alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Jika berkampanye hitam, caleg bisa dibatalkan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b44e9d460e24b57578b456b/jika-berkampanye-hitam-caleg-bisa-dibatalkan

Jika berkampanye hitam, caleg bisa dibatalkan

Jika berkampanye hitam, caleg bisa dibatalkan

Misalkan dalam kampanye untuk Pemilihan Legislatif 2019 nanti ada calon legislator yang melakukan kampanye hitam, pun menyebarkan kebencian SARA, ia bisa dibatalkan. Batal sebagai calon sementara maupun setelah menjadi calon tetap.

Demikian pula bila si caleg tersangkut narkotika dan obat terlarang, terorisme, korupsi, dan kejahatan seksual terhadap anak. Ia tak layak menjadi wakil rakyat.

Jika diringkas, ada delapan butir pakta integritas yang harus disodorkan oleh ketua partai, perihal caleg, kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Sila lihat infografik.

Pakta itu -- bukan perjanjian melainkan ikrar tertulis -- dibuat sebagai amanat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 20 Tahun 2018 yang diundangkan 3 Juli lalu.
Bukan jaminan
Menurut pengamat politik dari PARA Syndicate, Ari Nurcahyo, pakta integritas belum tentu dapat mengurungkan partai mencalonkan bekas narapidana korupsi, kajahatan narkoba, dan kejahatan seksual terhadap anak.

"Tetap tidak menutup total jalan para mantan koruptor untuk menggunakan seribu jalan akal-akalan mengamankan tujuan politiknya," Ari berkata (Kompas.com, 10/7/2018).

Sedangkan Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, menyatakan, "Pakta integritas hanya akan punya dampak kalau partai politik konsisten untuk melaksanakan isi-isi yang ada di dalam pakta integritas..." (Kompas.com)
Partai merasa berkomitmen
Meskipun ada skeptisisme dari masyarakat, partai tetap berkomitmen terhadap integritas. Kemarin (10/7/2018) di Jakarta, Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono, yang ketua umum Partai Demokrat, menandatangani pakta.

SBY bilang, "Kami mendukung penuh dan berharaplah semua elemen politik di negeri ini memiliki hati dan pikiran yang sama." (Merdeka.com)

Sikap serupa sudah dinyatakan partai lain. Misalnya Partai Amanat Nasional pekan lalu di Jakarta (detikcom, 5/7/2018)). Demikian pula Partai Perindo dua hari sebelumnya (Okezone, 3/7/2018).
Pengawas ujian sekolah
Pakta integritas tak hanya berlaku dalam pemilu. Untuk ujian nasional berbasis komputer tahun 2016, misalnya, pengawas harus menandatangani pakta.

Ada tiga hal, jika pengawas melanggar bersedia dikenai "sanksi moral, sanksi administratif, dan dituntut sesuai dengan hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku". Salah satu hal yang terlarang adalah membantu peserta ujian dan membocorkan soal.

Sepuluh tahun silam, 5 Agustus 2008, direksi dan serikat pekerja PT ASDP Indonesia (BUMN) juga menandatangani pakta integritas.
Jika berkampanye hitam, caleg bisa dibatalkan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...isa-dibatalkan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jika berkampanye hitam, caleg bisa dibatalkan Jakarta Utara paling rawan kebakaran

- Jika berkampanye hitam, caleg bisa dibatalkan Penipuan penerimaan bintara Polri dibekuk polisi

- Jika berkampanye hitam, caleg bisa dibatalkan 78 Ribu pendaftar gunakan SKTM palsu

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di