alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cawapres Kalangan Islam Jadi Primadona di Pilpres 2019
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b442c20902cfe4b708b4567/cawapres-kalangan-islam-jadi-primadona-di-pilpres-2019

Cawapres Kalangan Islam Jadi Primadona di Pilpres 2019

Cawapres Kalangan Islam Jadi Primadona di Pilpres 2019
Anies Baswedan, Tuan Guru Bajang, dan Mahfud MD.(Istimewa)


Jakarta – Pemandangan berbeda terjadi menjelang Pemilihan Presiden 2019. Nama-nama calon wakil presiden atau cawapres kalangan Islam mencuat dan menjadi incaran koalisi partai politik. Mahfud MD, Anies Baswedan, dan Tuan Guru Bajang yang dari kalangan Islam mencuat sebagai calon kuat cawapres 2019.

Hasil penelitian dan sigi terbaru yang dilakukan lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) memunculkan lima nama cawapres potensial di pesta demokrasi tahun depan. Penelitian ini sendiri dilakukan terhadap elite, tokoh berpengaruh, dan masyarakat.


Adapun lima nama cawapres potensial menurut SMRC adalah Mahfud MD, Gatot Nurmantyo, Sri Mulyani Indrawati, Anies Baswedan, dan Tuan Guru Bajang. Tiga dari lima nama tersebut berasal dari kalangan Islam. Sementara itu, Gatot dari lingkungan militer dan Sri Mulyani dari kalangan ekonom.


Mahfud, Anies, dan Tuan Guru Bajang (TGB) digadang-gadang punya kans besar masuk bursa cawapres. Mahfud dan TGB punya potensi menjadi pasangan calon petahana, Presiden Joko Widodo.


Kedua nama itu punya kedekatan dengan Presiden. Mahfud masuk menjadi anggota dewan Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) yang dibentuk oleh Presiden untuk menguatkan ideologi Pancasila. Sementara, TGB baru-baru ini merapat dan mendukung Presiden, meski ia merupakan kader Partai Demokrat.


Sementara itu, Anies Baswedan dinilai bakal disandingkan bersama Prabowo Subianto. Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta berkat dukungan dan restu Prabowo.

Kedekatan ketiga calon cawapres kalangan Islam ini bukan tanpa sebab. Pertama, kemungkinan dua calon presiden yang bersaing di Pilpres 2019 nanti berasal dari kalangan nasionalis. Jadi, perimbangan cawapres dari kalangan Islam menjadi syarat mutlak.

Kedua, isu politik yang berkembang sejak 2014 memang cenderung bersinggungan dengan Islam. “Itu yang menjadi isu sekarang kan? Karena sejak 2014 sampai sekarang itu kan ada isu siapa calon yang dianggap proumat dan antiumat. Maka, nama-nama yang dari kalangan santri itu menjadi penting,” ujar Djayadi Hanan, CEO SMRC.

Cawapres Kalangan Islam Pengimbang Capres Nasionalis

Djayadi pun menambahkan, Joko Widodo membutuhkan cawapres kalangan Islam untuk mengimbangi dirinya yang lebih mewakili kalangan nasionalis. Apalagi, Jokowi kerap diterpa isu kurang pro terhadap umat Islam.

Hal sama juga terjadi di kubu Prabowo. Meski Prabowo kerap mencitrakan diri dekat dengan kalangan Islam, toh ia masih membutuhkan sosok cawapres kalangan Islam. Sebab, keterwakilan Islam dalam kandidat penting, meski sudah banyak menarasikan dekat dengan Islam.

Dalam sejarah demokrasi di Indonesia, terutama ketika pemilihan presiden dilakukan langsung oleh rakyat, sosok tokoh amat penting bagi pemilih. Sosok calon ini harus memiliki kedekatan sosial dan emosional dengan pemilih.

Menurut Aditya Perdana, Direktur Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia, kedekatan tersebut sangat penting, sebab calon yang maju nantinya harus memerhatikan dan mengakomodasi kelompok-kelompok yang berbeda.

“Sejak 2014, sejak pemilihan presiden secara langsung, faktanya kita dihadapi situasi tokoh politik menjadi figur yang sangat sentral, menjadi figur yang sangat penting bagi pemilih, ketimbang politiknya,” jelas Aditya.

Pemilih di Indonesia, lanjut Aditya, masih mengesampingkan program dan kebijakan yang bakal dibawa oleh calon. Mereka lebih memprioritaskan sosok tokoh tersebut. “Sebaliknya kandidat merasa kedekatan secara emosional dan psikologis dulu yang harus disampaikan (kepada publik),” tambah Aditya.

Dengan penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam, calon yang Islam dan Islamis tampaknya bakal menjadi penentu. Baik Joko Widodo dan Prabowo akan menghitung potensi calon wakil presiden yang bakal mereka pilih. Terutama yang bisa mendongkrak elektabilitas.


Sumber
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Mahmud MD..
cawapres prabowo malah militer lagi = AHY
jadi rezim militer dong wok ? emoticon-Takut (S)
Kalangan BUDHA, KRISTEN dan HINDU lebih keren2 padahal ya

emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
Jokowi - Puan emoticon-Big Grin
sejak indonesia berdiri, memang pernah ada capres, cawapres, presiden dan wapres yg bukan beragama islam ??

bingung gw jadinya emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Post ini telah di hapus oleh kaskus.support17
Ane kok bingung, definisi islam di sini apa?

Mau di kapir2kan,di PKI kan di oseng asingkan... jokowi jelas beragama islam.. dan kalau melihat Islam sebagai agama,jelaslah dia mewakili umat agama(ukhuwah islamiyah kan?)

Kalangan agamis...ane rasa lebih patut,tidak mendiskreditkan agama tertentu.....

Nih pengamat udah kemakan omongan kampret keknya,seolah yg berseberangan dgn mereka identik dgn kapir... nasbung emang biadab dalam bermain politik identitas,ampe menyesatkan orang banyak......goblok

paling ditakutkan kalo jokowi sama tgb maju.. oposisis soalnya sdh muja muja tgb setinggi langit mw di rivalkan ke jokowi ,, ternyata mlah balik badan kek gtu
Kalo cawapresnya ketiga orang itu ane jadi nasbung
:goyang :goyang :goyang
Kalo bocoran 10 cawapres yg beredar akurat kemungkinan besar Mahfud MD yg bakal kepilih jd cawapres-ny Jokowi.
Dilihat dari kapasitas & track record lebih mumpuni ketimbang Muhaimin Iskandar, Moeldoko, Romahurmuziy.
Terus onta 212 senang emoticon-Mad
capres wowok itu apa pernah sholat ya?
Quote:


Memang gak ada gan...mungkin maksud "kalangan islam" disini bukan yg hanya bergama islam namun mindset,aspirasi juga tindak tanduk politiknya juga memakai "Islam" sebagai landasannya...


Paling itu lagi itu lagi
coba ada capres atheis emoticon-Big Grin eeh, ga boleh yaa
jokowi - aher 2019

dah pekaes realistis aja dah, gerindra ama demokrat mau ngusung masing2 capres cawapres

emoticon-Ultah
Quote:


B E T U LLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL

emoticon-Ngakak
gak ada yang sreg dari ketiga itu :goyang :goyang
Quote:


Catet emoticon-Hansip


Quote:


Noted :nulisah
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di