alexa-tracking

5 Tips & Trik Sukses Bermain Game Championship/Football Manager Versi Ane Gan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b442f3c1ee5dfae6e8b4567/5-tips-amp-trik-sukses-bermain-game-championship-football-manager-versi-ane-gan
icon-hot-thread
5 Tips & Trik Sukses Bermain Game Championship/Football Manager Versi Ane Gan
5 Tips & Trik Sukses Bermain Game Championship/Football Manager Versi Ane Gan

Assalamu’alaikum, selamat pagi/siang/sore/malam para Kaskuser dimana pun berada!
Ketemu lagi dengan ane, “solehikhsanudin”.
Kali ini dalam rangka turut meramaikan event Kaskus Kreator Top 5 Games tentang tips & trik dalam bermain game.

Spoiler for :


Yup, langsung saja, cekidot gan/sis...
Kali ini ane mau membagikan sedikit tips & trik dalam bermain game Football Manager (FM) atau yang dulunya bernama Championship Manager (CM). Bisa dibilang, game ini satu-satunya yang bisa membuat ane addicted dalam memainkannya. Di luar PC, bahkan ane juga memainkannya kapan pun dan dimana pun dengan perangkat notebook/laptop pertama yang ane beli sendiri dari hasil tabungan setelah beberapa tahun awal bekerja di ibukota hehehe.
Nah, untuk dapat sukses dalam memainkan suatu game, tentunya dibutuhkan tips & trik khusus yang harus dikuasai oleh gamers. Termasuk untuk game yang satu ini, dimana lebih bersifat game strategi yang kurang membutuhkan skill/kecepatan jari-jemari tangan. Namun demikian, tips & trik yang akan ane bagikan di sini lebih ke subjektif dari ane pribadi yang dalam dunia per-game-an hanya berstatus beginner, bahkan dalam beberapa kasus bisa diidentikkan dengan perilaku bermain game yang kurang sportif hehehe.


Tips & Trik Pertama : Pilih tim/club bola kesayangan yang cukup berkelas dari liga-liga top Eropa!

Spoiler for :


Pemilihan tim awal menjadi sangat penting bagi ane menyangkut setidaknya 2 hal utama, yaitu club bola favorit dan sisi menarik dalam memaikan game ini ke depannya secara keseluruhan.
Ane pribadi sebagai Juventini tentunya akan langsung memilih opsi untuk memainkan Juventus sebagai pilihan utama dalam bermain game ini, sementara Juventus sendiri berada di Serie A Italia di antara liga-liga top Eropa yang memungkinkan adanya lebih banyak sisi menarik dalam kompetisinya.
Pemilihan untuk memainkan “tim gurem”, timnas, atau tim-tim dari liga di luar Eropa bisa saja menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang, namun opsi ini tidak menjadi pilihan bagi ane dalam memainkan game ini.

Tips & Trik Kedua : Mainkan opsi “Go On Holiday” saat akan menjalani pertandingan!

Spoiler for :


Ane memainkan opsi “Go On Holiday” dengan pertimbangan efisiensi waktu mengingat hobi bermain game ini lebih kepada mengisi waktu (killing the time) saja.
Selain itu, tujuan ane adalah untuk memenangi pertandingan demi pertandingan (hingga memenangi kompetisi) bersama tim favorit ane, sehingga lebih mudah untuk mengulang pertandingan jika ternyata mengalami kekalahan atau seri (imbang).
Dalam konteks ini, setidaknya ada 2 hal yang patut dipertimbangkan, yaitu pastikan setting ke opsi “Leave to Assistant Manager” sejak awal permainan (pastikan pula Assistant Manager yang direkrut memiliki kapabilitas yang bagus) dan jangan lupa langsung “Save” sesaat setelah pertandingan untuk mengunci kemenangan hehehe.

Tips & Trik Ketiga : Incar pemain-pemain berkualitas dari news “The Best Team” atau “The Best Player”!

Spoiler for :


Sudah menjadi mafhum bahwa akan melintas news “The Best Team” atau “The Best Player” setelah selesainya suatu kompetisi, baik itu liga, UCL, World Cup, maupun kompetisi-kompetisi sejenis lainnya.
Bagi ane, kabar gembira ini harus dimanfaatkan secara optimal dengan mengincar pemain-pemain tersebut untuk semakin menambah kekuatan skuad kita ke depannya. Cukup dengan “Declare Interest” atau terus terang “Make An Offer”, otomatis nama pemain tersebut akan tersimpan di dalam daftar pemain incaran kita. Kebiasaan ane, setelah lewat satu musim, ane akan rutin menghapus pemain incaran dengan metode First In First Out (FIFO) untuk menghindari terlalu banyaknya news tentang pemain tersebut yang cukup menyita perhatian.
Sebagai catatan, ane sudah pensiun cukup lama dari game ini, sehingga mungkin ada banyak perubahan model permainan sejak beberapa tahun terakhir.

