alexa-tracking

Jokowi Dinilai Tidak Bisa Diintervensi Tentukan Cawapres

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b4543d4d9d770e8238b458b/jokowi-dinilai-tidak-bisa-diintervensi-tentukan-cawapres
Jokowi Dinilai Tidak Bisa Diintervensi Tentukan Cawapres
Jokowi Dinilai Tidak Bisa Diintervensi Tentukan Cawapres

Jakarta: Presiden Joko Widodo dipandang tak bisa diintervensi oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menentukan calon wakil presiden (Cawapres) pada Pilpres 2019. Pasalnya, posisi Jokowi dinilai lebih kuat dari Megawati dalam memilih cawapres.


'Jadi posisi Pak Jokowi lebih kuat dibandingkan posisi Megawati ya untuk menentukan siapa cawapres Pak Jokowi,' kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dalam rilis survei bertema 'Pasangan Capres dan Cawapres Pasca Pilkada' di Kantor LSI Denny JA, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa, 10 Juli 2018.


Ia membandingkan Jokowi dengan Susilo Bambang Yudhoyono pada periode kedua kepemimpinannya. SBY saat mencalonkan diri kembali sebagai capres pada 2009, tingkat elektoral atau keterpilihannya lebih tinggi dari Jokowi.


Saat itu, kata dia, SBY tidak pernah di bawah 60 persen dari berbagai lembaga survei. Sehingga, SBY lebih mudah menentukan cawapres dan muncul nama Boediono sebagai wakil presiden.


Sedangkan, elektoral Jokowi sejauh ini masih berada di bawah 50 persen. Angka itu dinilai belum aman buat calon petahana.


Untuk itu, jelas dia, Jokowi butuh cawapres yang dapat mendongkrak elektoralnya. Nama yang kemungkinan disodorkan oleh Megawati seperti Puan Maharani dan Budi Gunawan tak mampu menaikkan elektoral Jokowi.


Karena itu, ia menilai posisi Megawati tak cukup kuat untuk memaksakan pilihan internal PDIP untuk menjadi cawapres. Apalagi, partai pendukung lain juga cukup kuat untuk memberikan posisi tawar cawapres.


'Kalau kita lihat dari sisi bargaining, saat ini, PDIP tidak punya pilihan yang banyak untuk memaksakan internal dari PDIP. Karena tadi tiket sudah diraih Jokowi. Tanpa PDIP, Jokowi bisa maju sebagai capres, dan kedua kita lihat dari PDIP tidak ada nama yang cukup kuat dan bisa membantu Pak Jokowi baik secara elektoral maupun meningkatkan kapasitas pemerintahan,' pungkasnya.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...tukan-cawapres

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Jokowi Dinilai Tidak Bisa Diintervensi Tentukan Cawapres JK Belum Tahu 10 Daftar Nama Cawapres Jokowi

- Jokowi Dinilai Tidak Bisa Diintervensi Tentukan Cawapres Demokrat Tentukan Arah Politik di Last Minute?

- Jokowi Dinilai Tidak Bisa Diintervensi Tentukan Cawapres JK Tetap Dukung Jokowi di Pilpres 2019

METRO TV NEWS OK BANGET LAH, KAMI ORANG ACEH PASTI BACA METRO TV NEWS
emoticon-I Love Indonesia
×