alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani Sindir Tunjangan Guru: Besar tapi Tak Berkualitas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b44be6dd9d770c6618b457c/sri-mulyani-sindir-tunjangan-guru-besar-tapi-tak-berkualitas

Sri Mulyani Sindir Tunjangan Guru: Besar tapi Tak Berkualitas

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan besarnya tunjangan guru dalam bentuk sertifikasi tidak mencerminkan kualitas pendidik. Hal tersebut ia sampaikan kepada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).


"Saya dulu memulai bahwa guru harus disertifikasi. Saya senang, tapi sekarang sering sertifikasi itu tidak mencerminkan apa-apa. Dia mungkin hanya prosedural saja untuk bisa mendapat tunjangan," kata Sri Mulyani di Aula Gedung Guru Indonesia, Jakarta, Selasa, 10 Juli 2018.

Sri Mulyani melihat sertifikasi guru saat ini tidak dijadikan sebagai gambaran guru yang betul-betul profesional dan tidak menggambarkan guru yang bertanggung jawab terhadap kualitas mengajar.




Ads by Kiosked
Dia meminta guru berpikir keras bersama pemerintah mengenai kesejahteraan dan kualitas guru. Sebab, menurut Sri Mulyani, 20 persen atau Rp 444 triliun alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2018 digunakan untuk sektor pendidikan.

ADVERTISEMENT


Baca: Menteri Pendidikan: Tidak Ada Pemotongan Tunjangan Guru

Sri Mulyani mengatakan konstitusi Indonesia mengharapkan keberpihakan kepada sumber daya manusia. Karena itu, menurut dia, pendidikan menjadi hal yang sangat penting.

Setiap tahun, kata Sri Mulyani, anggaran untuk pendidikan naik karena pendapatan dan belanja negara naik. Menurutnya, anggaran pendidikan pada 2009 sekitar Rp 160 trilun, pada 2013 naik menjadi Rp 332 triliun, dan pada 2017 juga naik menjadi Rp 419,8 triliun.

"Maka saya Menteri Keuangan pertama yang langsung melihat bahayanya mekanisme anggaran seperti itu. Bukan bahaya mengalokasikan anggaran pendidikan, tapi mekanisme (naik tiap tahun atau dapat 20 persen) seperti ini akan membuat kita teledor untuk merancang penggunaan anggaran," ujarnya.

Dari mekanisme seperti itu, Sri Mulyani menilai masih rendahnya peran guru dalam memikirkan anggaran yang didapat untuk apa, dengan target tujuan yang dihubungkan dengan kepentingan anak-anak Indonesia yang harus dididik.

Sri Mulyani, yang memang tumbuh dalam keluarga pendidik, juga menilai desain pendidikan Indonesia perlu dipikirkan lebih keras.

"Karena, kalau semua orang pelaku pendidikan sibuk ingin gaji dan tidak memikirkan pendidikannya, jadi siapa yang memikirkan? Desainnya mau gimana? Kalau misal dapat 20 persen, ini dipakai strateginya gimana? Apakah gaji, perbaikan kualitas guru, sekolah, atau teknologi?" ucapnya.

Sri Mulyani juga mengatakan PGRI merupakan pilar penting yang tidak hanya memperjuangkan kesejahteraan, termasuk tunjangan guru, tapi juga untuk memperjuangkan hasil pendidikan yang baik.

Menurutnya, murid melihat sikap guru sebagai perwakilan rakyat dan masyarakat Indonesia. Sikap tersebut juga terlihat dari cara guru menyapa, memberi tahu, sampai menilai murid. "Integritas pendidik adalah nilai yang tidak bisa diperjualbelikan," tuturnya.

