alexa-tracking

Jubir PSI Heran Prabowo Tak Paham Good Debt dan Bad Debt

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b45f067dac13e38608b4568/jubir-psi-heran-prabowo-tak-paham-good-debt-dan-bad-debt
Jubir PSI Heran Prabowo Tak Paham Good Debt dan Bad Debt
Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bidang kepemudaan, Dedek Prayudi mengaku prihatin atas kekeliruan Prabowo Subianto. Politisi muda yang kerap disapa Uki ini menilai orasi Prabowo yang menyebutkan bahwa negeri ini hidup dari utang adalah pemahaman yang kurang tepat.

"Saya hanya terkejut melihat bagaimana politisi sekelas Pak Prabowo Subianto tidak memiliki pemahaman cukup soal menilai sehat tidaknya keuangan negara dilihat dari utang. Beliau juga mengambil contoh yang salah dengan menganalogikan peruntukan utang negara dengan ibu-ibu membeli sayur untuk dikonsumsi sehari-hari," kata Uki dalam keterangannya, Senin (9/7/2018).

Uki menambahkan, bahwa utang dapat dikategorikan utang baik (good debt) dan utang tidak baik (bad debt).

"Saya heran, Pak Prabowo Subianto yang dikenal suka membaca tidak paham perbedaan good debt dan bad debt," ujar Uki.

Lebih lanjut, Uki menjelaskan bahwa good debt adalah pinjaman untuk membiayai hal-hal yang menggerakkan roda ekonomi lebih cepat dan besar lagi ke depannya.

"Misalnya pembangunan fasilitas dan sarana publik seperti pembangkit listrik, jalanan, bendungan maupun bandara yang manfaatnya dirasakan rakyat untuk menunjang produktivitas baik secara langsung maupun secara multiplier effect," terang Uki.

Dia juga menyinggung soal meningkatnya total nilai aset BUMN dan Produk Domestik Bruto Indonesia sebagai indikator naiknya produktivitas Indonesia.

"BUMN kita sebagai salah satu mesin produktivitas bangsa juga mengalami kenaikan nilai aset sekitar Rp 2.700 triliun (60%) dan PDB bangsa ini secara umum meningkat sekitar Rp 3.000 triliun sejak Jokowi dilantik hingga hari ini dan akan lebih cepat lagi nanti seiring rampungnya pengerjaan proyek-proyek infrastruktur," lanjut Uki.

Sedangkan utang buruk atau bad debt adalah utang untuk hal-hal konsumtif atau borrow money to spend money. Seperti membeli beras, sayur maupun bantuan tunai yang tak mendorong produktivitas bangsa.

"Ini justru cenderung membuat kita malas," lanjut Uki.

Uki memahami posisi Prabowo yang berada dalam gerbong oposisi. Namun begitu, pengawasan terhadap pemerintahan juga harus dilengkapi dengan data yang kuat.

"Betul, oposisi harus terus mengawasi dan mengoreksi pemerintah, tapi bukan menyinyiri dengan membuat analogi asal dikena-kenain supaya menang pemilu 2019," ketus mantan peneliti kebijakan United Nations Population Fund ini.

https://www.liputan6.com/news/read/3...t-dan-bad-debt

Wawasan bowo cetek amat. Semua negara juga ngutang ribuan trilyun guna membiayai pembangunan/menggerakkan ekonomi.
seperti bank dgn tabungan nasabah.. dikelola agar aset bank tumbuh dan profit.

Kalo ga ngutang mana bisa membangun?
mana bisa PDB meningkat dari 9000T menjadi 14.000T dlm tempo 3 tahun terakhir, aset bumn dari 4500 jadi 7200T dlm tempo 3 tahun, dsb

Jubir PSI Heran Prabowo Tak Paham Good Debt dan Bad Debt

Jubir PSI Heran Prabowo Tak Paham Good Debt dan Bad Debt

10 bank besar Indonesia raup laba Rp 41,8 triliun akhir Mei 2018
Minggu, 08 Juli 2018 / 13:57 WIB

