alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal PES Seragon Community
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b455eff1854f70a468b4568/mengenal-pes-seragon-community

Mengenal PES Seragon Community

Mengenal PES Seragon Community


erkembangan industri esports di Indonesia dapat direfleksikan melalui eksistensi komunitas-komunitas esports di dalamnya. Komunitas memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan esports, khususnya dalam memberikan sebuah ruang kepada para anggotanya untuk dapat mengkomunikasikan aspirasi, ide serta membentuk keluarga kedua dari pengalaman esports. Salah satu komunitas esports yang telah memiliki basis anggota yang stabil adalah PES Seragon Community.

Terbentuknya PES Seragon Community


PES Seragon Community yang saat ini diketuai oleh Afria Sandy, terbentuk pada tanggal 30 Maret 2017 di kota Banten. Menurut penuturan Afria Sandy, komunitas ini awalnya bermula dari perkumpulan teman sekolah yang biasa bermain Pro Evolution Soccer (PES).

Bergerak dari perkumpulan informal yang rutin, beliau berinisiatif untuk mengadakan turnamen PES di kota Cilegon. Dalam pelaksanaannya, publik menunjukkan antusiasme yang sangat luar biasa, khususnya dari para gamer yang mendaftar pada turnamen tersebut.

Mengenal PES Seragon Community


Setelahnya, beliau pun memutuskan untuk membentuk sebuah komunitas di daerah Banten, yakni Serang – Cilegon yang pada saat itu belum memiliki komunitas PES. Motivasinya? Tentu saja agar teman-teman gamer di daerah Banten juga dapat merasakan pengalaman serupa.

Terbentuknya PES Seragon Community, tidak lain terinspirasi dari banyaknya komunitas di luar Banten yang sudah duluan terbentuk. Di akhir tahun 2018, komunitas ini berencana untuk membuat Seragon Esports Center dengan tujuan untuk menjadi wadah para gamer dan penggemar PES.

PES Seragon Community memiliki visi untuk menjadi wadah bagi para gamer PES di Banten dan menjembatani para gamer untuk meraih prestasi di turnamen-turnamen yang ada. Misi untuk meraih visi komunitas tersebut adalah dengan mempererat tali persaudaraan dan menjaring para gamer Pro Evolution Soccer yang ada di Banten agar dapat mengikuti turnamen Pro Evolution Soccer (PES) tingkat regional, nasional dan internasional.

Komunitas yang kini beranggotakan lebih kurang sebanyak 60 orang dengan 9 orang pengurus, sudah diakui dan diamanatkan oleh Liga1PES, yang merupakan naungan seluruh komunitas PES di Indonesia, sebagai komunitas regional Banten.

Mengenal PES Seragon Community


Komunitas ini juga telah mendapat dukungan resmi dari Polres kota Cilegon, beberapa media partner, radio channel, serta komunitas-komunitas lainnya. Meskipun belum mendapat dukungan langsung dari pemerintah, komunitas yang bernaung pada Liga1PES Indonesia ini tetap optimis bahwa mereka dapat mengukir prestasi dan termotivasi untuk mewakili Indonesia di kancah Internasional jika esports sukses didemonstrasikan sebagai cabang olahraga baru yang diperlombakan pada Asian Games mendatang.

Pandangan PES Seragon Community terhadap esports

PES Seragon Community berpandangan bahwa esports adalah bagian dari olahraga, sebab dalam bermain esports, para pemain membutuhkan strategi, tidak hanya sekedar asal bermain saja.

Mengenal PES Seragon Community


Mengingat banyaknya anak-anak yang terlibat dalam industri dan juga komunitas esports, sudah menjadi tugas anggota senior untuk dapat memberi saran dan masukan yang baik kepada anggota juniornya (anak-anak).

Hal ini tidak lain disebabkan karena peran komunitas juga turut berkontribusi membentuk perkembangan perilaku si anak. Perilaku tiap anggota komunitas tentu perlu dijaga agar fondasi komunitas tetap solid dan bebas dari toxic.

Tantangan dalam mengembangkan komunitas PES Seragon Community

Sebagai sebuah komunitas yang masih terbilang hijau, tantangan dalam mengembangkan komunitas terletak pada manajemen waktu, dikarenakan latar belakang para pengurusnya yang saat ini masih memiliki prioritas berkarir.

Namun, kendala tersebut tidak berhasil mematahkan semangat yang dimiliki oleh komunitas ini. Memiliki hubungan komunikasi yang baik antar para pengurus, saling memahami dan bermusyawarah dalam menentukan waktu meeting adalah modal utama yang wajib dimiliki oleh tiap komunitas yang sehat.

Selain manajemen waktu, PES Seragon Community juga sedang dalam sebuah misi untuk menetralisir stigma-stigma kurang baik yang datang dari masyarakat. Komunitas PES ini memiliki tekad untuk dapat membuktikan bahwa hobi esports dapat dijadikan sebuah prestasi yang membanggakan keluarga dan juga bangsa dan negara.

Mengenal PES Seragon Community


Dalam mengembangkan hobi di esports, PES Seragon Community berpesan untuk terus mengasah kemampuan dengan rajin berlatih dan dilengkapi dengan target yang realistis. Sekalipun ada teman-teman yang ingin berkarir di esports, hendaknya tidak melupakan atau menelantarkan hal-hal prioritas seperti edukasi, yang tetap harus menjadi hal yang paling utama.

Sumber : esportsnesia.com
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di