alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mahfud MD Dinilai Paling Potensial Jadi Cawapres Jokowi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b4561b1162ec246348b4579/mahfud-md-dinilai-paling-potensial-jadi-cawapres-jokowi

Mahfud MD Dinilai Paling Potensial Jadi Cawapres Jokowi

Selasa, 10 Juli 2018 | 22:07 WIB

Mahfud MD Dinilai Paling Potensial Jadi Cawapres Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menilai, sosok Mahfud MD saat ini paling berpeluang dipilih Presiden Joko Widodo sebagai calon wakil presiden. Sebab, Mahfud memiliki dua kelebihan yang tidak dimiliki oleh kandidat lainnya.

Kelebihan pertama, kata Haris, adalah kemampuan Mahfud di bidang hukum tata negara. Menurut Haris, pengalaman Mahfud yang pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi itu tidak perlu diragukan lagi.

"Mahfud ini memiliki keahlian di bidangnya, khususnya di bidang hukum," kata Syamsuddin kepada Kompas.com, Selasa (10/7/2018). "Kalau tantangan ke depan adalah untuk menciptakan hukum dan demokrasi yang lebih baik, pilihannya Mahfud MD," tambah dia.

Baca juga: Golkar: Penentuan Cawapres Jokowi Harus Perhatikan Keinginan Mitra Koalisi

Selain itu, Haris juga menilai Mahfud mempunyai kelebihan kedua, yakni dekat dengan kalangan umat Islam. Oleh karena itu, Mahfud bisa meningkatkan elektabilitas Jokowi, khususnya dari basis pemilih muslim.

"Dia dekat dengan kelompok Islam tidak hanya dengan NU, tapi juga Muhammadiyah," kata Haris.

Selain dua kelebihan itu, Haris juga menilai Mahfud adalah sosok yang bersih dan berintegritas. Ia tidak pernah tersangkut dengan masalah hukum.

"Pasangan Pak Jokowi itu memang harus orang yang bersih dan berintegritas, ini tidak kalah pentingnya," ucap dia.

Baca juga: Kata Moeldoko, Ada 4 Syarat Untuk Jadi Cawapres Jokowi

Selain Mahfud, Haris menilai ada dua nama lain yang juga berpeluang dipilih oleh Jokowi. Namun, berbeda dengan Mahfud, Haris menilai dua calon ini hanya punya satu keunggulan yang bisa ditonjolkan.

Jika Jokowi ingin mengambil tokoh dari partai politik, maka pilihannya adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Sebab, Airlangga adalah ketua umum partai kedua terbesar setelah PDI-P. Mesin partai Golkar pasti akan bekerja keras," kata Haris.

Sementara itu, jika Jokowi merasa tantangan yang berat di periode keduanya adalah ekonomi, maka ia bisa meminang Sri Mulyani. Haris menilai menteri keuangan tersebut sudah tidak diragukan lagi kapasitasnya. Namun, ia tidak memiliki basis massa layaknya Mahfud atau Airlangga.

"Kembali ke Jokowi butuh cawapres yang seperti apa," kata dia.

Baca juga: PDI-P: Pengumuman Cawapres Jokowi Tunggu Cuaca Cerah

Presiden Jokowi sebelumnya mengaku sudah memutuskan siapa cawapres yang akan mendampingi maju pada pemilihan presiden 2019.

Namun, ia belum bersedia menyebutkan nama tersebut kepada publik.

"(cawapres) sudah ada, tinggal diumumin," kata Jokowi kepada wartawan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/7/2018).

Jokowi tidak menjelaskan cawapres yang dimaksudnya hanya satu atau banyak nama. Jokowi meminta wartawan dan publik bersabar. Pengumuman nama cawapres, kata dia, harus dilakukan pada waktu yang tepat.

Penulis: Ihsanuddin

Editor: Sabrina Asril

Sumber : https://nasional.kompas.com/read/201...awapres-jokowi

Kalau tantangan ke depan adalah untuk menciptakan hukum dan demokrasi yang lebih baik, pilihannya Mahfud MD, Mahfud juga dekat dengan kalangan umat Islam, dekat dengan NU dan Muhammadiyah, Mahfud bersih, berintegritas dan tidak sedang mempunyai masalah hukum. Mahfud bisa meningkatkan elektabilitas jokowi, khususnya dari basis pemilih muslim.


Namun selain Mahfud, Prof Haris juga menilai ada dua nama lain yang juga berpeluang dipilih jokowi. Akan tetapi dua nama lain itu hanya punya satu keunggulan yang bisa ditonjolkan.

