alexa-tracking

The Sacred Riana: Tak Sekedar Karakter Namun Juga Aset

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b4417b29252338c628b4568/the-sacred-riana-tak-sekedar-karakter-namun-juga-aset
icon-hot-thread
The Sacred Riana: Tak Sekedar Karakter Namun Juga Aset
The Sacred Riana: Tak Sekedar Karakter Namun Juga Aset


Ketika memerankan Joker dalam film 'The Dark Knight', Heath Ledger sengaja mengunci dirinya selama satu bulan dalam sebuah kamar hotel demi bisa mendalami karakter villain  dalam universe  Batman tersebut. Dalam kurun waktu itu, dia belajar banyak mulai dari cara bicara Joker, sikap dan gesture, hingga cara berpikirnya. Kabar menyebutkan bahwa Heath Ledger bahkan sampai tenggelam terlalu dalam dalam kegilaan Joker hingga menyebabkan dia tidak bisa tidur. 

Untuk seorang aktor atau aktris, pendalaman karakter seperti ini rasanya wajar dilakukan. Demi untuk menampilkan sebuah akting yang meyakinkan sesuai dengan peran yang diberikan kepada mereka. Usaha yang dilakukan agar penonton (yang seringkali punya ekspektasi tinggi terhadap karakter tertentu terlebih jika karakter tersebut merupakan hasil adaptasi) tidak merasa kecewa setelah menyaksikan filmnya.

Ide The Sacred Riana muncul dari pribadi Marie Antoinette Riana Graharani yang misterius, pendiam, dan suka menyendiri. Itu yang dikatakan oleh sang manajer, Bow Vernon. Sosok yang memang besar dalam keluarga Magician dan sudah lama "berteman" dengan boneka bernama Riani yang berambut kusut dan terlihat kotor, menggunakan dress, stocking, dan sepatu berwarna hitam. Riana kemudian mendapat ide untuk mengkopi penampilan bonekanya itu sehingga keduanya tampak seperti kembar. Karakter Riana dibuat berkali-kali lipat lebih seram dan lebih misterius dari aslinya. Sehingga siapapun yang melihat akan bergidik ketakutan. Meski sempat tampil dalam sebuah acara televisi tanpa dandanan yang seperti sekarang ini, namun sosok asli dari Riana tidak banyak yang tahu.

"Ya dia memang sehari-hari kayak gitu," kata Bow ketika ditemui di sela-sela event audisi terbuka Asia's Got Talent Season 3 di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, belum lama ini. Bow merujuk pada kepribadian Riana yang tertutup dan memang tidak banyak bicara. Juga kesukaan-kesukaan Riana terhadap film dan kisah-kisah horor yang menjadi inspirasi untuk penampilan-penampilannya di atas panggung.

The Sacred Riana: Tak Sekedar Karakter Namun Juga Aset


Karakter seperti The Sacred Riana memang tidak banyak di industri hiburan Tanah Air. Kita mungkin pernah punya Limbad yang sejak kemunculannya dalam sebuah acara magician di televisi tidak pernah bicara sama sekali. Selalu tampil dengan kostum hitam, rambut keriting agak gondrong, kumis tebal, dan ditemani oleh seekor burung hantu. Namun setelah kontrak berakhir, karakter itu pun pupus dan aslinya Limbad pun kelihatan (ya ternyata dia bisa bicara tentu saja). Demikian halnya dengan Nycta Gina yang dulu sempat populer dengan dandanan salah satu karakter dalam film Thailand 'Rahtree' yang di TV Indonesia disebut Jeng Kelin, yang sudah ditanggalkannya sejak beberapa tahun yang lalu. Karakter yang masih bertahan hingga saat ini paling hanya Princess Syahrini. Dia bukan benar-benar Princess namun tetap bertahan dengan gaya hidup glamor dan mewah seperti halnya seorang Princess. Begitulah caranya untuk stay in character.

Riana pun demikian. Demi menanamkan image seram dan misteriusnya di benak masyarakat, dara kelahiran 1992 itu bodo amat dengan semua produk kecantikan yang selalu jadi bahan review para beauty vlogger. Dia percaya diri "gentayangan" dengan dandanan pucat dan sedikit eyeshadow hitam di bagian mata. Pakaiannya pun khas: seragam putih dilapisi dress (kadang berwarna merah, kadang biru atau hitam), stocking putih, sepatu hak tinggi hitam. Gesture yang ditampilkan sering menunduk dengan posisi rambut bagian depan sering juga menutupi bagian wajahnya. Saat ini, tidak ada satu karakter magician atau selebriti di Indonesia yang menyamai The Sacred Riana. Popularitasnya yang menanjak berkat Asia's Got Talent Season 2 dan kini sedang menunggu kabar soal audisi America's Got Talent membuat semakin banyak orang tahu tentang dirinya. Maka wajar rasanya kalau karakter The Sacred Riana harus dilindungi secara hukum sebagai aset dan kekayaan intelektual.

