alexa-tracking

[ASK] Info tentang jalan tol di Jepang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b444b08582b2e6e078b4568/ask-info-tentang-jalan-tol-di-jepang
[ASK] Info tentang jalan tol di Jepang
Gan, ane lagi mempelajari sistem jalan tol yang ada di luar negeri, untuk dibandingkan dengan sistem jalan tol di Indonesia. Searching go*gle dan w!kipedia kurang detail infonya. Berikut beberapa isu yang perlu diperhatikan di jalan tol Indonesia:

  1. sistem pembayaran saat in masih menggunakan e-money, dimana pengendara masih perlu berhenti di toll gate, scan kartu (yang mana ada sensor yang kurang peka, memperlama waktu transaksi), buka palang, lalu pergi, which is makan waktu kalau dibandingkan dengan sistem freeflow (yang pake RFID itu).
  2. perilaku pengendara truk dan bus yang masih menggunakan lajur tengah dan kanan. Contoh di jalan tol Cikampek yang sudah 4 lajur, lajur 1-2 (kiri) di dominasi oleh truk, dan lajur 3 di dominasi bus, praktis untuk kendaraan pribadi hanya bisa bermanuver di lajur 3-4.
  3. perilaku pengendara kendaraan pribadi yang masih ada yang tetap di lajur kanan (yang harusnya hanya untuk mendahului), dan pengendara yang menyalip dari kiri.
  4. truk kelebihan muatan, isu terakhir di Indonesia, jika truk tertangkap kelebihan muatan, perhubungan dan operator jalan tol bingung dengan penyimpanan muatan berlebih yang diturunkan (baik lokasi maupun wewenangnya).


4 isu tsb yang menurut saya isu utama dalam sistem jalan tol di Indonesia. Mungkin agan-agan yang tinggal/pernah tinggal di Jepang bisa share untuk pertanyaan berikut:
  1. apa di Jepang juga mengalami isu tersebut? Jika iya, bagaimana pemerintahan Jepang mengatasi masalah tersebut?
  2. waktu saya exchange student di Hiroshima, saya pernah dengan info kalau sistem pembayaran tol di Jepang ada booth untuk bayar manual dan bayar dengan semacam e-money (yang juga freeflow, tidak berhenti), dengan insentif perhitungan biaya toll yang menggunakan e-money lebih murah daripada pembayaran manual. Mohon kiranya ada agan yang bisa mengklarifikasi info ini.


Mohon kiranya kaskuser yang di Jepang boleh berbagi infonya, lebih mantap lagi kalau di sertakan sumbernya (jika sumbernya masih dalam nihon-go, mohon disertakan kesimpulan sedikit).

Nuhun... *sungkem*
×