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 10 bank besar di Indonesia mencatat laba bersih Rp 41,8 triliun di akhir Mei 2018. Perolehan ini lebih tinggi 11,3% dibanding Mei 2017 atau year on year (yoy).
Sepuluh bank besar yang masuk dalam perhitungan kontan.co.id ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI).
Selain itu, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Pan Indonesia Tbk (Bank Panin), PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, dan PT Bank Danamon Tbk.
Urutan bank besar ini didasarkan pada total aset bank saja atau bank only. Data kinerja 10 bank besar ini diambil dari laporan keuangan bulanan masing-masing bank.
Berdasarkan catatan kontan.co.id, laba bersih 10 bank besar ini salah satunya didorong oleh efisiensi yang dilakukan. Hal ini dicerminkan dari biaya operasional bukan bunga bersih yang turun 2,7% menjadi Rp 46,1 triliun.
Sedangkan pendapatan bunga bersih bank tumbuh 3,9% menjadi Rp 99 triliun. Dari sisi fungsi intermediasi, sampai Mei 2018, penyaluran kredit 10 bank besar mengalami kenaikan 11,3% menjadi Rp 3.077 triliun.
Sebagai gambaran saja, pangsa pasar kredit 10 bank besar ini jika dibandingkan dengan total kredit industri perbankan adalah 62,7%.
Dari penyaluran kredit ini bank menganggarkan cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN) untuk kredit bermasalah sebesar Rp 111,7 triliun atau turun 0,9% yoy.
Dengan realisasi kinerja ini, per Mei 2018, 10 bank besar ini mencatat kenaikan aset sebesar 10,6% yoy menjadi Rp 4.693 triliun.

https://keuangan.kontan.co.id/news/10-bank-besar-indonesia-raup-laba-rp-418-triliun-akhir-mei-2018
image-url-apps
Quote:

image-url-apps
Gak boleh ngutang gan!
Kalau ngemis sumbangan boleh...


Tarik mang!

Jubir PSI Heran Prabowo Tak Paham Good Debt dan Bad Debt
KASKUS Ads
image-url-apps
Prabowo cm taunya utang gaji emoticon-Ngakak (S)
waduh bang bowok dihajar sama politisi muda bau kencur ...... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
image-url-apps
tapi 70% milik asing, sama aja boong
negara masih tahap berkembang kayak gini, hutang untuk bangun infrastruktur itu masih perlu, untung aja janji kampanye soal ini dlu gk dilaksanakan, daripada sok2 gk mau ngutang. gk ada perkembangannya negara ini
image-url-apps
itungan ekonomi sehat itu bisa diindikatorkan dengan harga rupiah terhadap dolar kah ??
image-url-apps
Quote:


ya ngutang kalau afa hasilnya dan ada manfaatnya gpp, toh karena hutang banyak pengusaha memulai atau mengembangkan bisnisnya
image-url-apps
Quote:


Astaga, gpp ngemis yang penting gak ngutang emoticon-Kagets
image-url-apps
oposisi mudengnya gudpren n badpren
image-url-apps
Quote:


Ngemis sumbangan untuk partai
bisa membuat kaya raya,
tanpa ada kewajiban melunasi! emoticon-Ultah
image-url-apps
Quote:


Cepet bener udah addict aja pun.

Jubir PSI Heran Prabowo Tak Paham Good Debt dan Bad Debt
image-url-apps
Kalo ngutang gak baik...
coba seluruh pengusaha, gak boleh pinjem ke bank...
seluruh rakyat gak boleh kredit...
Insya Allah, Indonesia balik lagi ke zaman majapahit..
image-url-apps
Quote:


Hushh, rahasia jangan diumbar emoticon-Kagets
image-url-apps
Quote:


klo masalah jaran goyang emang wowo ahlinya emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Ohh iya lupa. emoticon-Shutup
image-url-apps
Quote:


Antara setuju dan gasetuju.

Smua selesai dalam satu periode(5th) apa yakin tdk bermasalah kedepannya?

Uang jor2an sampai2 cashflow bumn konstruksi mines semua. Kdg tdk bijak "memaksa" show off kalau kita mampu, pdhl deep down kita tdk mampu(fact; proyek semuanya ngutang).

Hasilnya bisa dilihat sih, harga2 bahan pokok slama 5 taun lumayan naik signifikan. Dan yg kemarin2 agak ketolong krn harga oil/barrel jg tdk naik dan tdk ada sentimen negatif dr global.

Namun lihat tuh, disentil perang dagang(which by far sangat tdk ada apa2nya dibanding krisglobal 2008), dan oil/barrel mulai naik. Rupiah lgsg keok dimata valas. Walaupun efeknya tdk instant, yakin deh efek dominonya bakal kerasa mulai akhir taun-taun depan.

Menurut sy lebih bijak, kalau infra memang dijadikan jangka panjang, siapapun presidennya proyek infra tetap jalan sesuai masterplan.


Semoga tdk ada the next Indosit lagi yg tiba2 dijual demi nutupi utang dan kedepannya aman2 saja. Namanya juga rakyat, bisa apa lagi kecuali berharap. Hehe
image-url-apps
berarti kalau dulu pas kampanye ada yg ngomong akan stop utang luar negeri apa dong.

goblok apa dongok ????
image-url-apps
salah siapa berjanji saat pilpres?
×