alexa-tracking

Penipuan penerimaan bintara Polri dibekuk polisi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b44940dc1d77030118b457b/penipuan-penerimaan-bintara-polri-dibekuk-polisi
Penipuan penerimaan bintara Polri dibekuk polisi
Penipuan penerimaan bintara Polri dibekuk polisi
Para siswa bintara Polri saat pembukaan program perekrutan di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (9/7/2017).
Pelaku penipuan jalur masuk calon bintara Polri di Polda Jawa Tengah (Jateng) dibekuk pada Senin (9/7/2018). Dua orang pelaku ditangkap oleh anggota Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jateng setelah sempat mencoba untuk mengelabui polisi.

Kedua pelaku berinisial S (58) dan AN (43) dilaporkan telah melancarkan aksi penipuan terhadap orang tua peserta seleksi masuk bintara. Hal tersebut dibenarkan Asisten Kepala Polri Bidang Sumber Daya Manusia Inspektur Jenderal Arief Sulistyanto.

"Yang satu atas nama S mengaku sebagai paranormal dan yang satunya lagi atas nama AN mengaku sebagai staf kepresidenan dan anggota dari Mabes Polri," kata Arief seperti dikutip Tempo.co.id pada Selasa (10/7).

Kejadian itu, seperti dijelaskan Arief, berawal dari korban J (37) yang mendatangi S. Saat itu J mengaku putranya tidak lolos seleksi masuk bintara Polri saat tes kesehatan.

J pun meminta bantuan S yang mengaku sebagai paranormal untuk membantunya. S menyanggupi dengan syarat J harus menyiapkan dana sebesar Rp350 juta.

"Tersangka S menyanggupi dapat membantu dengan syarat disiapkan uang Rp350 juta untuk membayar tersangka AN yang disebut sebagai 'orang mabes' yang bisa meluluskan bintara," kata Arief dalam Kumparan, Selasa (10/7).

Lalu, dalam kurun waktu dua minggu J kembali ke S dan menyerahkan uang sebesar Rp320 juta. Tak butuh waktu lama, S langsung membaginya dengan AN sebesar Rp100 juta.

Namun, AN merasa uang yang diberikan tak sesuai dengan perjanjian sebelumnya. AN pun geram, ia mengancam S menggunakan pistol dan senjata airsoft.

Merasa terancam, S langsung mengadukan perbuatan AN ke polisi dengan keterangan yang tidak lengkap. Apalagi setelah dilakukan pemeriksaan, S memberikan keterangan berbeda dari saat melapor.

Jatanras Polda Jateng lantas bergerak mengamankan AN yang saat itu saat hendak berangkat ke Jakarta pada Senin (9/7). Penangkapan AN pun menunjukkan titik terang karena ia ia mengungkapkan kronologi sampai berani mengancam S dengan pistol dan senjata airsoft miliknya.

Setelah keterangan dicocokkan, polisi turut menciduk S dan menetapkan keduanya sebagai tersangka. Kedua lelaki itu diketahui sengaja bekerja sama menipu J dengan iming-iming meloloskan sang anak jadi bintara. Pada saat itulah J akhirnya melaporkan keduanya ke polisi.

Dalam kasus ini S dan AN yang telah ditetapkan sebagai tersangka akan dijerat pasal 378 KUHP dengan modus menjanjikan calon siswa bintara yang sudah gugur untuk lulus melalui jalur khusus. Polisi pun masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut guna mencari kemungkinan adanya korban-korban lainnya.

Polri pun memberi perhatian pada kasus ini. Arief pun langsung menegaskan bahwa ada sanksi tegas bagi siapa saja yang berlaku menyimpang dalam proses seleksi calon siswa bintara Polri.

Pada awal tahun ini, Arief mengumumkan bahwa Polri akan merekrut sebanyak 9.000 personel. Ia juga berharap seleksi dapat berjalan dengan lancar, bersih, dan objektif.

Masyarakat juga diharapkan untuk tak menuruti pihak-pihak yang menjanjikan apapun dengan syarat pembayaran dalam jumlah tertentu. Sistem penyederhanaan informasi kandidat kini juga menjamin tidak ada lagi cara penerimaan calon anggota Polri dengan cara menyogok, bayar, minta tolong, katabelece, atau sponsorship.

Sementara sejumlah peserta tes yang dinyatakan lulus pun akan memulai pendidikan bintara Polri pada 7 Agustus nanti.
Penipuan penerimaan bintara Polri dibekuk polisi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...dibekuk-polisi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Penipuan penerimaan bintara Polri dibekuk polisi 78 Ribu pendaftar gunakan SKTM palsu

- Penipuan penerimaan bintara Polri dibekuk polisi Penetapan pemenang Pilkada 2018 tunggu putusan sengketa di MK

- Penipuan penerimaan bintara Polri dibekuk polisi 9 Sektor perkasa lambungkan IHSG

image-url-apps
penipuan ditangkap tapi kalo yang beneran ditangkap nggak ya?
image-url-apps
350 jeti..beh..kmahalan kapan balik ntuh modalnya...emoticon-Hammer2
×