alexa-tracking

Memilih Mobil MATIC saat Perjalanan Jauh

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b442a1232e2e6974e8b4569/memilih-mobil-matic-saat-perjalanan-jauh
Memilih Mobil MATIC saat Perjalanan Jauh
Memilih Mobil MATIC saat Perjalanan Jauh


JAKARTA - Melakukan perjalanan jauh dengan mobil bertransmisi otomatis tentu sangat menyenangkan, terutama meringankan beban kaki Anda ketika harus menyetir dalam waktu berjam-jam. Pasalnya, berkendara jauh butuh fisik yang prima.

Selain meringankan beban fisik saat menjalani perjalanan berjam-jam, mobil matik juga membuat pengendaraan lebih praktis dan relatif lebih mudah, terutama bagi pengemudi pemula atau perempuan.

Itu semakin sempurna seiring perkembangan teknologi transmisi otomatis di mobil modern. Sejumlah pengembangan fitur pintar disandingkan dengan transmisi otomatis, seperti teknologi over-drive hingga drive mode yang memberikan sensasi berbeda saat mobil matik digeber di jalan bebas hambatan.

Selain itu, perkembangan teknologi transmisi otomatis saat ini juga sudah mulai menepis anggapan bahwa mobil matik lebih boros daripada manual.

Salah satu inovasi itu bisa dirasakan pada model Wuling Cortez lewat transmisi yang mereka sebut i-AMT (intelligent-Automated Mechanical Transmission).

Sempat ada yang meragukan, namun itu langsung ditangkis dan pabrikan asal Tiongkok ini meyakinkan bahwa miliknya berbeda dan telah dikembangkan secara khusus.

Perlu diketahui, i-AMT milik Cortez merupakan hasil pengembangan khusus milik Aisin - sebuah perusahaan otomotif yang saat ini sangat piawai memasok drivetrain OEM (Original Equipment Market).

Pengembangan khusus itu dilakukan pada pengontrol modulnya, di mana AMT dikendalikan oleh TCM (Transmission Control Module) yang berfungsi untuk mengontrol clutch motor, shift motor dan selector motor.

Di Cortez sendiri, perangkat TCM sudah mendapat sentuhan berbeda agar menghasilkan output yang maksimal pula.

Dengan demikian, Wuling Motors menyebutkan bahwa i-AMT 5-percepatan yang dikimpoikan dengan mesin 1.8L 4-silinder in-line DOHC memiliki sejumlah keunggulan dibanding produk AMT lain.

Sensasi berkendara yang lebih nyaman karena perpindahan gear lembut, lebih responsif dan tanpa slip menjadi hal yang mendasar. Bahkan, dengan pengoperasian yang tepat Anda bisa merasakan proses shifting gear yang lebih halus lagi.

i-AMT Cortez juga menyediakan pilihan mode berkendara (drive mode) yakni D/E (Eco) dan D/S (Sport) serta manual. Eco merupakan pilihan berkendara normal yang lebih efisien, sementara mode Sport jika Anda ingin merasakan sensasi lebih gahar dengan kesan yang jauh berbeda.

Tidak itu saja, i-AMT milik Cortez juga mampu menjaga pengeluaran Anda tetap ringan dengan tawaran ongkos perawatan lebih murah ketimbang transmisi otomatis konvensional.

Pasalnya, jika transmisi otomatis konvensional dilengkapi pelumas ATF yang harus diganti secara berkala. Berbeda dengan transmisi i-AMT yang sudah tidak lagi membutuhkan pelumas ATF, sehingga pengeluaran saat perawatan pun tetap ringan.



sumber : jpnn