alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Lima mantan terpidana koruptor gugat larangan nyaleg
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b44373cdbd770e3298b4577/lima-mantan-terpidana-koruptor-gugat-larangan-nyaleg

Lima mantan terpidana koruptor gugat larangan nyaleg


Setidaknya lima mantan terpidana kasus korupsi menggugat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait larangan pencalonan menjadi anggota legislatif ke Mahkamah Agung (MA).

Kelima mantan terpidana korupsi adalah Wa Ode Nurhayati (kasus korupsi Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah), lalu Sarjan Tahir (kasus korupsi alih fungsi hutan Banyuasin, Sumatera Selatan), kemudian Darmawati Dareho (korupsi pembangunan dermaga di kawasan Indonesia Timur), juga Patrice Rio Capella (kasus suap Gubernur Sumatra Utara), dan Al Amin Nur Nasution (kasus korupsi alih fungsi lahan dan peralatan Departemen Kehutanan).

Darmawati Dareho adalah mantan pegawai Departemen Perhubungan, sedangkan 4 orang penggugat lain adalah mantan anggota DPR.

Darmawati ingin jadi legislator di DPRD Manado, Sulawesi Utara. Sedangkan Sarjan Tahir mau maju lagi jadi anggota DPR RI dari Sumatera Selatan. Rio Capella masih kangen dengan kursi di DPR, mewakili Provinsi Bangka Belitung. Al Amin Nur Nasution, ingin menjadi wakil Provinsi Jambi di DPR RI. Sedangkan Wa Ode Nurhayati ingin mewakili Sulawesi Utara.

Larangan KPU ini mengganjal langkah mereka. Darmawati menilai, kewenangan mengusung calon itu ada di tangan partai politik, bukan di tangan KPU.

"Saya tidak membela diri, tapi di sini ada pembantaian hak yang dilakukan oleh Komisioner KPU," kata Darmawati, Senin (9/7/2018) seperti dikutip dari Tempo.co. Menurutnya, untuk mengukur seorang mantan narapidana bermoral atau tidak bukanlah domain KPU.

Penggugat lainnya, Rio Patrice Capella menyebut KPU tak berhak mengatur hal pencalonan, karena berpolitik adalah hak setiap orang.

”Anggap saja misalnya saya mewakil semuanya (eks napi korupsi), apa salah saya? Saya sudah menjalani hukuman. KPU tak bisa mengatur-atur urusan itu, apa hak Anda (KPU)? ” kata Rio kepada iNews, Kamis (5/7/2018) malam.

Sedangkan Wa Ode, lewat pengacaranya Herdiyan Saksono menilai, Undang-undang Pemilu tidak mengatur norma yang melarang caleg mantan terpidana korupsi. "Tidak ada larangan secara tegas kenapa PKPU bisa muncul menabrak norma di atasnya," kata Herdiyan kepada detikcom, Sabtu (7/7/2018).

Darmawati menyatakan, telah melayangkan gugatan ke MA berupa permohonan pengajuan gugatan judicial review terhadap Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota legislatif. Peraturan itu dianggap bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

KPU melarang mantan napi kasus korupsi, bandar narkoba, dan kasus pelecehan seksual menjadi calon anggota legislatif, dalam Peraturan KPU nomor 20 tahun 2018.

Tapi larangan ini masih bisa digugat ke MA. Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah menjelaskan, siapa pun boleh mengajukan gugatan uji materi.

"Siapa pun yang merasa tidak terakomodir kepentingannya di dalam ketentuan pasal-pasal itu dengan mekanisme uji materi," kata Abdullah di Jakarta, Jumat (6/7/2018).

KPU menghormati gugatan yang diajukan para mantan terpidana korupsi tersebut. Mereka siap menghadapi uji materi yang akan digelar di MA. Gugatan ini digelar seiring pendaftaran caleg di KPU yang digelar antara 4-17 Juli 2018.

Jika gugatan ini berhasil, para mantan terpidana korupsi bisa maju lagi menjadi caleg yang dipilih dalam Pemilu 2019.
Lima mantan terpidana koruptor gugat larangan nyaleg


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...arangan-nyaleg

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Lima mantan terpidana koruptor gugat larangan nyaleg Kerugian kebakaran 39 kapal di Pelabuhan Benoa mencapai Rp120 miliar

- Lima mantan terpidana koruptor gugat larangan nyaleg DP nol persen rumah itu untuk orang muda

- Lima mantan terpidana koruptor gugat larangan nyaleg Kalau Anies jadi capres, Gerindra tak suka

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
udah terpida ada ada aja langkahnya


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di