Tunjangan Guru
Sri Mulyani

https://bisnis.tempo.co/read/1105459...=Bisnis_Astari


Menteri keuangan terbaik sejagad raya ini kayaknya emang butuh cermin.
Halaman 1 dari 3
berani ga buk cabut tunjangan itu, kan situ yg berhak.

kemaren aja gampang banget bayar gaji 13 dan 14,
Lah memang anak buah kau kerjanya apa saja kecuali korup dan malak?
Sikap tegas lagi transparan enihlah yg membuat srimulayani dahulu dipecat, diera sebelumnya proyek proyek tak jelas begini menyerap anggaran demi keuntungan pundi pundi kelompok dan pribadi karena dianggap ancaman maka beliau dipecat emoticon-Smilie
Faktanya guru yang dapet setifikasi umurnya udah pada tua, yang udah gak semangat. sekali kalinya ngangkat guru muda itu tahun 2009 dan 2011, angkatan itu banyak yang belum bersertifikat.

tahun 2006,2012,2014 yang diangkat malah guru honor tua yang udah kurang semangat mengajar, dan mereka lebih dulu dapet setifikasi daripada angkatan muda (2009 & 2011).

apakah angkatan muda juga bakal disertifikasi kalau udah gak semangat ngajar juga???

kalau dianggap sertifikasi gak pengaruh ya wajar.
Diubah oleh ikhsanguanteng
permudah dong proses PEMECATAN PNS yg goblog n songong :,o
kalo dilakukan, lumayan ngurangin beban negara emoticon-Embarrassment
yg kerja keras tuh honorer, yg udah jadi pns tinggal nyuruh nyuruh doang kek bos emoticon-Blue Guy Bata (L)
nah sepakat emoticon-shakehand

setiap tahun alokasi APBN dari kementeriannya Bu Sri 20%, dalam 3 tahun udah 1000T lebih digelontorkan untuk sektor pendidikan,
tp apakah berdampak langsung ke perbaikan pendidikan? emoticon-Big Grin

seluruh kementerian yg terkait sama sektor pendidikan memang sepertinya harus banyak-banyak evaluasi emoticon-Big Grin

kalo boleh usul juga hapuskan kewajiban 20% APBN untuk pendidikan, pemberian anggaran didasarkan pada mekanisme penilaian pencapaian kinerja thn sebelumnya....jgn main asal banyak aja tp ga berkualitas emoticon-Big Grin
Diubah oleh mario.b
pada umumnya kan memang begitu..
ilmu di kampus ga nyambung sama kerjaan di kantor.
yg penting dapat ijazah, gelar diakui, pangkat naik, jabatan naik.
Quote:


tahun politik gini, mana berani dia, bisa bisa ada yg hilang suara 😀
Guru² sekarang dah pada gegayaan dah macem horang kayah... emoticon-Cool
Dah ngga jamannya lagi lagu oemar bakri emoticon-Big Grin
Quote:


Oemar bakri sekarang telah berganti, dahulu para guru lewat, masyarakat menyalami "selamat pagi pak guru, selamat sore bu guru".
Sekarang, bukannya tak mau menyapa, lha gimana, beliau2nya lewat pake mobil tertutup kaca

emoticon-I Love Indonesia
Baru sadar toh..
Ga menjamin juga.

Mengajar itu passion..gak gampang temukan guru dgn kualitas tsb.
betul bu
sebaiknya sertifikat dibuat masa kadaluarsanya per 3 tahun
Quote:


Hrsnya bykin beasiswa.. model2 pendidikan vietnam emoticon-Busa
Bkn gaji pengajar yg dijor2 kebangetan emoticon-No Hope
Diubah oleh ruuuruuu
Quote:


Udah ngga bisa standing dan terbang lagi dong... emoticon-Frown
Guru² sekarang bawaannya papanjah atau ngga mobil lgbt eh... lcgc emoticon-Big Grin
tgb: tunjangan guru besar
emoticon-Ngacir
semoga gak ada di mari kecebong, jasmev bin panastak yang di ajar oleh seorang guru karena mereka levelx hanya setingkat anak sekolah dasar....
biar pemimpinnya bagus tapi bawahannya sampah semua ya susah juga

lebih baik dari pada tunjangan anggota d hewan
ntah di kota lain, di bogor sekolaan bikin proyek terus euy
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di