alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Perlintasan Utama Barang di Jalur Gaza Ditutup Israel
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b45ce5cdc06bdfa7c8b457c/perlintasan-utama-barang-di-jalur-gaza-ditutup-israel

Perlintasan Utama Barang di Jalur Gaza Ditutup Israel

Perlintasan Utama Barang di Jalur Gaza Ditutup Israel
Aksi Israel menutup perlintasan barang di Jalur Gaza(Foto: Reuters)


Jakarta – Jalur Gaza ditutup untuk perlintasan utama barang. Tindakan Pemerintah Israel itu sebagai balasan atas aksi pembakaran dan usaha penyusupan oleh warga Palestina.

“Hanya bantuan kemanusiaan termasuk makanan dan obat yang sekarang diizinkan melintas Kerem Shalom, ujar PM Israel Benjamin Netanyahu sebagaimana dikutip dari BBC.com, Rabu (11/7/2018).


Melawan kelompok milisi Palestina Hamas yang menguasai jalur Gaza, Netanyahu menegaskan, akan menggunakan ‘tangan besi’. Penutupan perlintasan utama barang di jalur Gaza, menurut juru bicara Hamas, aksi Israel itu sebagai ‘sebuah kejahatan baru terhadap kemanusiaan’.


Sebelumnya, aksi warga Palestina menaikkan layang-layang dan balon yang membawa bahan yang terbakar. Layang-layang dan balon-balon itu, juga membawa alat peledak terbang melintasi perbatasan Gaza-Israel sejak April. Aksi tersebut telah memicu 750 kebakaran di Israel selatan dengan membakar lebih 2.600 hektare hutan dan pertanian serta menyebabkan ratusan ribu dolar kerusakan, kata para pejabat Israel.

Serangan pembakaran dimulai saat unjuk rasa massal di sepanjang perbatasan, ketika ribuan warga Palestina menyatakan dukungan atas hak pengungsi Palestina kembali ke tanah nenek moyang mereka yang sekarang adalah Israel dan menuntut diakhirinya blokade Gaza yang diterapkan Israel dan Mesir.


Jalur Gaza Ditutup Secara Berlebihan

Israel dan Mesir mengatakan blokade adalah langkah pengamanan yang diperlukan untuk mengatasi para milisi.

Pejabat kesehatan di jalur Gaza mengatakan lebih dari 130 warga Palestina tewas dan 15.000 lainnya terluka karena aksi pasukan Israel saat unjuk rasa selama enam pekan yang berpuncak pada pembukaan Kedubes AS di Yerusalem pada 15 Mei lalu.

Kelompok hak asasi manusia menuduh pasukan Israel menggunakan kekuatan berlebihan. Sementara Israel menyatakan mereka hanya menembak untuk membela diri atau terhadap orang-orang yang berusaha menyusup ke wilayahnya dengan berpura-pura berunjuk rasa.

Pihak militer Israel menyatakan perdana menteri memerintahkan penutupan Kerem Shalom pada hari Senin (9/7) ‘karena terus berlangsungnya teror pembakaran dan peningkatan usaha teror yang dipimpin organisasi teror Hamas’.

Saat ini, hampir semua barang yang diimpor ke Gaza melewati Kerem Shalom. PBB menyatakan 43.087 truk barang tiba di perlintasan dalam lima bulan pertama tahun 2018. Pada bulan Mei, 44% truk yang menlintasi membawa bahan bangunan, 29% produk makanan dan 1% pasokan kesehatan.


Sumber



Akibat ulah teroris Hamas... Mesir juga hanya membatasi pembukaan Rafah Crossing..

Perlintasan Utama Barang di Jalur Gaza Ditutup Israel

emoticon-Ngacir
Diubah oleh dishfire
Quote:


gaza itu ibarat perkampungan terisolasi yg dikuasai gangster. karena tentara mesir juga sering patroli di laut mediteran sekitar gaza. gerbang di rafah cuma dibuka kalo israel blokade jalur gaza emoticon-Traveller
Diubah oleh tiyorahmat


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di