alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Fintech dan Bank Syariah Didorong Kerja Sama
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b446a10582b2eea138b456a/fintech-dan-bank-syariah-didorong-kerja-sama

Fintech dan Bank Syariah Didorong Kerja Sama

Arah perkembangan fintech syariah harus didukung oleh kerja sama antara fintech dan perbankan syariah. Hal tersebut juga diharapkan menjadi solusi seiring meningkatnya komplain dari nasabah fintech.

Wakil Ketua Dewan Syariah Nasional -- Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Adiwarman A Karim mengatakan digital banking tidak mampu menyelesaikan masalah efisiensi biaya produk pembiayaan, mengingat peraturannya yang terlampau ketat.

Sementara fintech, katanya, adalah lembaga keuangan non bank yang memiliki ruang lebih leluasa untuk berinovasi untuk menciptakan produk keuangan. Dengan demikian, kerja sama antara perbankan dan fintech syariah adalah hal yang tidak bisa dipungkiri.

“Satu dari empat bank syariah di Indonesia tengah bersiap menyiapkan perusahaan fintech mereka sendiri. Regulasi fintech syariah di Indonesia dibandingkan negara lainnya jauh lebih longgar, jadi membangun fintech tidak sulit,” katanya belum lama ini.

Dia menilai bahwa keberadaan fintech dapat menjadi solusi mahalnya biaya distribusi produk, mengingat kondisi geografis Indonesia.

Di saat yang sama, dia juga mulai menyoroti banyaknya komplain nasabah yang masuk, terutama soal non performing fund (NPF) yang mulai naik.

“Untuk itu, kami mendorong fintech bekerja sama dengan bank supaya ketika memberikan kredit, dia mulai mengadopsi standar kredit dari bank supaya NPF lebih terawasi,” katanya belum lama ini.

Adi menyoroti, permintaan terhadap produk fintech syariah sudah mulai terlihat, utamanya pada produk konsumsi seperti gadget dan elektronika. Selain itu, pembiayaan modal kerja juga menjadi salah satu primadona bagi industri fintech syariah.

“Di satu sisi kami senang ada fintech, tetapi di sisi lain kita harus menjaga risikonya,” katanya belum lama ini.

Hingga April 2018, kredit macet fintech secara keseluruhan masih di kisaran 0,53%. Sementara pada Januari 2018, NPF sempat mencapai di atas 1%.

Saat ini, DSN-MUI sudah mengakomodasi enam bisnis model fintech syariah yang dirangkum di dalam Fatwa DSN-MUI No:117/DSN-MUI/II/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah.

http://finansial.bisnis.com/read/201...ong-kerja-sama

kerja sama gan
Urutan Terlama
Sip2. Jangan mau kalah sama bank konven.

Ketika saatnya tiba bank syariah akan booming. dan akhirnya jadi tulang punggung UMAT. UMAT SIAP!!! emoticon-shakehand
Quote:


beneran bank syariah nih emoticon-Big Grin

#tanya
setiap dengar istilah fintech, selalu ingat black panda

Fintech dan Bank Syariah Didorong Kerja Sama
emang bisa fintech ga pake bunga? emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di