:


gampang gan, ada temanku dulu di mintain mahar lumayan mahal, caranya di hamilinn duluan aja. 😁
Quote:


waduh gabole gan dosa emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


hahaha
cuma saran gan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di