alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Presiden Jokowi Diminta Turun Tangan Kembangkan Kendaraan Listrik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b45c6f4e052271a488b4569/presiden-jokowi-diminta-turun-tangan-kembangkan-kendaraan-listrik

Presiden Jokowi Diminta Turun Tangan Kembangkan Kendaraan Listrik

Presiden Jokowi Diminta Turun Tangan Kembangkan Kendaraan Listrik
Ilustrasi pengisian daya listrik pada unit kendaraan Volkswagen. (Foto: Reuters)


Jakarta – Pakar Ekonomi Faisal Basri mengatakan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi harus yang turun tangan sebagai konduktor untuk membangun industri kendaraan listrik (electric vehicles/EV) yang ramah lingkungan tersebut.

“Sudah seharusnya pengembangan ya dipimpinnya sama Presiden. Jadi memang harus Presiden sendiri yang pimpin,” kata Faisal di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Selasa (10/7).


Menurut Faisal, apabila Presiden berperan dalam pengembangan kendaraan listrik, maka kendaraan tanpa emisi gas buang itu akan berkembang dan sukses di Indonesia.


Hal tersebut diyakini karena pengembangan kendaraan listrik tentunya membutuhkan kerja sama lintas kementerian. Tidak bisa hanya mengandalkan satu kementerian yang turun tangan, atau bahkan keterlibatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


“Jadi tidak bisa Airlangga (Menteri Perindustrian), tidak bisa Jonan (Menteri ESDM), apalagi KPK. Ngurus korupsi saja susah, apalagi ini kendaraan listrik,” jelas Faisal.


Pemerintah sendiri melalui Kementerian Perindustrian memang telah menargetkan penjualan kendaraan listrik mencapai 20 persen dari total penjualan kendaraan nasional pada tahun 2025.


Kemenperin Turun Tangan Lakukan Pengembangan



Untuk mencapai target tersebut, Kemenperin juga menjanjikan berbagai kemudahan bagi produsen salah satunya dengan insentif fiskal. Insentif tersebut direncanakan akan diatur dalam sebuah regulasi yang biasa disebut low carbon emmision vehicle (LCEV).



Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian sedang menyiapkan regulasi untuk mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia yang diharapkan bisa keluar tahun ini.


Menperin Airlangga Hartarto sempat menegaskan sedang melakukan kajian dengan berbagai pihak, salah satunya adalah Kementerian Keuangan untuk mengatur besaran insentif untuk kendaraan listrik yang diproduksi di dalam negeri maupun impor.

Kendala Pemerintah



Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto memaparkan dua kendala yang dihadapi pemerintah untuk segera merampungkan regulasi tersebut.



Yang pertama masalah definisi kendaraan listrik itu sendiri. Mobil rendah emisi alias Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) ada berbagai jenis yang saat ini beredar di pasaran mulai dari mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV), hybrid, sampai plug in hybrid (PHEV). “Itu sebenarnya EV (electric vehicle) semua,” tutur Harjanto.



Kendala selanjutnya ialah masalah pembatasan jenis ataupun merek kendaraan. Sebab kata Harjanto, untuk masalah pembatasan tidak bisa begitu saja ditentukan, harus ada andil pihak Kementerian lainnya, dalam hal ini Kementerian Perdagangan.


“Soal limitasi itu juga kan tidak bisa kita membatasi karena kan ketentuan-ketentuan gitu kan kita harus ngomong ke perdagangan juga gimana itu nanti dampaknya terhadap masalah investasi, BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dan sebagainya, kita kan nggak bisa gegabah bilang ini nggak boleh, brand ini nggak boleh,” katanya.

Sumber

Halaman 1 dari 2
dahlan iskan aja di sabotase.
ngimpi cokemoticon-Kalah
Lagi sibuk bangun infrastuktur emoticon-Malu
Mobil Listrik tapi kalo lebih dari 50% listrik dihasilkan dari PLTU apa ya ga ironis?

emoticon-Leh Uga
Quote:

Pake panel surya emoticon-Big Grin
Jd inget mobil ghoib esemka emoticon-Big Grin bloq

Presiden Jokowi Diminta Turun Tangan Kembangkan Kendaraan Listrik
Diubah oleh pdt.henderson
kasihan nih mafia minyak emoticon-linux2

bakal banyak yang banting setir emoticon-Ngacir
pajak kendaraan dibenerin lagi, gara2 mobil listrik kecelakaan indonesia seolah-olah ga layak masuk era kendaraan listrik
jadi teringat ttg mobil esemka yg ngak jelas sampe sekarang . boro boro mau ngembangin mobil listrik . orang pengembangnya aja pak dahlan iskan dkk malah kriminalisasi . sungguh ironi
Diubah oleh ART7
Quote:


makanya itu miris liatnya

Sebagai rakyat jangan lah kita membebani hal hal yang berat ke jokowi, kasian loh beliau sudah naik turun gunung keluar masuk gorong gorong ini ditambahin lagi suruh ngembangin kendaraan listrik, jadi rakyat kok ga ada sungkan sungkannya sama presiden
Quote:


PLTU apaan Gan?
Kan ada Mobil Ghoib Nasional Esemka
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh taklamakin
Esemka apa kabarnya jadi mobnas kapan yak?emoticon-Hansip
Quote:


Pltn aja di demo dan ditentang makhluk2 tolol, dpr jg sama tololnya...
Yang mengembangkan mobil listrik aja dikriminalisasi rezim si koplo. Ngimpi kau? emoticon-Traveller
pak joko cuman mau esemka gaes emoticon-Leh Uga
yang rilisnya 5 tahun sekali

mobil listrik kaga bakal ada selama pertamina masih bilang merugi emoticon-Leh Uga
Quote:


mobil bahan bakar air aja bray...di jamin laris manis...
esemka vs wuling aja banyakan wuling

mana mobil esemka

emoticon-Ngakak
Quote:


koq ironis bree?

Pasokan listrik Jawa surplus hampir 40%
https://industri.kontan.co.id/news/pasokan-listrik-jawa-surplus-hampir-40
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di