alexa-tracking

Pendaftaran caleg sepi cermin buruknya kaderisasi politik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b45e15c1a997554388b458b/pendaftaran-caleg-sepi-cermin-buruknya-kaderisasi-politik
Pendaftaran caleg sepi cermin buruknya kaderisasi politik
Pendaftaran caleg sepi cermin buruknya kaderisasi politik
Komisioner KPU, Hasyim Asyari (kiri) memantau pendaftaran bakal caleg DPR RI di KPU RI, Jakarta, Rabu (4/7/2018). Sudah sepekan dibuka, pendaftaran caleg masih sepi.
Sudah sepekan KPU membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg), namun hingga Rabu (11/7/2018) masih sepi.

Ketua KPU Arief Budiman, dalam laporannya kepada Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menyatakan, sejak dibuka Rabu (4/7/2018) lalu, sampai hari ke-8 belum satupun partai politik (parpol) yang mendaftarkan caleg DPR RI ke KPU.

“Kami juga laporkan bahwa sampai dengan hari ini, hari ke-8 dari total 14 hari yang disediakan untuk pendaftaran bakal calon, itu belum satupun partai politik mendaftarkan ke KPU RI untuk calon DPR RI,” kata Arief , di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/7/2018), seperti dikutip dari Setkab.go.id.

Maka, menurut Arief, Jokowi menyerukan agar parpol-parpol peserta pemilu segera mendaftar lebih awal. Tanpa harus menunggu mendekati tenggat.

Pengamat politik dari PARA Syndicate, Ari Nurcahyo menilai, pendaftaran caleg sudah biasa menjelang batas waktu terakhir. Pada pendaftaran caleg di Jawa Barat, 5 tahun lalu, 9 parpol baru ramai-ramai mendaftar di hari terakhir.

“Partai (partai politik) memang tidak pernah secara matang menyiapkan sistem rekrutmen dan kaderisasi berjenjang untuk menyiapkan para bakal calegnya,” ujar Ari kepada Kompas.com, Selasa (10/7/2018). Alhasil, saat pendaftaran caleg, parpol cenderung memilih jalan pintas, memilih caleg yang siap modal.

Menurut Ari, parpol cenderung dikendalikan oleh pertimbangan pragmatis untuk mengusung caleg yang siap modal dan siap menang. Penjaringan caleg di internal parpol rentan akan praktik transaksional. “Penjaringan caleg di internal partai sudah biasa melewati seleksi di lorong gelap yang rentan terhadap praktik transaksional, bukan seleksi secara transparan dan akuntabel,” kata dia.

Ari menilai sistem seleksi politik nasional harus dibenahi, dan kaderisasi mesti dilakukan oleh parpol.

Senada dengan Ari, dosen Fisip Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Jericho Pombengi menilai, kurangnya sosialisasi dan adanya trauma dengan mahar politik turut berperan dalam kondisi ini.

Jericho menilai, parpol harus lebih transparan lagi dalam rekrutmen politik, dan usahakan untuk mempertimbangkan kualitas caleg tersebut.

Sebab, ada saatnya caleg yang memiliki integritas dan kapabilitas yang mumpuni. Tapi secara finansial tak mampu. Sehingga membuat caleg tertinggal dengan yang mapan finansialnya.

"Fenomena ini menunjukkan bahwa masyarakat trauma untuk mendaftarkan diri menjadi caleg, karena persoalan-persoalan yang melilit demokrasi di Indonesia," ujar Pombengi, seperti dinukil dari Tribun Manado, Senin (9/7/2018).

Rekrutmen dengan ongkos mahal ini, membuat ongkos politik mahal. KPK, kini tengah mencari cara untuk menekan praktik mahar ini.

Komisioner KPK Alexander Marwata, April lalu menyatakan, anggota DPR dan DPRD menempati urutan ketiga terbesar sebagai pejabat publik yang melakukan korupsi.

"Trennya anggota DPRD melakukan korupsi secara berjamaah, inginnya semua kebagian, seperti yang terjadi di Sumatera Utara dan Malang," kata Alexander.

Maka, KPK mengusulkan pemerintah membantu pendanaan politik, sehingga akan terjaring calon yang benar-benar berkualitas.

Pemerintah sudah menyetujui menaikkan dana bantuan buat partai politik sebesar 9,25 kali lipat. Dari awalnya Rp108 per suara menjadi Rp1.000 per suara.
Pendaftaran caleg sepi cermin buruknya kaderisasi politik


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...risasi-politik

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pendaftaran caleg sepi cermin buruknya kaderisasi politik IHSG ditutup di zona hijau

- Pendaftaran caleg sepi cermin buruknya kaderisasi politik Hindari perang dagang, pemerintah lobi AS lewat diplomasi

- Pendaftaran caleg sepi cermin buruknya kaderisasi politik Indonesia masuk daftar 10 negara teraman di dunia

×