alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Tips Mengatur Keuangan Untuk Generasi Milenial
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b45aa9c5a5163fa318b4567/tips-mengatur-keuangan-untuk-generasi-milenial

Tips Mengatur Keuangan Untuk Generasi Milenial

Generasi milenial tumbuh di saat teknologi berkembang pesat, segala kemudahan untuk berbagai akses tersedia. Sehingga aspek tersebut berpengaruh juga terhada identitas generasi ini secara umum. Seperti gaya hidup yang lebih bebas, penggunaan bahasa yang lebih luwes bahkan sangat luwes sampai muncul istilah bahasa gaul dan gaya hidup yang serba kekinian mulai dari fashion, tempat hangout, dan lain-lainnya yang telah menjadi lifestyle. Lifestyle seperti itu, harus milenial sadari merupakan gaya hidup yang boros.
Namun meskipun sadar akan kebiasaan yang boros tersebut, milenial masih sulit meninggalkannya dan menjadi tantangan besar. Oleh karena itu, untuk para milenials kalian haruslah bisa bersikap bijak dalam mengatur keuangan. Agar kalian tetap bisa mendapatkan gaya hidup menyenangkan dn kekinian tetapi juga bisa menabung untuk masa depan.
 
1.  Menggunakan Kendaraan Umum
Salah satu budget yang membuat pengeluaran kalianmembengak setiap bulan nya adalah untuk transportasi. Setiap Anda akan berpergian, entah itu bekerja, ke kampus atau sekedar hangout bareng teman, cobalah untuk membiasakan diri mengunakan kendaraan umum. Eits, kendaraan umum disini bukan moda tranportasi yang mengunakan aplikasi online yaa. Kalian harus bisa menghitung pengeluaran transporatsi kalian. Jika kalian biasanya menggunakan ojek online yang biayanya bisa 2-3 kali lipat, coba untuk mengganti gaya tersebut dengan menggunakan bus trans kota atau angkutan umum. Memang perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum tersebut akan membuat perjalanan kalian lebih lama, tetapi jika kalian berfikir positif hal tersebut justru bermanfaat. Selain bisa menabung, kalian juga bisa mengatur waktu dengan baik.

2. Bawa Bekal ke Kantor/ Ke Sekolah
Selain menekan biaya transportasi, yang dapat kalian lakukan adalah menekan biaya makan. Sebelum Anda berangkat, usahakan untuk sarapan terlebih dahulu dan mempersiapkan bekal untuk makan siang.  Dengan menghemat biaya makan siang setiap bekerja atau belajar, kalian dapat mengalokasikan biaya yang tidak terpakai tersebut untuk hangout dengan teman-teman di akhir minggu. Dan jika masih terdapat sisa, dapat kalian tabungkan karena membawa bekal sendiri akan jauh lebih murah daripada makan siang di kantin atau foodcourt. Selain itu, kalian akanmendapatkan gaya hidup yang sehat.

3. Pakai Pakaian Yang Tidak Berlebihan
Penamilan selalu menjadi perhatian utama, tidak hanya untuk kalangan wanita tetapi juga pria. Sehingga menjadi lazim jika saat ini generasi milenil, kerap memburu pakaian-pakaian branded. Nah, sebaiknya kurangi kebiasaan buruk ini. Jika kegiatan sehari-hari kalian hanya duduk di depan meja dengan leptop, atau belajar di kelas dengan teman-teman yang sama setiap harinya. Sebaiknya kenakan pakaian yang biasa saja, asal tetap rapih, sopan, dan nyaman untuk di kenakan.  Bahkan jika kalian dituntut untuk tampil di depan kamera sekalipun atau ada pertemuan dengan klien dan sebagainya, rasanya tidak baik jika selalu memaksakan diri untuk menggunakan pakaian yang super fancy. Jika cara berpakaian yang demikian dapat kalian terapkan, kalian akan terbebas dari keinginan untuk terus-terusan membeli baju baru dan branded serta dapat mengalokasikan budget nya untuk di tabung dan liburan.

4. Manfaatkan Teknologi
Sudah dijelaskan diatas bahwa kehidupan generasi milenials tidak dapat dipisahkan dengan kemjuan teknologi. Kemanapun milenial berada, mereka tidak dapat dijauhkan dari handphone. Nah, kalian dapat memanfaatkan teknologi dengan mengunduh aplikasi canggih dari handphone kalian. Saat ini tersedia banyak aplikasi untuk membantu kalian menyusun dan mengatur pengeluaran bulanan. Dengan aplikasi tersebut, kalian dapat men-track keuangan serta mengelompokan kategori pengeluaran dan pemasukan yang kita inginkan setiap bulannya. Jadi setiap bulannya akan ketahuan deh uang kalian akan lari kemana saja, asalkan kalian rutin mengupdate setiap ada transaksi.
 
Sebagai generasi milenial, ayuk kita menjadi generasi yang lebih cermat untuk mengatur keuangan. Tidak hanya bersenang-senang untuk masa sekarang tetapi juga untuk masa depan.

Diubah oleh Kaskus Support 03


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di