alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pil Pahit untuk Jakarta Bernama Sistem Ganjil Genap
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b45ec02d9d770ec038b457a/pil-pahit-untuk-jakarta-bernama-sistem-ganjil-genap

Pil Pahit untuk Jakarta Bernama Sistem Ganjil Genap

Jakarta, CNN Indonesia -- Perluasan sistem ganjil genap yang dilakukan pemerintah provinsi DKI saat Asian Games diibaratkan sebagai pil pahit yang harus ditelan warga ibu kota.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah melakukan uji coba perluasan sistem ganjil genap jelang Asian Games 2018. Sistem ini dinilai perlu dievaluasi kembali agar memberi bisa berdampak pada pengurangan kemacetan.

Kawasan yang diperluas meliputi ruas Jalan Rasuna Said, Metro Pondok Indah, Haji Benyamin Sueb, MT Haryono, dan D.I. Panjaitan.

Uji coba ini bakal berlaku dari Senin sampai Minggu selama Juli, mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. Aturan ini akan diterapkan secara resmi selama perhelatan Asian Games pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Selama uji coba, tak sedikit masyarakat khususnya pengendara roda empat atau lebih yang mengeluhkan aturan ini. Apalagi aturan tersebut juga berlaku hingga akhir pekan.

Tuai Kritik

Perluasan sistem ganjil-genap menuai sejumlah kritik. Pemerintah dinilai tidak siap untuk memberlakukan perluasan ganjil-genap.

Guru Besar Transportasi Universitas Gadjah Mada Danang Parikesit mengatakan penerapan ganjil genap dalam rangka Asian Games mestinya disiapkan sejak jauh hari. Hal ini diyakini akan mampu menekan kritik dari masyarakat.

"Sebenarnya yang mau diamankan itu kan rute atlet ke venue atau menteri yang mungkin mau lihat mereka bertanding. Ini harusnya sudah diatur sejak jauh hari agar masyarakat tahu kalau ada rute yang diutamakan," ujar Danang kepada CNNIndonesia.com.

Ia membandingkan dengan pelaksanaan olimpiade olahraga di negara lain beberapa tahun lalu. Menurutnya, manajemen lalu lintas untuk pesta olahraga itu telah disiapkan sejak setahun sebelumnya. Sementara perluasan ganjil genap di Jakarta terkesan mendadak mengingat pelaksanaan Asian Games tak kurang dari dua bulan lagi.

"Kalau sekarang jangka pendek memang harus dievaluasi dulu, apakah betul-betul memberi dampak mengurangi kepadatan koridor yang akan digunakan atlet," katanya.

Ketua Dewan Pakar Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) ini juga pesimistis pemberlakuan ganjil genap akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan umum.

Menurutnya, masyarakat akan cenderung mencari rute alternatif maupun menggunakan transportasi online atau daring seperti ojek online maupun taksi online. Pada akhirnya kemacetan berpindah ke rute-rute alternatif.

"Kalau mereka pindah moda, kemungkinan pakai layanan online. Ini yang akan terjadi dalam jangka pendek. Kalau kemudian pakai angkutan umum saya rasa masih sangat jauh itu," ucap Danang.

Di sisi lain, lanjut Danang, Pemprov DKI juga harus mengkaji ulang jika ingin memperpanjang penerapan ganjil genap usai pelaksanaan Asian Games.

"Kalau saat Asian Games kan tujuannya melancarkan arus para atlet, tentu polanya dengan masyarakat umum berbeda. Perlu dievaluasi bagaimana dampaknya, kalau lewat rute alternatif memungkinkan tidak," katanya.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...m-ganjil-genap

Kurang persiapan/sosialisasi. asik kungker2an..
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
memang dari pada pil pahit mendingan pil asu
kasian ya warganya
Kali2 penguasa atpm hrs digoyang. Drpd bikin macet emoticon-Mad
bikin lancar yg jelas gan, ini kan ide-nya ahok bwt asian games
harus punya dua kendaraan...
biar lancar...

Kalau ana kok malah merasa sosialisasi yang dilakukan pemda dki sudah sangat tepat, ana pribadi sangat mendukung kebijakan ini, kita sebagai warga dki ini tuan rumah pesta olahraga terbesar di asia dan ini kesempatan yang sangat jarang terjadi, maka dari itu kita perlu dong berkorban sedikit
Quote:


ngimpi emoticon-Ngakak
kayaknya taktik kadir nih biar penyelenggaraan kacau, kan endingnya jokowi jg yg salah Pil Pahit untuk Jakarta Bernama Sistem Ganjil Genap
Quote:


dari jaman ahok gan, hahaha
ane malah ngarepnya CFD diperluas radiusnya tiap libur
Ganjil genap cuma buying time asian games doang. Ntar pada beli mobil lagi yang ada tambah parah stucknya
pil koplo pil kada pil tai
di otak mini.nastaik ganjil genap.katanya ga efektif
krna orang bisa beli mobil.lgi

di kira dpt plat nomor bisa di request blom lgi kena pajak progresif


wlwpun ane punya mobil ane dukung ini

24 jam n di seluruh wilayah dki juga gpp

biar ga macet banget

apalgi klo pulang gawe sore ke arah kokas

macetnye gile bener emoticon-Hammer2



mantep dah idenya ahok, sayang warganya tolol semua, ndoromuda contohnya emoticon-Embarrassment
Pil Pahit untuk Jakarta Bernama Sistem Ganjil Genap
yang berani ngakalin bakal tukar plat nomor tiap hari tuh biar aman
Pil Pahit untuk Jakarta Bernama Sistem Ganjil Genap
Nasbung mana peduli
Wong pada pake motor emoticon-Ngakak
Otaknya ganjil sih. jadi gk ngerti buat yg ginian emoticon-Malu (S)
Quote:


Harus kaya biar punya dua kendaraan.
ane dukung lah ganjil genap.. kalo perlu jalur angkot juga ganjil genap, tar juga biasa awalanya kaget maklum kan masih perawan emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di