alexa-tracking

Tak Ada APBN-P, Indef: Masyarakat Tidak Bisa Pantau Anggaran Negara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b45e058a09a394a2d8b457f/tak-ada-apbn-p-indef-masyarakat-tidak-bisa-pantau-anggaran-negara
Tak Ada APBN-P, Indef: Masyarakat Tidak Bisa Pantau Anggaran Negara
JAKARTA, iNews.id – Pemerintah memutuskan tidak menyiapkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2018. Pasalnya, hingga semester pertama tahun ini realisasi APBN 2018 dinilai masih berjalan dengan baik.

Namun, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, tanpa adanya penyesuaian maka masyarakat tidak dapat memantau perubahan alokasi APBN. Sebab, dengan asumsi makro yang sudah meleset jauh dari segala aspek, maka akan berimbas pada perubahan pos anggaran.

"Alasan pemerintah sih karena tahun politik DPR-nya sibuk dan takut tidak kuorum forum APBN-nya. Harusnya jangan dijadikan alasan karena APBN kalau angkanya jauh berubah bisa menurunkan kredibilitas pengelolaan anggaran," ujarnya saat dihubungi iNews.id, Selasa (10/7/2018).

Selain itu, DPR memiliki fungsi pengawasan yang penting agar alokasi subsidi dapat dipertanggungjawabkan jika sewaktu-waktu subsidi diperlukan untuk ditambah. "Kalau tanpa APBN-P gimana masyarakat bisa memantau perubahan alokasi APBN," ucapnya.

Ia melanjutkan, jika APBN diubah justru akan menambah kredibilitas anggaran. Dalam asumsi makro, pemerintah menetapkan pertumbuhan ekonomi berada di level 5,4 persen. Namun, jika ternyata dalam realisasi hanya 5,1 persen alias tidak diubah tentu akan membuat pasar mempertanyakan kredibilitas pemerintah.

"Ini yang buat rupiah melemah sekarang karena target dan realisasinya mulai melebar. Akhirnya investor pergi dari Indonesia," tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah menilai postur APBN 2018 cukup baik dan tidak mengalami deviasi yang besar dari sisi jumlah penerimaan negara dan jumlah belanja negara. Sementara, defisit lebih kecil dari yang direncanakan dari semula 2,19 persen menjadi 2,12 persen.

“Maka Bapak Presiden menyampaikan bahwa untuk APBN 2018 ini tidak melakukan APBN perubahan,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, dalam keterangan Setkab, Selasa (10/7/2018).

Menkeu berjanji akan menyampaikan kepada DPR RI arahan Presiden Joko Widodo tersebut, untuk tidak melakukan pembahasan terhadap kemungkinan perubahan APBN 2018.

https://www.inews.id/finance/read/17...ggaran-negara#

Ini apakah sama dengan arahan supaya harga beras tetap rendah yang membuat Pak Darmin pusing?
image-url-apps
ohh itu alasan nya. kalau urusan nganu mereka emang jagonya
image-url-apps
jadi gini.. atur dah

leh uga
Tak Ada APBN-P, Indef: Masyarakat Tidak Bisa Pantau Anggaran Negara
KASKUS Ads
image-url-apps
Emang ga bisa dipantau? Kl ga berubah APBN nya terus anggaran jadi disembunyikan?

Aneh aneh aja.
Quote:


kemungkinan melihat dari asumsi nya ...

apbn asumsi dollar nya 13.400.... sementara nilai riil nya sdh ....
asumsi harga minyak ... apbn sekian .... harga dunia sdh ....

bagaimana mengatasi selisih nya ...



image-url-apps
Kan bisa dihitung dan akan ada nota keuangan yg bisa dilihat. Disini artinya pemerintah punya keyakinan
image-url-apps
Yang kayak gini masih ada yang belain? Entah dimana otak dan nurani nya.
tujuannya apa sih ? gk mudeng emoticon-Bingung (S)

APBN-P itu untuk memasukkan kegiatan baru
berarti gk ada proyek baru ?
trus PNS baru gk digaji ?
pemenang pilkada trus nasibnya gimana ?
dapet lungsuran kolor bupati / gubernur sebelumnya ? emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Quote:


jawaban dari pertanyaan ente ada di atas
image-url-apps
aduh sengaja bener gk di rubah biar duit tilep menilepnya gk ketauan ya?? maling aji mumpung megang jabatan tertinggi di negara ini, kader PDI-P mana ada yg gk korupsi apalagi cuma petugas partai

emoticon-Leh Uga
Quote:


kalo asumsi harga minyak dan US$ emang slalu dibawah harga pasar brey

pemerintah sekarang emang kocak emoticon-Ngakak (S) slalu ingin tampil, beda

liat aja ntar bakal kacau banyak belanja yg tidak ada anggarannya
image-url-apps
Quote:

Maksudnya gmn bikin asumsi dibawah harga pasar? Kayak bikin asumsi hpp tapi harga2nya bahan baku dibawah standar gt?
Quote:


waktu sby harga minyak dunia hampir US$100 di APBN cuma US$64 kalo gk salah

kalo sekarang gk tau berapa asumsi harga minyak APBN

kayaknya bukan cuma di indonesia aja
image-url-apps
Quote:


Logika gw ga nyampe klo model bikin asumsi kayak gitu ,berhubung gw swasta kalo bikin hpp pasti agak gw up dulu buat jagain hal2 ga terduga emoticon-Big Grin
×