Jika jokowi ingin mengambil tokoh dari kalangan partai, maka pilihannya adalah Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Airlangga adalah ketua umum partai kedua terbesar setelah PDI-P. Mesin partai Golkar pasti akan bekerja keras.

Sementara jika jokowi merasa tantangan yang berat di periode keduanya adalah ekonomi, maka jokowi bisa meminang Sri Mulyani, kalangan profesional yang kapasitasnya tidak perlu diragukan lagi, tapi Sri Mulyani tidak memiliki basis massa layaknya Mahfud dan Airlangga.

Soal cawapres semua dikembalikan ke jokowi maunya seperti apa.
Diubah oleh: 54m5u4d183
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 4
Mahfud cawapres

Pilpres satu putaran aja.

emoticon-Leh Uga
Abraham Samad emoticon-I Love Indonesia
Kalo sama2 Jawa agak berat dapat suara
Jokowi-Puan vs Aher-Mahfud MD emoticon-Big Grin

Ideal banget emoticon-shakehand
non parte akan lebih bagus
kalo nyari yg modalnya gede kayak jk dulu , mmd gak bisa
Quote:


Asyik.
Quote:


Ane pribadi milih prof Mahmud.. dengan ekspetasi.. bisa meredam/meminimasi perperpecahan/keributan di intetnal (lebih ke SARA) rakyat negara ini..

Ga bisa dipungkiri.. negara ini akan/sedang menghadapi banyak tantangan yg disebabkan oleh faktor eksternal.. seperti perang dagang, penguatan dollar, masuknya paham2 luar yg radikal dll..

Gimana mau ngadepin tantangan dari luar tsb jika di dalem negara aja rakyat pada gontok2an soal ga penting!!

Untuk penguatan ekonomi dll.. bisa dikoordinasi ke mentri doangan.. jika orang seperti sri mul dijadiim wapres.. malah kaga bakal konsen ke bid yg dikuasainya...

Soal ngambil wapres dari partai... dengan tujuan memperkuat koalisi di pemerintahan.. ane pribadi belum terlalu melihat manfaatnya bagi negara ini..

Jadi sekali lagi.. ane lahir batin sangat mengharapkan prof Mahmud yg jadi cawapres (semoga jadi capres) nya jokowi..
lho cak imin dan gus romli dikemanain gan? udah pasang baliho gede2 di sepanjang pantura

emoticon-Ngakak
Quote:


Asyik. Banyak pendukung jokowi yang berharap seperti ente gan. Tinggal jokowinya saja, berani ngak dia mengambil keputusan sendiri, dia presiden, sebagai presiden banyak rakyat yang dukung.
lanjutken bray emoticon-Traveller
ane dukung mahfud jadi wapresnya wiwi ... biar hti dkk kena tabok bolak balik kalo mo mengkilafkan indo emoticon-Big Grin
Quote:


Itu sudah resiko mereka gan. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Quote:


Sialnya.. walaupun sampai saat ini ane masih jadi pendukung jokowi, ane ragu jokowi bisa mengambil keputusan sendiri..

Hal2 seperti balas budi, dukungan untuk ke depan dll.. sepertinya tidak akan mudah untuk diabaikan begitu saja oleh jokowi..

Btw.. asyik mah udah keok ih.. emoticon-Big Grin
Diubah oleh khayalan
Quote:


emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin jokowi itu gaya politik dan komunikasinya memang lain daripada yang lain, unik. Sebagai orang solo, dia selalu bisa menjaga perasaan baik dari koalisinya dan juga dari oposisi.
Quote:


Kadang jika terlalu menjaga perasaan malah bisa jadj buah simalakama gan.. emoticon-Big Grin


Dan ane sampai sekarang belom liat buah simalakama itu seperti apaan..
Jangan dikasih angin dulu, ntar kayak 2014 dia kecewa, galau, malah salah jalan pindah dukungan, bagus cepet sadar gak keburu busuk akut

Gw sendiri sih no problem sama mahfud, dia oke juga
Diubah oleh ..aak...
Quote:


Imo MMD juga oke, tapi semua balik ke begimana titah Big Mom, bre emoticon-Big Grin
Quote:


Itulah uniknya jokowi, susah ditebak, jokowi mengerti betul koalisinya minta begini dan dia juga paham betul oposisi keinginannya seperti apa, yang pasti dia ( jokowi ) tau formulanya dalam mengakomodir semua kepentingan dari banyak pihak baik koalisi dan juga oposisi.
Quote:


Sendiko dhawuh, mbok mega emoticon-Salaman
Mantap Pak Mahfud.
Diubah oleh eskavis
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di