alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Penghayat Mulai Diakui Negara
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b451fd5947868787e8b458f/penghayat-mulai-diakui-negara

Penghayat Mulai Diakui Negara

Penghayat Mulai Diakui Negara

Diupayakan Masuk kolom Kepercayaan di E-KTP

PURWOKERTO– Penghayat atau yang sebelumnya dikenal dengan penganut aliran kepercayaan, saat ini mulai diakui negara. Hal itu berlaku sejak dikeluarkan peraturan dari Kementerian Dalam Negeri pada 25 Juni kemarin.

“Tapi sampai sekarang belum dijalankan, tertutama untuk penggantian kolom kepercayaan di e-KTP,” ujar Manager Program Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup (LPPSLH), Barid Hardiyanto pada Workshop Akhir Program Peduli Fase II, di Grand Karlita Hotel Purwokerto, Senin (9/7).

Dia mengatakan, pihaknya mendampingi penghayat mulai Mei dalam program pada pilar diskriminasi, intoleransi, dan kekerasan berbasis agama di wilayah Banyumas. Pada program tersebut bertujuan menciptakan kondisi masyaraakt yang setara, terbuka, aman, dan nyaman bagi seluruh elemen di dalamnya dengan mengedepankan nilai inkluisifitas.

Penghayat Mulai Diakui Negara

Ilustrasi

Berdasarkan pendataan yang dilakukan LPPSLH, di Banyumas ada lebih dari 300 penghayat. Dan diperkirakan masih ada banyak para penghayat yang belum mau terbuka megenai identitasnya.

“Kami masih lakukan pendataan para penghayat, karena dari dugaan kami, penganut kejawen juga bagian dari penghayat,” katanya.

Barid menyampaikan, akan melakukan advokasi pada para penghayat agar mulai terbuka pada masyarakat luas. Adapun upaya yang ilakukan yaitu dengan sistem advokasi. Pada sistem tersebut, sebelumnya dilakukan dengan pemberian pendidikan kemaslahatan atau pendidikan kewarganegaraan.

Setelah itu pihaknya akan menghubungkan dengan piak terkait seperti ormas atau pmerintah daerah. Berikutnya lagi akan dilakukan upaya agar pemerintah melakukan kebijakan dengan anggaran yang mengakomodir kepentignan penghayat.

Saat ini sudah ada blanko untuk penghayat karena di kartu keluarga (KK) juga sudah ada yang dicantumkan. Dan saat penggantian keyakinan, penghayat tidak perlu melampirkan berkas atau dokumen tertentu.

“Walaupun blanko sudah tersedia, tapi sistem komputerisasinya dari pemerintah, jadi kami tetap mengupayakan agar pemerintah daerah dan penghayat siap secepatnya,” imbuhnya.

Dia pun menambahkan, bentuk pendampingan ini nantinya akan dilakukan inventarisisasi bersama penghayat. Dan sesuai tujuan utanya bukan hanya kontek keyakinan, tetapi juga untuk hak-hak para penghayat baik sipil, ekonomi, maupun sosial dan budaya. (ely)

Sumber: https://radarbanyumas.co.id/penghayat-mulai-diakui-negara/
Copyright © Radarbanyumas.co.id

Akhirnya agama asli kita sudah diakui resmi
Halaman 1 dari 3
selamat yaemoticon-Big Grin
kenapa diburemin itu ktp 🤣🤣🤣
Sudah seharusnya.

Dan biarkan mereka memilih.

Tinggal bagaimana pemuka agama pintar berdakwah..
mana nih yg suka teriak tapir tapir emoticon-Leh Uga
akhirnya penghayat kepercayaan bisa bebas dan tenang emoticon-Big Grin
akhirnya,,,,, Jokowi Hebatemoticon-Nyepi
akhirnya menjadi tuan dirumah sendiri
Congrats emoticon-Selamat

Tapi biar kata diakui pemerintah (negara) kayaknya para penganut kepercayaan, atheis, sama agnostik tetep belum bisa tenang buka bukaan sebelum diakui masyarakat, minimal tetangga dulu deh

Salah salah bisa dipersekusi, makanya lebih milih ngebaur dulu dengan tetep cantumin agama mainstream biarpun imannya ga sesuai emoticon-Takut (S)

Kecuali kalo 1 lingkungan isinya orang sepemahaman (aliran) emoticon-Big Grin

Masalah keyakinan Yo biar saja. Seterah mo pilih mana.
Kl ada umat yg nyembah batu kotak itu termasuk penghayat ga sih? Kl gw penyembah iblis termasuk penghayat jg?
Quote:


salah2 ntar dipersekusi gan
kolom e-ktp mah menjelang pemilu rebes emoticon-Big Grin
Pasukan pemarah tumben gak marah2 nih
Penghayat Mulai Diakui Negara
penghayat bumi datar termasuk gak?
Quote:

Ente mau bkin gan ?
emoticon-Leh Uga
padahal ini tuh yg paling orisinil ala Endonesa emoticon-Ngakak (S)
ASTGAFIRULOH

SYIRIKKKZZZ
akhirnya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di