alexa-tracking

Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b44254bd89b092f698b456a/rumah-dp-rp0-dari-janji-jadi-mimpi
icon-hot-thread
Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi
Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi
Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi
 


Pasangan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno memberi salam dalam rapat pleno terbuka di Kantor KPU DKI Jakarta, Jumat (5/5/2017). Rosa Panggabean /ANTARA


Pilkada DKI Jakarta sudah usai. Kini saatnya membayar tagihan. Salah satunya, janji yang ditagih adalah rumah DP (down payment) Rp0.

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno menyatakan, program itu buat warga dengan penghasilan tertentu agar bisa membayar cicilannya.

]"Ini lagi dihitung ya, ancar-ancarnya antara Rp7juta-Rp10 juta," kata Sandiaga seperti dinukil dari detikfinance, Rabu (12/7).[/color][/font][/size][/color]



Mereka yang bergaji Rp7 juta pun belum tentu langsung bisa ikut program ini. Sandi menyatakan, kalau seseorang pendapatannya Rp7 juta tapi pengeluarannya Rp6,9 juta, tak akan bisa ikut.

Jadi, harus yang bisa menabung dan digunakan untuk mencicil rumah," ujar Sandi seperti dikutip dari [url=http://megapolitan.kompas.com/read/2017/07/12/13554961/kata.sandi.penghasilan.rp.7.juta.belum.tentu.bisa.ikut.dp.0.rupiah
Kompas.com


Menurut hitung-hitungan http://finance.detik.com/properti/3557783/sandi-sebut-rumah-dp-0-rupiah-untuk-gaji-rp-7-juta-berapa-cicilannyadetikfinance, dengan gaji Rp7 juta, maka uang yang harus disisihkan tiap bulan buat mencicil angsuran rumah adalah Rp2,1 juta atau 30 persen dari gaji.

Sandi menilai program ini masih sama dengan janji kampanyenya dulu. "Itu skema pertama waktu kami masih sosialisasi. Sekarang tim lagi memfinalkan skemanya seperti apa," ujar Sandi.

Dalam laman Jakarta Maju Bersama, pasangan Anies-Sandi menyebut program ini Program Hunian Terjangkau dan DP Nol Rupiah.


Dalam dokumen kampanye itu ditulis, penduduk Jakarta yang tidak memiliki rumah tersebut terkonsentrasi pada 40 persen masyarakat termiskin.

Target program ini adalah warga dengan KTP DKI Jakarta, kelas menengah ke bawah, dengan penghasilan total rumah tangga sampai sekitar Rp7 juta per bulan, termasuk para pekerja informal yang kesulitan untuk mendapatkan fasilitas kredit, dan belum memiliki properti sendiri.

Dalam debat Pilkada putaran kedua, 12 April lalu, Anies menyebut program DP Rp0 untuk warga tak mampu.

Melihat targetnya, jelas janji kampanye ini menyasar warga kelas menengah-bawah. Tapi dengan syarat penghasilan minimal Rp7 juta dan harus bisa mencicil, malah membuat harapan memiliki rumah menjadi mimpi.



Warga tak mampu, kelas menengah ke bawah, masyarakat termiskin, atau apapun namanya, pendapatannya tak pernah jauh dari upah minimum.
Di Indonesia, tak ada wilayah dengan standar upah minimum sampai Rp7 juta. Di Jakarta Upah Minimum Provinsi tahun ini hanya mencapai Rp3,35 juta.

Meragukan Sejak Awal

Program ini memang meragukan sejak awal. Bank Indonesia enggan mengomentari program ini. Beberapa lembaga perbankan juga tak langsung mendukung.

Lippo Group pernah kepleset mendukung program ini. Tapi langsung diralat. BCA menunggu aturan dari pemerintah yang menaungi program ini.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara mengatakan sudah ada aturan soal DP rumah tertuang dalam Peraturan BI (PBI) Pasal 17 Nomor 18/16/PBI/2016 tentang Rasio Loan to Value untuk kredit properti. Bank hanya menanggung 85 - 90 persen dari total harga rumah. Sisanya harus dibayar pemohon dalam bentuk uang muka.

"Saya tidak mau komentar. Regulasi (peraturannya) tetap berlaku. Kalau dijamin pemerintah bisa saja," ujar Tirta di Kantor BI, Kamis (20/4) seperti ditulis Merdeka.com.