"Ada ketakutan dari tim terkait penggunaan karakter Riana untuk hal-hal seperti komik dengan cerita nyeleneh, misalnya," kata Bow lagi. Memang untuk yang satu ini, pihak The Sacred Riana menerapkan batasan-batasan tersendiri mengenai mana yang masih dalam taraf wajar dan mana yang berlebihan. "Kalau misalnya sekedar parodi seperti yang waktu itu ditampilkan di Philippines's Got Talent sih nggak apa-apalah," lanjutnya.

The Sacred Riana: Tak Sekedar Karakter Namun Juga Aset


Karakter yang ditampilkan Riana saat ini dapat dibilang otentik karena memang hanya dia yang punya keberanian untuk menjadi sosok perempuan menyeramkan dengan membawa boneka. Boneka yang kata Bow sendiri memang sudah bersama Riana sejak usianya 8 atau 9 tahun, jauh sebelum dirinya pindah ke Jakarta untuk memulai karir magician-nya beberapa tahun yang lalu. Pertemuan Bow dengan Riana pun sebenarnya berawal dari obrolan dengan Chrisiandy Yuniarto, ayah Riana yang juga seorang magician.

"Saya kenal dengan ayah Riana dulu, dia masih kecil masih suka main boneka, kami ngobrol tentang magic dan muncul wacana untuk mengarahkan Riana menjadi magician juga. Ayahnya juga cerita bahwa dia juga pendiam, sering di rumah aja, dan suka hal-hal yang magis gitu. Lalu kita ketemu, ngobrol, dan yah lanjut. Riana sendiri kalau nggak salah sudah mulai mengasah skill magisnya sejak usia 15 tahun," kisah sang manajer.

Saat ini Marie Antoinette Riana Graharani masih nyaman dengan kesehariannya dalam karakter The Sacred Riana. Karakter ini adalah aset untuk jalan kariernya yang baru mulai menanjak. Perjalanan kariernya di industri entertainment pun bisa dikatakan masih panjang sebagai seorang satu-satunya bizzare illusionist di Indonesia saat ini. Kini Tim The Sacred Riana sedang menunggu kabar dari Amerika soal lolos atau tidaknya mereka di audisi America's Got Talent beberapa waktu lalu. Namun di samping itu, masih ada rencana-rencana besar yang disiapkan oleh tim untuk karier Riana yang tengah naik daun ini. Melirik industri film horor Indonesia yang saat ini sedang naik-naiknya, Riana pun berencana untuk terjun ke dunia film. Apa kata sang manajer soal ini? Tunggu Thread selanjutnya di KASKUS.id!

---

Baca Thread The Sacred Riana Lainnya:

  1. Bertatap Muka dengan The Sacred Riana di Jakarta
  2. The Sacred Riana tentang Bizzare Illusionist dan Asia/America's Got Talent
  3. Darimana Ide Penampilan Panggung The Sacred Riana?


image-url-apps
Serem bree kaya TS emoticon-Takut
image-url-apps
ngeri gan malem2 gini emoticon-Takut
KASKUS Ads
image-url-apps
Gue baca namanya selalu Scared Riana emoticon-Hammer (S)
image-url-apps
Diasah lagi bahasa inggris sama aksennya bisa jadi top emoticon-thumbsup
ditunggu penampilannya di america's got talent emoticon-Add Friend (S)
image-url-apps
Bentar bre ane baca dulu
image-url-apps
bagus
image-url-apps
She's very attractive
image-url-apps
Gw tunggu trit selanjutnya emoticon-linux2
lanjutkan .......................emoticon-Ngacir
image-url-apps
cantik aslinya
image-url-apps
ffffffffaaaaaaaakkkkkkkemoticon-Takut
image-url-apps
waktu di hitam putih. karakternya menyenangkan emoticon-Embarrassment
image-url-apps
mukanya judes
oh gitu ya emoticon-Ngacir Tubrukan
image-url-apps
Fake as fuck
image-url-apps
blom malem jumat uda sere
image-url-apps
moga aja masuk america's got talent
gemboked

emoticon-army

............................................. emoticon-Ngacir