alexa-tracking

Erdogan Angkat Menantu Sebagai Menkeu, Lira Turki Kian Jatuh

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b44167160e24b27528b4572/erdogan-angkat-menantu-sebagai-menkeu-lira-turki-kian-jatuh
Erdogan Angkat Menantu Sebagai Menkeu, Lira Turki Kian Jatuh
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menunjuk menantunya sebagai Menteri Keuangan dalam kabinet pada Senin (9/7/2018) dan kebijakan itu dinilai telah membuat mata uang Turki, lira, kian melemah terhadap dolar Amerika Serikat.

Dalam sebuah upaca usai pelantikan sebagai presiden Turki di Ankara, Erdogan mengumumkan bahwa menantunya, Berat Albayrak, akan diangkat sebagai Menteri Keuangan dan Perbendaharaan Negara, dalam sistem pemerintahan presidensial yang kini dianut Turki.

Jabatan itu, ketika Turki masih menggunakan sistem parlementer, merupakan tanggung jawab dua orang berbeda yaitu Deputi Perdana Menteri Mehmet Simsek - mantan banker pada perusahaan Amerika Merryl Lynch - dan Menteri Keuangan Naci Agbal.

Setelah penunjukkan Albayrak itu, mata uang lira Turki turun 3,8 persen menjadi 4,7488 per dolar Amerika Serikat. Penurunan itu, seperti dilansir Bloomberg, merupakan salah satu yang terparah di antara negara berkembang tahun ini.

Para analis dan investor, seperti diwartakan Financial Times, khawatir bahwa penunjukkan Albayrak akan mengganggu independensi bank sentral Turki dan memperburuk kesehatan ekonomi negeri tersebut.

Albayrak sendiri, yang menikah dengan puteri Erdogan pada 2004 lalu, sebelumnya menjabat sebagai Menteri Energi. Ia menjabat sejak 2015 lalu.

Selama masa kampanye pada bulan lalu, Albayrak mengatakan bahwa melemahnya nilai tukar liar adalah hasil konspirasi asing yang bertujuan untuk menjatuhkan pemerintahan Turki.

Adapun menurut para analis, turunnya nilai tukar lira - selain karena terus menguatnya dolar - juga karena inflasi Turki yang menyentuh dua digit, defisit perekonomian, dan suku bunga yang terlalu rendah.

Nilai tukar lira Turki sendiri mencapai titik terburuknya pada Mei lalu, setelah Erdogan dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, mengatakan akan mengambil alih kendali kebijakan moneter jika terpilih sebagai presiden dalam pemilu.

https://www.msn.com/id-id/berita/dunia/erdogan-angkat-menantu-sebagai-menkeu-lira-turki-kian-jatuh/ar-AAzOMvI
biarin aja napa, sultan itu.
terserah dia.emoticon-Metal
Tenang aja disini masih dipuja puji emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


dimana mana angkat mentri keuangan/gubernur bank nasional baru direspon positif pasar krn membawa harapan baru,nah ini malah makin nyungsep emoticon-Leh Uga

hail sultan esdogan emoticon-Leh Uga
image-url-apps
gak lama lagi ini sultan bakal di tumbangkan rakyatnya sendiri
image-url-apps
kirain bakal bikin melemah 1 yu es di = ampatbelasribuperak lira emoticon-DP
biarin aja...negara juga negara dia kok
hahaha kkn ini guoblok!
image-url-apps
Quote:


Iya kayaknya bakal di gulingkan, apakah akan terjadi seperti yg di afrika lupa negaranya, di kudeta.
esdegan temennya nganies
nganies pernah di undang esdegan , sayang sampai disono cuma dianggap tamu biasa ga ada yg ngistimewah
kasian nganies ..

emoticon-No Hope
image-url-apps
Quote:

guoblokk .. pks bgt
image-url-apps
Quote:


Ga kebayang sekelas menkeu ngomong begini
Hal yang paling jelas itu Invincible Hand ekonomi dunia dah gerak...emoticon-Big Grin
Quote:


sudah beberapa kali kudetanya gagal, mungkin perlu pihak asing emoticon-Shutup
negara kebanggaan NASBUNG emoticon-Ultah
Quote:


maksud nya import foreign fighter ISIS gitu? udah sejak kemunculan ISIS, tongemoticon-Ngakak
Quote:


maksudnya yg suka minyak itu loh emoticon-Shutup
image-url-apps
jeblok dah turki, yg kemaren ribuan di tawan gegara kudeta, itu udah kayak api dalam sekam.. emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Gagal bisa jadi settingan. emoticon-Embarrassment
Quote:


dilihat dari skala dan pihak yang terlibat ini secara nasional, entahlah, gk kayak settingan menurut gw
×