alexa-tracking

5 Hal Penting Tentang Laporan Keuangan Perusahaan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b44720a60e24b45378b456a/5-hal-penting-tentang-laporan-keuangan-perusahaan
5 Hal Penting Tentang Laporan Keuangan Perusahaan
5 Hal Penting Tentang Laporan Keuangan Perusahaan

Setiap bisnis tentu memiliki laporan keuangan perusahaan yang dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban sekaligus tolok ukur apakah perusahaan yang bersangkutan termasuk perusahaan yang bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama atau tidak.

Dalam pembuatan laporan keuangan, ada beberapa beberapa hal penting yang harus diperhatikan terkait isi dan penggunaannya. Di bawah ini akan kita bahas beberapa hal penting dalam laporan keuangan perusahaan.

Sifat Laporan Keuangan

Laporan keuangan perusahaan harus ditampilkan secara kualitatif dan kuantitatif dengan memiliki karakteristik seperti:

a. Relevan

Sebuah laporan keuangan dianggap relevan dan sesuai ketika laporan yang disajikan mampu membuat pengambil keputusan dalam sebuah perusahaan menentukan kebijakan baru yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan dan memperbaiki aspek lainnya.

 

b.Handal

Sebuah laporan keuangan dinyatakan handal ketika pembuat laporan keuangan memberikan informasi yang handal dan tepat sasaran. Terdapat 3 kriteria handal disini yaitu : jujur, dapat diverifkasi dan netral atau tidak berpihak pada kepentingan manapun.

 

c. Mudah Dimengerti

Sebuah laporan keuangan perlu disusun dengan baik sehingga segala bentuk transaksi yang tercatat didalamnya bisa lebih dimengerti oleh setiap pemimpin divisi yang ada di perusahaan bersangkutan. Ketika laporan bisa terbaca dengan jelas, strategi yang digunakan untuk perencanaan penjualan ke depan juga makin jelas.

 

d. Unsur Perbandingan

Sebuah laporan keuangan perlu memiliki informasi yang lengkap dan tepercaya sehingga laporan yang diberikan pada pihak pengambil keputusan dari perusahaan bersangkutan bisa menjadi perbandingan apa saja yang harus diperbaiki untuk pelaporan keuangan ke depan termasuk strategi untuk pemasaran produk.

 

Isi Laporan Keuangan

Dalam menyusun sebuah laporan keuangan, isi yang dimasukkan kedalamnya tentu membutuhkan penelitian dan penyusunan yang tepat. Berikut adalah isi dari laporan keuangan.

a. Laporan Laba Rugi

Laporan keuangan perusahaan yang dibuat harus berisi laporan laba rugi yang diperoleh dari jual beli produk atau jasa yang dilakukan perusahaan bersangkutan. Laporan laba rugi nantinya diperlukan untuk menghitung berapa efisiensi kinerja yang sudah tercapai dan menerapkan strategi bagaimana laba perusahaan bisa ditingkatkan di periode yang berikutnya.

 

b. Laporan Cash Indan Cash Out

Laporan keuangan juga berisi laporan kas masuk dan kas keluar. Laporan ini umumnya berisi transaksi keuangan yang dilakukan sebuah perusahaan selama periode tertentu. Untuk laporan kas masuk biasanya berisi pendapatan kotor yang diperoleh dari penjualan jasa dan produk. Sedangkan untuk arus kas keluar bisa berisi laporan pembayaran pengeluaran tetap atau variable per bulan seperti biaya listrik, perawatan inventaris di perusahaan, biaya telepon, dan lainnya.

 

c. LaporanArus Kas atau Cash Flow

Laporan cash flowadalah kombinasi yang memasukkan cash in dan cash out secara berkesinambungan dan digunakan untuk mengetahui apakah laporan keuangan antara cash in dan cash out sudah benar-benar sesuai atau tidak. Laporan cash out juga bias digunakan untuk mengetahui secara tidak langsung, dana yang tersisa masih dalam kondisi aman atau tidak.

 

d. Laporan Perubahan Ekuitas

Setiap perusahaan wajib menyertakan laporan perubahan ekuitas, di mana laporan ini berisi laporan perubahan aktiva ataupun modal yang diberikan di awal hingga di akhir periode laporan.

 

e. Laporan Neraca Total atau Buku Besar

Segala jenis transaksi keuangan yang berlangsung dalam sebuah perusahaan kemudian dirangkum ke dalam sebuah neraca yang menyajikan segala jenis transaksi beserta buktinya.

 

Tujuan Laporan Keuangan

Laporan keuangan perusahaan dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak-pihak yang terkait dalam usaha, baik itu pihak internal maupun eksternal. Sebuah perusahaan akan sangat membutuhkan laporan keuangan yang disajikan secara lengkap sebagai laporan pertanggungjawaban dari semua divisi atas pengelolaan perusahaan.

Fungsi Laporan Keuangan

Laporan keuangan bukan hanya suatu bentuk pertanggungjawaban. Laporan ini juga memiliki berbagai macam fungsi seperti membantu pihak manajemen mengetahui resiko keuangan, membantu seluruh pihak perusahaan untuk mengetahui kondisi keuangan, menilai persentase laba yang bisa dicapai, hingga membuat perencanaan bisnis.

Perlunya Penggunaaan Software Akuntansi

Ketika sebuah perusahaan telah menjadi besar dan semakin kompleks dengan banyaknya laporan yang harus dibuat dan tidak memiliki sumber daya yang bisa menyajikan laporan keuangan secara lengkap, jasa penyedia softwareakuntansi online dan seorang akuntan sangat diperlukan.

Softwareakuntansi online dapat membantu Anda menyajikan laporan keuangan dengan mudah, cepat, dan aman. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan sesuai dengan yang perusahaan butuhkan. Dengan Jurnal, Anda juga dapat memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun secara realtime.





Pertamax emoticon-Wow
image-url-apps
Yoi mesti pintar olah keuangan
×