alexa-tracking

Gerakan solidaritas bersama untuk Najib Razak

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b443a0ca2c06ed6228b4578/gerakan-solidaritas-bersama-untuk-najib-razak
Gerakan solidaritas bersama untuk Najib Razak
Gerakan solidaritas bersama untuk Najib Razak
Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak dan istrinya Rosmah Mansor menerima kotak donasi untuk membayar uang jaminan dari pendukungnya di pengadilan Kuala Lumpur, Senin (9/7/2018).
Kasus dugaan korupsi yang menimpa mantan Perdana Menteri Malaysia terus bergulir. Di tengah sidang yang terus berjalan, dukungan terhadap Najib muncul dan menggalang dana untuk membayar uang jaminan.

Sebuah kelompok menamakan diri "Solidariti Bersama Datuk Najib" meluncurkan kampanye tagar #FREENAJIB untuk penggalangan dana uang jaminan sebesar RM500 ribu atau senilai Rp1,7 miliar.

Sesuai dengan keputusan persidangan, Najib harus membayar uang jaminan sebesar 1 juta ringgit Malaysia agar tak ditahan selama menjalani sidang. Kedua putrinya, Nooryana Najwa dan Mohd Norashman sudah membayarkan setengahnya. Najib harus melunasi uang jaminan tersebut paling lambat pada Senin (9/7/2018).

Otoritas Malaysia telah membekukan rekening Najib dan lima anaknya. Najib memiliki dua anak dari pernikahannya dengan Rosmah Mansor, yaitu Nooryana Najwa dan Mohd Norashman. Dari pernikahan sebelumnya dengan Tengku Puteri Zainah Tengku Eskandar, Najib memiliki tiga anak, yakni Mohd Nizar, Mohd Nazifuddin, dan Puteri Norlisa.

Juru bicara solidaritas Najib, Mohd Razlan Mohamad Rafii, mengatakan, penggalangan dana itu akang membantu keuangan dan dukungan moral terhadap Najib. "Donasi itu tidak hanya berasal dari seluruh penjuru Malaysia, tapi juga ada yang dari Singapura, Indonesia, dan Kanada," ujar Mohd Razlan Mohamad Rafii, juru bicara Solidariti Bersama Datuk Najib, dilansir Business Times.

Sejumlah pendukung Najib bahkan ada yang menjual gelas emas untuk menambah dana jaminan itu. Ketua Wanita Umno, Puan Zaleha Bujang, melego gelangnya seharga RM3.000 (sekitar Rp10,7 juta) dan langsung masuk Tabung Solidariti Bebaskan Najib.

Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) menangkap Najib Razak di kediamannya di Jalan Langgak Duta Kuala Lumpur, Selasa (3/7/2018). Najib menjadi tersangka dalam dugaan korupsi lembaga investasi negara melalui SRC International.

Sehari setelah penangkapan, Najib menghadapi dakwaan korupsi dan penyalahgunaan kewenangan dalam sidang di Pengadilan Tinggi di Kuala Lumpur pada Rabu (4/7/2018).

Najib menghadapi tiga dakwaan karena mengambil keuntungan atas jabatannya serta satu dakwaan gratifikasi dalam kapasitasnya sebagai Perdana Menteri dan Menteri Keuangan. Ancaman hukuman atas dakwaannya itu adalah penjara 20 tahun.

Jaksa Agung, Tommy Thomas mengatakan Najib, sebagai pejabat publik, ketika menjadi Perdana Menteri dan Menteri Keuangan pada 2011-2015, telah menerima gratifikasi senilai RM42 juta (sekitar Rp150 miliar).

Suap terhadap Najib berkaitan dengan SRC International, perusahaan yang awalnya merupakan anak perusahaan milik negara, 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

1MDB dibentuk Najib pada 2009 di bawah naungan Kementerian Keuangan Malaysia. Badan ini didirikan untuk menjadikan Kuala Lumpur sebagai salah satu pusat finansial untuk meningkatkan investasi pemerintah.

1MDB menjadi mulai sorotan awal 2015 karena tak bisa membayar utang ke bank dan instansi lain. Najib berulang kali menyanggah tuduhan korupsi dan dinyatakan bersih oleh pihak berwenang Malaysia saat berkuasa.

Penanganan kasus korupsi di 1MDB yang diduga melibatkan Najib makin intensif, sejak Mahathir Mohamad secara mengejutkan menang pemilu pada Mei lalu, menumbangkan pemerintahan pimpinan Najib Razak.
(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6&appId=1643543942554049"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk')); Saya sangat tersentuh hati dengan kesanggupan Puan Zaleha Bujang , Ketua Wanita Jasin mengorbankan gelang kesangannya untuk menyumbang kpd Tabung Bantu an ikat jamin saya.
— Mohd Najib Tun Razak (@NajibRazak) July 6, 2018Gerakan solidaritas bersama untuk Najib Razak


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...uk-najib-razak

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Gerakan solidaritas bersama untuk Najib Razak Lima mantan terpidana korupsi gugat larangan nyaleg

- Gerakan solidaritas bersama untuk Najib Razak Kerugian kebakaran 39 kapal di Pelabuhan Benoa mencapai Rp120 miliar

- Gerakan solidaritas bersama untuk Najib Razak DP nol persen rumah itu untuk orang muda