Tips & Trik Keempat : Fokus pada konsistensi bermain ketika identitas para pemain sudah tidak real!

Spoiler for :


Ketika kecepatan bermain relatif tinggi dan tahun kompetisi sudah dalam kisaran puluhan tahun, tentunya nama-nama pemain yang kita kenal sekarang sudah retired sebagai pesepakbola, digantikan dengan nama-nama asing yang merupakan settingan dari game secara acak.
Dalam kondisi ini, tentunya keasyikan bermain rata-rata sudah tidak setinggi ketika masa-masa awal bermain game ini, sehingga konsistensi menjadi salah satu hal yang paling urgent untuk dapat terus menikmati permainan.
Ane sendiri bisa dibilang cukup konsisten dalam memainkan game ini sejak masa kuliah strata-1, hingga akhirnya rasa kecanduan ini hilang dengan sendirinya setelah ane menggenapkan separuh agama ane alias melangsungkan pernikahan hehehe.

Tips & Trik Kelima : Jika terpaksa, jalankan cheat dengan “Add Manager” atau ubah settingan pemain!

Spoiler for :


Bagi ane, opsi “Add Manager” baru dijalankan ketika menghadapi suatu pertandingan yang sangat sulit meskipun telah diulang berulang kali padahal butuh kemenangan. Fungsi “Add Manager” sendiri dijalankan dengan cara apply menjadi manager dari tim lawan untuk mengacak-acak (melemahkan) strategi dan permainan tim tersebut. Setelah memenangkan pertandingan yang dimaksud, ane biasanya langsung “leave” dari tim tersebut untuk kembali fokus pada tim inti.
Sementara itu, cheat dengan mengubah setting-an pemain, ane mendapat “ilmu” ini dari seorang teman dengan cara masuk ke sistem game dan meng-edit skor dari masing-masing sektor pemain.
Dalam pengalaman ane, hanya sekali atau dua kali ane pernah terpaksa menggunakan opsi “Add Manager”, namun belum pernah melakukan perubahan terhadap setting-an pemain karena bagi ane itu sama sekali tidak menarik untuk game ini.

Spoiler for :


Demikian sekelumit Tips & Trik dari ane dalam bermain game Championship/Football Manager, sekaligus sebagai momen nostalgia ane dengan game yang selalu menemani perjalanan hidup ane sampai lulus dari kuliah strata-2 di ibukota.
Semoga dapat sedikit menambah informasi bagi para Kaskuser sekalian, sekaligus menambah khasanah pengetahuan di Forum Games Kaskus tercinta.
Wassalam!!!

Sumber :
Narasi : pemikiran sendiri.
Ilustrasi : Google Images.
image-url-apps
PERTAMAX
emoticon-Cool
5 Tips & Trik Sukses Bermain Game Championship/Football Manager Versi Ane Gan


Hate sepi amat, sampe ane dapet pertamax emoticon-Hammer2
image-url-apps
Nice tips gan
KASKUS Ads
image-url-apps
Okelah gan emoticon-Swiss
Otw download emoticon-Traveller
image-url-apps
hadyuhhh, mana asik maen fm pk ngecheat
dan ini game pernah bikin gue jd mundur kuliah selama 2tahun
image-url-apps
Mantap tipsnya.
Bikin enjoy mainnya.

Serasa kita lagi bergoyang...


Tarik mang!

5 Tips & Trik Sukses Bermain Game Championship/Football Manager Versi Ane Gan
image-url-apps
Ane di kantor masih maen FM 2005 dan masih pake Ac Milan, skrg lagi musim 2095-2096
image-url-apps
Load and save simple
image-url-apps
bagi linknya dong yg competible ama os syimbian emoticon-Betty
image-url-apps
Ane udah lama gak main nih game
Soalnya kalah mulu emoticon-Malu
image-url-apps
Dulu jaman main fm 2007 pasti tiap match di save dulu lanjut go on holiday kalau menang lanjut kalau kalah load game emoticon-Big Grin hihihi
Sekarang masih bs ga ya kek gtu?
image-url-apps
ane gak bisa main fm gan
mending pes/fifa yg ada gameplaynya emoticon-Bola
image-url-apps
kayaknya bagus ini game. coba maen ah
image-url-apps
Ane pernah jadi manager Indonesia, sampe jadi juara dunia, tapi nge-cheat sih emoticon-Malu
image-url-apps
Ane maen game ini ampe tipes bre
Lupa makan, lupa tidur,
Cuma 1 yg ga lupa
MANTAN..

KAMVRET!
image-url-apps
pake joki
image-url-apps
halo salam sesama manager
udah lama ga main lg
kangen
emoticon-Wakaka
image-url-apps
enakan pake tim kasta bawah terus bawa promosi lah lebih greget emoticon-Cool
image-url-apps
Quote:


Btw taon segitu belom kiamat ya bre??