alexa-tracking

4 anak lagi diselamatkan, misi ke-3 disiapkan di gua Thailand

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b443b75c2cb17da368b4591/4-anak-lagi-diselamatkan-misi-ke-3-disiapkan-di-gua-thailand
4 anak lagi diselamatkan, misi ke-3 disiapkan di gua Thailand
4 anak lagi diselamatkan, misi ke-3 disiapkan di gua Thailand
Tentara dan polisi Thailand mengevakuasi seorang anak ke dalam helikopter yang akan membawanya ke Rumah Sakit Chiang Rai, Senin (9/7/2018). Anak itu adalah satu dari 13 anggota tim sepak bola Wild Boars yang terjebak di gua Tham Luang sejak 23 Juni 2018.
Empat anak lagi berhasil dikeluarkan dari gua Tham Luang Nang Non, Chiang Rai, Thailand, dalam operasi penyelamatan kedua yang berlangsung Senin (9/7/2018). Kini sudah delapan anak yang diselamatkan, tersisa empat anak dan seorang pelatih yang telah 17 hari terjebak dalam sistem gua tersebut akibat banjir yang melanda.

Sama seperti empat yang lebih dulu dibawa keluar gua pada Minggu (8/7), rombongan kedua tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Chiang Rai Prachanukroh untuk diperiksa. Tim dokter dan perawat telah menunggu mereka di lantai 8 rumah sakit tersebut, yang sengaja dikosongkan untuk merawat mereka.

Anak pertama yang berhasil diselamatkan pada operasi kedua tersebut melangkah keluar gua pada pukul 16.30 waktu setempat. Kemudian pada sekitar jam 19.00, akun Facebook Thai Navy SEAL mengabarkan total delapan anak berhasil diselamatkan dalam dua hari.
(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6&appId=1643543942554049"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Mereka langsung diterbangkan helikopter ke rumah sakit yang berjarak sekitar 80 km dari lokasi kejadian.

Juga sama seperti sebelumnya, tim penyelamat tidak mengumumkan nama keempat anak tersebut. Dengan demikian, selain tim penyelamat dan dokter, belum ada yang mengetahui identitas delapan anak yang telah tiba di rumah sakit itu.

Namun situs berita Aljazeera mengabarkan bahwa salah satu anak yang diselamatkan pada hari kedua itu adalah Nong Bew, nama panggilan untuk Ekarat Wongsukchan (14).

"Istri saya dan saya amat bahagia. Ini adalah hari yang paling penting bagi kami," kata Adhisak Wongsukchan, ayah dari anak tersebut.

Adhisak, juga orang tua seluruh anak yang terjebak di dalam gua, telah sepakat untuk tidak meninggalkan kawasan tersebut sebelum seluruh anak dan sang pelatih, Ekapol Chantawong (25), berhasil diselamatkan.

Kepada media (h/t The Guardian), dokter menyatakan identitas kedelapan anak itu sengaja belum diungkapkan untuk menjaga kesehatan mental para orang tua yang anak-anaknya masih terperangkap di dalam gua.

Ketua Tim Penyelamatan, Narongsak Osottanakorn, menyatakan bahwa mereka tengah mempertimbangkan untuk segera mempertemukan anak-anak itu dengan orang tua mereka.

"Tim medis tengah mempertimbangkan untuk mengizinkan keluarga terdekat mengunjungi mereka. Bisa melihat mereka melalui jendela kaca transparan," kata Narongsak.

Pada Selasa (10/7) pagi, izin tersebut tampaknya diberikan. Jonathan Head dari BBC mengabarkan bahwa orang tua dari empat anak yang pertama diselamatkan telah dipersilakan masuk ke rumah sakit untuk melihat kondisi mereka dari balik jendela kaca.
Parents of 1st 4 boys to be evacuated from #Thamluangcave have now been allowed to see them, through glass. Health of all 8 fine, after low body temp, pulse in some - now normal. Eating unspicy food, sitting up, alert - Perm. Sec Health Ministry
— Jonathan Head (@pakhead) July 10, 2018 Persiapan misi ke-3
Sementara itu, tim penyelamat beristirahat selama 20 jam sebelum misi ketiga dimulai. Misi ketiga dijadwalkan akan dimulai pada Selasa (10/7) pukul 16.00 waktu setempat. Walau demikian, menurut Narongsak, semua akan tergantung pada cuaca dan tingkat kedalaman air di dalam gua tersebut.

Hal yang kemudian jadi pertanyaan adalah apakah pada misi ketiga nanti mereka akan langsung membawa keluar lima orang yang tersisa atau tidak.

"Saya tidak bisa menjawab itu sekarang. Tergantung kondisi cuaca dan rencana kami," kata Narongsak dalam The Express. "Kami telah menyusun rencana untuk membawa empat. Tetapi jika kami ingin menyelamatkan lima, semua yang bertanggung jawab harus menyesuaikan rencana."

"Kami tak bisa mengesampingkan tim penyelam karena menyangkut masalah keselamatan," pungkasnya. Ada 90 penyelam dari berbagai negara yang terlibat dalam operasi penyalamatan tersebut.

Sebanyak 12 anak anggota tim sepak bola Wild Boars dan seorang pelatih mereka terjebak dalam sistem gua Tham Luang sejak 23 Juni ketika air mendadak meninggi saat mereka tengah menjelajah di dalamnya.

Penyelam asal Inggris menemukan mereka pada 2 Juli, terjebak di sebuah ceruk kecil berukuran 10 meter persegi berjarak sekitar 4,5 kilometer dari mulut gua. Sejak saat itu proses penyelamatan mereka dimulai dan menyita perhatian dunia.
Undangan final Piala Dunia 2018
Presiden Badan Sepak Bola Dunia (FIFA), Gianni Infantino, telah menyatakan bakal mengundang anak-anak dan pelatih yang terjebak itu ke Moskow, Rusia, untuk menyaksikan final Piala Dunia 2018 jika mereka semua berhasil dikeluarkan pada waktunya. Final Piala Dunia 2018 akan berlangsung pada 15 Juli.

"Saya amat berharap mereka bisa bergabung dengan kami pada final nanti. Hal itu jelas akan menjadi momen persatuan dan perayaan yang luar biasa," tulis Infantino dalam surat yang dikirimnya kepada Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT).

Walau ada peluang semuanya bisa diselamatkan sebelum 15 Juli, tetapi perjalanan ke Moskow sepertinya tak memungkinkan karena mereka pasti mesti menjalani proses pemulihan kesehatan yang butuh waktu panjang.

Usulan wartawan BBC, Nick Beake, yang disampaikan melalui akun Twitter pribadinya di bawah ini tampaknya bisa dipertimbangkan oleh FIFA dan Infantino.
The #ThaiCaveRescue boys will be kept in hospital for 7 days - say doctors. Looks like the World Cup final visit will have to wait. Instead they will watch on big screens. Can they be guests of honour in 2022 please @FIFAcom ?
— Nick Beake (@Beaking_News) July 10, 20184 anak lagi diselamatkan, misi ke-3 disiapkan di gua Thailand


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...i-gua-thailand

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 4 anak lagi diselamatkan, misi ke-3 disiapkan di gua Thailand Gerakan solidaritas bersama untuk Najib Razak

- 4 anak lagi diselamatkan, misi ke-3 disiapkan di gua Thailand Lima mantan terpidana korupsi gugat larangan nyaleg

- 4 anak lagi diselamatkan, misi ke-3 disiapkan di gua Thailand Kerugian kebakaran 39 kapal di Pelabuhan Benoa mencapai Rp120 miliar

×