Dosen Kelompok Keahlian Perumahan Permukiman Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SKPPK) Institut Teknologi Bandung (ITB), Jehansyah Siregar menganggap sejak awal program tersebut memang tidak jelas skemanya.

Berbeda dengan program Perumahan Rakyat Pemerintah Pusat, yang jelas sudah ada struktur organisasinya di pemerintah pusat.
Program DP Rp0 ini tak jelas struktur organisasi pemerintah mana yang bisa menjalankannya. "Jadi itu bukan program. Itu hanya supaya menang pilkada-lah cari perhatian," kata Jehansyah.

https://beritagar.id/artikel/berita/rumah-dp-rp0-dari-janji-jadi-mimpi

WKWKWKWKW Sekelas Bank Indonesia aja ogah mendukung, apalagi Bank-Bank lain dengan Program ga jelas struktur organisasi pemerintah mana yg bs menjalankannya

terima kasih Rakyat Jakarta 58
anda mendapat Pemimpin Pribumi yang amanah santun seiman murah senyum Instagramable emoticon-Ngakak
bahagia pemimpinnya, Kena Kibul rakyatnya

btw wan abud ma wak doyok sudah merealisasikan rumahnya dp 0% nih dibawah
Quote:



wkkwkwwk ad panasbung kencing onta ga terima majikannya dihina
bata aja jeng geli geli bgt
Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi

jijik aq mas jijik, jangan sentuh aq mas emoticon-Big Grin

Quote:


tau pepatah di islam?

janji kecil aja ga ditepati, apalagi janji besar ? emoticon-Ngakak
mimpi nya nasbung budak arap
rumah dp nol tapi gak ada rumahnya emoticon-Cape d...
Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi
Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi

KASKUS Ads
depe nol wekaweka...
bahagia warganya emoticon-Ngakak
image-url-apps
Teman ane berharap amat, sampe mengunjungi peletakan batu pertama dilokasi. Akhirnya pulang2 kecewa.....
image-url-apps
Kl warga bisa nabung 2.1 jt per bulan itu bkn warga tak mampu
Coba aja door to door nanya seluruh DKI warga miskin yg bs nabung 2.1 jt sebulan ada brp org

Rumah dp nol % tp cicilan selangit
Itu sih cara membatalkan program dgn cara halus

Lbh make sense program rusun gubernur sebelumnya, cuma byr iuran rusun 300rb per bulan

JKT 58 bahagia warga nya, makan tuh seimin

emoticon-Leh Uga
image-url-apps
kaga pernah mau analisa si. jangan deh minimal mau baca analisa ahli gitu, buat masukan. Jangan maen percaya aja, ane yang bukan orang ekonomi aja punya pikiran ga masuk akal sama skemanya. Yaudah akhir kata nikmati aja 5 tahunnya
image-url-apps
DP nol ya harapan nya pasti 0 juga lah emoticon-Malu (S)
Tipe Asu
Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi

Tipe Bunglon
Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi

Tipe Cacat
Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi

Tipe Dengki
Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi
Nggak ada nasbung yg gk goblok. emoticon-Malu emoticon-Malu
dr awal juga sudah di pertentangkan dan di debat oleh kandidat yg lain masalah ini, tp dongok2 itu kan gak mau tau, mereka cuma tau bilang harus bisa....emoticon-Ngakak
image-url-apps
Kek gini mau nyapres emoticon-Ngakak

Goblog gak wes wes emoticon-Leh Uga
image-url-apps
jadi gini.. sebenrnya program ini bagus
klo dibuat tiduran

leh uga
Rumah DP Rp0, dari janji jadi mimpi
image-url-apps
Quote:


Lah 2.1 mah kecil kalo emng lifeplan lu bener.

Drpd 300k buat rusun kumuh dan gadapet hak milih.

Otak dipake napa.
Dongok.
image-url-apps
Quote:


ini sih asli goblok akut, hahaha
mau komen gimana juga bingung ane
image-url-apps
semua bisa punya rumah emoticon-Ultah
kata si kadir emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Yang penting bangkek ada yg nyolatin emoticon-Salaman
image-url-apps
ini kalo 2.1jt perbulan, nasbung mana bisa
mampus lo jkt58 tolol, pada ketipu semuanyaemoticon-Ngakak

klo ngebacod doang, pler gw juga bisaemoticon-Ngakak
×