alexa-tracking

China Tak Terima Dua Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b4429b5de2cf2c81d8b4567/china-tak-terima-dua-kapal-perang-as-lintasi-selat-taiwan
China Tak Terima Dua Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan
- Pemerintah China tak terima dengan tindakan Amerika Serikat (AS) yang mengirim dua kapal perang dengan melintasi Selat Taiwan. Beijing menganggap Washington telah menggunakan "kartu Taiwan" di tengah ketegangan terkait perang dagang.
Dua kapal perang Washington melintasi Selat Taiwan pada 7-8 Juli. Pakar pertahanan Beijing menyatakan, langkah Washington sudah termasuk provokasi militer.

Liu Jieyi, Kepala Kantor urusan Taiwan Pemerintah China, mengatakan orang-orang Taiwan harus memahami dengan jelas tujuan sebenarnya di balik langkah-langkah AS tersebut. Menurut bekas Duta Besar China untuk PBB itu, AS sudah menggunakan "kartu Taiwan" untuk beberapa waktu dengan tujuan yang jelas.

"Kami kukuh menentang setiap tindakan yang merugikan kepentingan nasional China. Kami tidak akan menerima itu," kata Liu di sela-sela forum tentang hubungan lintas selat di Hangzhou, yang dikutip dari South China Morning Post, Senin (9/7/2018).

"Publik Taiwan harus memahami dengan jelas tujuan sebenarnya di balik gerakan AS ini dan jangan membantu mereka memainkan 'kartu Taiwan'," ujar Liu.

Baca: Taipei-Beijing Tegang, Dua Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan

Sementara itu, Kapten Charlie Brown, juru bicara Armada Pasifik AS, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dua kapal Angkatan Laut AS memang melakukan transit rutin melalui perairan internasional di Selat Taiwan pada 7-8 Juli.

"Kapal Angkatan Laut AS transit antara Laut China Selatan dan Laut China Timur melalui Selat Taiwan dan telah melakukannya selama bertahun-tahun," kata Brown.

Para pejabat AS, yang berbicara dengan syarat tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa dua kapal perang yang melintasi Selat Taiwan itu adalah kapal perusak USS Mustin dan USS Benfold.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapal-kapal Amerika bergerak ke arah timur laut dan pelayarannya masih sesuai dengan peraturan.

Beijing mengklaim Taiwan sebagai provinsinya yang nakal dan tidak pernah bersedia mengakuinya sebagai negara.

Beijing telah meningkatkan tekanan diplomatik dan militer terhadap Taiwan sejak Presiden Tsai Ing-wen yang pro-kemerdekaan mengambil alih kekuasaan dua tahun lalu. Pemeritahannya menolak mengakui kebijakan "Satu China" yang telah berlaku bertahun-tahun. Kebijakan itu menyatakan, wilayah Taiwan, Makau dan Hong Kong menjadi satu kesatuan dengan China.

Para ahli pertahanan China mengatakan pengiriman dua kapal perang AS melalui Selat Taiwan adalah provokasi serius dan disengaja terhadap Beijing.

https://international.sindonews.com/read/1320064/40/china-tak-terima-dua-kapal-perang-as-lintasi-selat-taiwan-1531110837
image-url-apps
taiwan aja yg punya wilayah ga protes
ngohaha
image-url-apps
dulu saya emang setuju tentang satu china.
tapi ketika tahu kelakuan mainlander china dan birokrasi mainland yang buruk serta sejarah maozedong malah lebih pro ke taiwan.
KASKUS Ads
image-url-apps
Cina dipecundangi Trump
amerika (barat) udah terkenal dgn adu domba,propaganda & konspirasinya
gpp tak bisa bersatu lagi ...yg penting tetap damai2 aja
jangan terprovakasi amerika ( barat )
amerika ( barat ) itu sejak thn 1949 sampai sekarang terus berusaha adu domba supaya china & taiwan perang
karena Perang China vs Taiwan, Paling Menguntungkan Amerika

tapi amerika ( barat ) tetap gak berhasil
karena baik china maupun taiwan ,sama2 tahu ..
kalo umpamanya mrk perang ..maka sesama ras akan saling perang/bunuh2

sampai kiamat akhir zaman kepercayaan kalian itu
China & Taiwan tidak akan pernah berperang

sinophobia terus bermimpi aja ingin lihat china -taiwan berperang
mimpi kalian tak mungkin akan tercapai
image-url-apps
Quote:


Di Taiwan kalo yang memerintah Kuomintang, kebijakannya memang satu Cina, yakni Republik Cina, termasuk mengklaim Cina Daratan termasuk dalam wilayahnya. Mengklaim bahwa pemerintahan di Taiwan adalah pemerintahan yang sah atas seluruh Cina, dan pemerintahan PKC di Mainland adalah pemerintahan ilegal yang tidak sah.

Sementara kalo Partai Demokratik Progresif (DPP), menekankan identitas yang berbeda dengan Mainland, Taiwan ya Taiwan, Mainland ya Mainland, gak ada hubungannya. Tidak perlu lagi mengklaim satu Cina, Taiwan merdeka "penuh" saja.

Basis pendukung KMT pendukung satu Cina adalah keturunan orang-orang Han dari Mainland yang menyingkir ke Taiwan tahun 1949, pasca Cina Daratan dikuasai PKC, sedangkan basis pendukung DPP pro kemerdekaan Taiwan yang lepas dari identitas Mainland adalah keturunan "orang Taiwan asli" yakni orang Hokkien yang telah ada di Taiwan sejak berabad-abad yang lalu, terutama sejak abad ke 17, imigrasi besar-besaran Hokkien ke Taiwan. Jadi sudah merasa tidak ada identitas Mainland dalam diri mereka, dan menjadi pendukung Nasionalisme Taiwan.

Dan ironisnya, gerakan kemerdekaan Taiwan yang dipelopori DPP yang Nasionalis Taiwan ini tidak didukung oleh suku-suku indigenous Taiwan atau Aborigin Taiwan, yakni orang "Indian"-nya Taiwan, penduduk asli Taiwan yang mendiami Taiwan sebelum kedatangan orang Han. Suku-suku asli Taiwan memandang bahwa Kemerdekaan Taiwan dan Nasionalisme Taiwan ini pada dasarnya adalah Nasionalisme Hokkien, dan suku-suku asli Taiwan memiliki sejarah permusuhan lama dengan para pendatang Hokkien, yang dianggap menindas pribumi Taiwan selama berabad-abad. Penduduk pribumi Taiwan lebih nyaman bersama Kuomintang daripada bersama Nasionalis Taiwan DPP, makanya pribumi Taiwan juga adalah basis pendukung Kuomintang.

Di masa lalu penduduk pribumi Taiwan memandang bahwa pendatang Hokkien telah menindas mereka dan hanya pemerintahan Dinasti Qing di daratan dengan para pejabatnya yang datang dari daratan yang bisa mengendalikan penindasan oleh Hokkien, sekarang juga demikian, hanya KMT dan orang-orang dari daratan atau keturunan orang daratan yang bisa mengontrol kesewenang-wenangan Hokkien atas pribumi Taiwan, dengan identitas satu Cina setidaknya pribumi Taiwan masih diakui sebagai salah satu suku yang diakui disamping suku-suku lain, daripada identitas Nasionalis Taiwan yang hanya mengakui Hokkien saja.
Quote:


orang hokkien emang rasis2 dan diskriminatif, cina medan itu 100% orang hokkien.

cina di singapore dan taiwan emang mayoritas hokkien kok, cina di asia tenggara secara keseluruhan kebanyakan hokkien

Teochew-Hokkien is an Independent Nation
http://www.teochewhokkien.org/indepe...endent-nation/

Would people from Taiwan support Fujian independence?
https://www.quora.com/Would-people-f...n-independence

orang hokkien juga rasis2 kepada sesama cokin yg bukan hokkienemoticon-DP
image-url-apps
Lagi2 winnie the pooh diberakin Trump

China Tak Terima Dua Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan
Quote:


kesuperioritasan cokinemoticon-Imlek
China Tak Terima Dua Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan
image-url-apps
Quote:


cina medan enggak 100% hokkien lo, ada khek, konghu, teochew, hakka, dll dan emang kalau di medan kalo ngomong pake bahasa hokkian.



image-url-apps
Takut nih yeeee
Menlen teriak2 protes doang klo goliath yg lewatemoticon-Ngakak gimana gak teriak yg lewat kapal perusak Amrikemoticon-Ngakak ganggu langsung lah klo beraniemoticon-Wakaka
image-url-apps
😂😂😂😂😂😹😹😹😹😹 My dick is bigger and faster than yours
hadang lah klo memang merasa kedaulatannya diancam. ngancem doang. lemah kali klen emoticon-Traveller
Quote:


khek ya hakka, hakka ya khek ngapain lu sebutin 2x?emoticon-DP

emang bener kok cina medan itu orang2 hokkienemoticon-Imlek
image-url-apps
Pintar trump. Mo perang dagang diancam pakai taiwan. Terpaksa cina negosiasi lagi
image-url-apps
Ngapain orang menlen ke taiwan? Ngimpor konflik di tanah orang
Kembalikan formosa. Orang menlen kalo mau perang sodara ya di tanah menlen aja
Orang formosa malah lebih suka gabung ama jepang daripada menlen. Jepang yg mereka agar g diinjek2 pendatang menlen emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Ayan ngambek China Tak Terima Dua Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan
image-url-apps


Quote:


Ah biasa doi.

kejang2 terus dia
image-url-apps
Maunya melintasi laut natuna sesuka hati dia.
tp pas org lain lewat negara lain, dianya kejang2 emoticon-Big Grin

itulah china emoticon-Ngakak
×